Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Unsur Terbentuknya Sebuah Negara yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 02/09/2022, 13:30 WIB
unsur terbentuknya negara Sumber: fairobserver.com unsur terbentuknya negara
Rujukan artikel ini:
Lembaga Negara Konsep, Sejarah, Wewenang,…
Pengarang: Saldi Isra
|
Editor Rahmad

Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik. Sampai saat ini terdapat 195 negara di dunia yang telah diakui. Negara yang sudah diakui oleh dunia mempunyai bentuk pemerintahan yang berbeda-beda.

Berdirinya suatu negara sangat dipengaruhi oleh unsur penting yang ada di dalamnya, yaitu rakyat, wilayah, pemerintahan, dan juga pengakuan dari negara lain.

Diketahui bahwa negara terbentuk dari beberapa unsur yang saling berkaitan. Untuk bisa lebih memahami unsur yang bisa membentuk suatu negara? Berikut penjelasannya

Mengenal Unsur-unsur Negara

unsur terbentuknya negara unsur terbentuknya negara

1. Wilayah

Setiap negara menduduki sebuah tempat tertentu di permukaan bumi dan memiliki perbatasan tertentu. Kekuasaan negara mencakup pada seluruh wilayah, tidak hanya tanah, tetapi juga laut yang ada di sekelilingnya dan juga angkasa yang berada di atasnya.

Wilayah merupakan suatu kawasan yang dijadikan sebagai tempat tinggal bagi rakyat serta lokasi untuk menyelenggarakan pemerintahan suatu negara. Wilayah menjadi unsur yang sangat penting bagi berdirinya suatu negara. Karena tidak mungkin sebuah negara bisa terbentuk jika tidak adanya batas-batas yang jelas.

Dalam mempelajari wilayah suatu negara perlu juga diperhatikan beberapa variabelnya, antara lain besar kecilnya suatu negara. Menurut hukum internasional, berdasarkan pada prinsip the sovereign equality of nations, semua negara memiliki martabat yang sama.

Tetapi, pada kenyataannya negara kecil seringkali mengalami kesukaran untuk mempertahankan kedaulatannya, apalagi jika memiliki tetangga negara yang besar.

2. Penduduk

Setiap negara memiliki penduduk dan kekuasaan negara harus mampu menjangkau seluruh penduduk yang ada di dalam wilayahnya. Rakyat menjadi unsur yang paling penting dalam berdirinya suatu negara. Sebab, tanpa adanya rakyat, negara tidak akan terbentuk. Karena dengan adanya inisiatif yang berasal dari rakyatlah sebuah negara itu bisa berdiri.

Penduduk yang mendiami suatu negara biasanya menunjukkan beberapa ciri khas yang mampu membedakannya dengan bangsa lain. Perbedaan ini biasanya yang tampak seperti dalam kebudayaan, identitas nasionalnya, ataupun nilai-nilai politiknya.

Jika kita membicarakan negara, maka yang sebetulnya sedang dibicarakan adalah masyarakat manusianya, sehingga adanya manusia menjadi sebuah keharusan dan manusia itu terbentuk kelompok masyarakat.

3. Pemerintah

Suatu negara pastinya memiliki organisasi yang berwenang dalam merumuskan dan melaksanakan keputusan-keputusan yang mengikat bagi seluruh penduduk yang ada di wilayahnya.

Keputusan-keputusan tersebut antara lain terbentuknya undang-undang serta peraturan-peraturan lain. Pada hal ini, pemerintah bertindak atas nama negara dan juga menyelenggarakan kekuasaan dari negara. Berbagai macam kebijaksanaan ke arah tercapainya tujuan masyarakat dilaksanakannya sambil menertibkan hubungan manusia dalam masyarakat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kalau negara mencakup semua penduduk, sedangkan pemerintah hanya mencakup pada sebagian kecilnya saja.

Sehingga pemerintah menjadi alat kelengkapan sebuah negara yang memiliki tugas dan fungsi sebagai memimpin organisasi negara demi mencapai tujuan bersama. Unsur penting dari berdirinya suatu negara ini diperlukan untuk mengamankan wilayah dan juga mengatur hubungan masyarakatnya agar menjadi tertib.

Agar upaya itu bisa tercapai, maka dibutuhkannya kekuasaan yang dipegang dan dijalankan oleh pemerintahan negara.

4. Kedaulatan

Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi untuk membuat undang-undang serta melaksanakannya dengan semua cara yang ada, termasuk dengan cara paksaan.

Negara memiliki kekuasaan tertinggi untuk memaksa semua penduduknya supaya menaati undang-undang serta peraturannya. Disamping itu, negara juga mempertahankan kemerdekaannya terhadap serangan dari negara lain dan juga mempertahankan kedaulatan ke luar. Untuk itu, negara menuntut adanya loyalitas yang mutlak dari warga suatu negara.

5. Pengakuan dari Negara Lain

Negara perlu mengadakan hubungan dengan negara yang lain, hal itu bertujuan untuk mendapatkan pengakuan yang menjelaskan bahwa suatu negara itu sudah berdiri dan telah diakui oleh dunia.

Unsur penting dari terbentuknya suatu negara ini bukanlah syarat yang mutlak yang harus dipenuhi. Tetapi, bisa dilakukan untuk menjalankan hubungan internasional demi mencapainya kepentingan nasional.

Itulah unsur-unsur yang menentukan terbentuknya sebuah negara. Di dalam sebuah negara juga adanya tata negara serta wewenang. Hal tersebut bisa kamu pelajari pada buku Lembaga Negara Konsep, Sejarah, Wewenang, Dan Dinamika Konstitusional.

Buku ini mampu menjelaskan sejumlah kewenangan dari lembaga negara yang dikaitkan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Uniknya, buku ini merupakan hasil olah pikir dari para pakar dan pengkaji hukum tata negara. Buku ini berupaya untuk mengambil serta menambahkan sisi lain yang seringkali diabaikan oleh sebagian pakar atau pengkaji hukum tata negara.

Buku tersebut sangat cocok untuk kamu mendalami sebuah negara.

Kamu bisa langsung memesan buku ini di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com