Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Buku Sosiologi yang Menarik Banget Untuk Dibaca

Kompas.com - 05/09/2022, 11:30 WIB
rekomendasi buku sosiologi Sumber: education.onehowto.com rekomendasi buku sosiologi
Rujukan artikel ini:
Sosiologi Suatu Pengantar Edisi Revisi
Pengarang: Prof. Dr. Soerjono Soekanto,…
|
Editor Rahmad

Adakah dari kalian yang ingin masuk jurusan sosiologi? Atau ada yang sudah duduk di bangku perkuliahan jurusan sosiologi? Ya, sosiologi sendiri memang menjadi salah satu jurusan yang menarik, karena sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan juga masyarakat.

Pengertian Sosiologi adalah salah satu rumpun ilmu sosial yang mendalami bagaimana interaksi yang terjadi antar sesama manusia. Ilmu ini sangat dekat dengan kita karena memang membahas mengenai isu-isu sosial yang berdampak langsung pada kehidupan kita.

Nah, jika kamu tertarik untuk mempelajari tentang sosiologi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku sosiologi terbaik yang bisa kamu baca, baik untuk kalangan pelajar, maupun mahasiswa.

Rekomendasi Buku Sosiologi Terbaik

1. Sosiologi Suatu Pengantar Edisi Revisi

Sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan keseluruhannya serta hubungan antara orang-orang dalam masyarakat, sosiologi memegang sebuah peranan penting. Sebab, sosiologi mampu membantu memecahkan masalah sosial, seperti kemiskinan, konflik antar ras, delinkuensi anak, dan lain sebagainya.

Buku Sosiologi karya Soerjono Soekanto ini dibuat dengan bahasa yang ringan, sehingga mempermudah para pembacanya dalam memahami dan juga mempelajari isi buku. Inti dari setiap pembahasan yang ditampilkan dalam desain khusus untuk membantu pembacanya dalam menarik kesimpulan dalam pembahasan.

Buku ini juga mengajak kamu sebagai pembacanya untuk menggali lebih banyak tentang sudut pandang berbagai teori serta penelitian sosiologi. Di dalamnya juga berisikan contoh kasus yang bisa mengantarkan pembaca dalam menghubungkan teori sosiologi dengan kenyataannya di lapangan.

2. Sosiologi Perubahan Sosial

Tak ada masyarakat yang berhenti untuk berubah. Hal ini yang bisa menyebabkan berbagai studi maupun kajian tentang masalah dalam perubahan sosial yang selalu berkembang dan diperbarui.

Buku Sosiologi Perubahan Sosial ini ditujukan untuk para mahasiswa yang memiliki minat dalam masalah perubahan sosial. Tidak hanya mahasiswa, tapi buku ini juga cocok untuk masyarakat umum yang memiliki fokus pada masalah pemberdayaan masyarakat. Sebab, di dalamnya juga membahas berbagai hal yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat sebagai sebuah bentuk dalam strategi perubahan.

3. Imajinasi Sosiologi Pembangunan Sosietal

Buku Imajinasi Sosiologi Pembangunan Sosietal merupakan karya Paulus Wirutomo yang merupakan seorang Guru Besar Purna Bhakti Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Buku ini akan memperkaya analisis masyarakat dan juga strategi kebijakan dalam mencapai masyarakat yang baik (good society). Model Struktur-Kultur-Proses (SKP) dibangun berdasarkan pada berbagai teori sosiologi dan model pembangunan sosial yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan untuk melihat masyarakat secara lebih komprehensif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Model SKP ini menerapkan konsep sosietal yang holistik dan mengusulkan adanya perubahan yang lebih inklusif, dilengkapi dengan berbagai kasus yang ada di masyarakat Indonesia. Buku ini juga menegaskan bahwa sebuah kunci keberhasilan dari pembangunan itu terletak pada pembangunan manusia dan masyarakatnya yang dilakukan secara holistik, integratif, serta sistemik.

4. Sosiologi SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013

Buku sosiologi untuk SMA dan MA ini mengajak kepada para siswa untuk belajar dalam menerapkan teori-teori sosiologi ke dalam kehidupan sehari-hari. Konsep yang disajikan dalam buku ini telah di integrasi dengan pembangunan karakter siswa dan juga memenuhi standar kurikulum 2013 yang telah disempurnakan.

5. Hafal Mahir Materi Sosiologi

Buku Hafal Mahir Materi Sosiologi ini merupakan buku belajar untuk SMA/MA kelas 10, 11, dan 12 yang sangat mudah, praktis, dan juga lengkap untuk dibawa.

Buku ini berisi tentang ringkasan materi lengkap dari kelas 10, 11, 12 yang disajikan dengan cara sistematis, yang disusun per pokok bahasan. Dilengkapi juga latihan soal yang disertai dengan kunci jawaban latihan per pokok bahasannya yang berguna dalam menguji pemahaman siswa mengenai materi pelajaran sosiologi yang sudah mereka pelajari.

Buku ini disusun untuk membekali para siswa dalam persiapan menuju ulangan harian, ujian tengah semester, serta ujian akhir semester. Buku ini bisa menjadi solusi belajar sosiologi dengan cara yang menyenangkan.

6. Pengantar Ringkas Sosiologi

Buku Pengantar Ringkas Sosiologi : Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (Teori, Aplikasi dan Pemecahannya) mengantarkan para pembacanya ke dalam konsep dasar sosiologi yang disertai dengan contoh nyata dalam lingkungan terdekat. Dengan begitu, sangat mudah untuk kita memahami berbagai teori yang bersifat abstrak.

Buku ini disusun untuk memahami berbagai fakta dan gejala masalah sosial, serta bagaimana mencari alternatif dalam pemecahan masalah. Disajikan dengan sangat ringkas dan mudah untuk dipahami.

Tema-tema dalam buku ini seperti sosiokultural, sosialisasi, bentuk perilaku menyimpang, pengendalian sosial, lembaga masyarakat, stratifikasi sosial, konflik, mobilitas, masalah sosial, dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa rekomendasi buku untuk kamu para pelajar/mahasiswa atau kamu yang ingin mendalami sosiologi. Semua buku-buku sosiologi tersebut bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com