Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Negara? Berikut 9 Pengertian-Nya Menurut Para Ahli yang Wajib Kamu Ketahui

Kompas.com - 02/09/2022, 12:30 WIB
pengertian negara menurut ahli Sumber: theblondeabroad.com pengertian negara menurut ahli
Rujukan artikel ini:
Dasar - Dasar Ilmu Politik…
Pengarang: Miriam B Dkk
|
Editor Rahmad

Negara merupakan alat (agency) dari masyarakat yang memiliki kekuasaan untuk mengatur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat serta menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat.

Pengertian negara menurut pendapat para ahli pada prinsipnya mengarah kepada satu tujuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), negara diartikan ke dalam dua hal.

Pertama, negara adalah sebuah organisasi yang berada di suatu wilayah dan mempunyai kekuasaan tertinggi secara sah serta ditaati oleh masyarakat yang berada di dalamnya.

Kedua, negara merupakan suatu kelompok sosial yang mendiami suatu wilayah maupun daerah tertentu yang ada di bawah naungan lembaga politik maupun pemerintahan yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat yang mempunyai tujuan nasional yang ingin dicapai oleh wilayah tertentu.

Jadi, negara bisa juga didefinisikan sebagai organisasi yang menguasai suatu wilayah dan sekelompok orang yang ada di dalamnya.

Ada banyak sekali pengertian negara. Berikut ini beberapa pengertian negara menurut para ahli, yang sering dijadikan sebagai rujukan.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Negara Menurut Para Ahli Pengertian Negara Menurut Para Ahli

1. Harold J Laski

Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang sifatnya memaksa dan yang secara sah lebih berkuasa daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat. Masyarakat merupakan suatu kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama untuk memenuhi terkabulnya keinginan bersama.

Masyarakat merupakan negara kalau cara hidup yang mesti ditaati, baik oleh individu maupun oleh asosiasi yang telah ditentukan oleh suatu wewenang yang bersifat memaksa dan juga mengikat.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa menurut Harold, negara merupakan sebuah masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa.

2. Roger H. Soltau

Negara merupakan agen (agency) atau kewenangan (authority) yang mengendalikan atau mengatur persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.

3. Max Weber

Sosiolog Max Weber mengartikan negara adalah suatu masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan pada kekerasan fisik secara sah di dalam suatu negara.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Robert M. Mac Iver

Sementara Mac Iver menyebut negara merupakan asosiasi yang menyelenggarakan penertiban pada suatu masyarakat yang berada di dalam suatu wilayah dengan berdasarkan kepada sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintahan. Hal tersebut dimaksudkan supaya pemerintah diberikan kekuasaan memaksa.

5. Dr. Wirjono Prodjodikoro, SH.

Negara adalah sebuah organisasi yang berada di atas kelompok maupun beberapa kelompok individu yang mendiami suatu wilayah tertentu atau teritori tertentu secara bersama dan mengakui adanya sebuah pemerintahan yang bertugas dalam mengurus tata tertib juga keselamatan sebuah kelompok atau beberapa kelompok individu yang ada.

6. J.J. Rousseau

Negara adalah perserikatan dari segenap rakyat bersama yang mempertahankan serta melindungi haknya masing-masing, diri dan harta benda para anggotanya yang tetap hidup dengan cara bebas dan juga merdeka.

7. Aristoteles

Menurut Aristoteles, negara adalah perpaduan dari beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, sehingga pada akhirnya bisa berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan serta kehormatan bersama.

8. G. Pringgodigdo, SH

Menurutnya, negara adalah suatu organisasi yang memiliki kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan sebuah unsur-unsur tertentu. Yaitu harus memiliki pemerintahan yang berdaulat, memiliki wilayah tertentu, serta rakyat yang hidupnya teratur sehingga menjadi suatu bangsa.

9. Bellefroid

Negara merupakan persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah tertentu untuk selama-lamanya serta dilengkapi dengan kekuasaan tertinggi untuk menciptakan kemakmuran rakyatnya sebesar-besarnya.

Dari beberapa definisi negara menurut para ahli, Miriam Budiardjo, seorang ahli politik menyimpulkan dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Ilmu Politik, bahwa bisa dikatakan jika negara adalah suatu daerah teritorial yang para rakyatnya diperintah (governed) oleh para sejumlah pejabat dan uang berhasil menuntut para warga negaranya dalam hal ketaatan pada suatu peraturan perundang-undangan melalui sebuah penguasaan (kontrol) monopolistis terhadap suatu kekuasaan yang sah.

Buku Dasar-Dasar Ilmu Politik tidak hanya membahas tentang definisi negara saja, buku ini juga membahas mengenai konsep-konsep politik, kekuasaan, dan juga pembuatan keputusan.

Sehingga, para pelajar, mahasiswa, maupun umum yang memiliki minat dalam dunia ilmu politik bisa mempelajari fungsi dari undang-undang dasar, dewan perwakilan rakyat, kelompok-kelompok politik, demokrasi, serta hak asasi manusia.

Buku ini ditulis oleh Prof. Miriam Budiarjo yang merupakan seorang ahli ilmu politik, yang membuat buku ini semakin komprehensif. Buku ini sangat mudah untuk dipahami bagi siapapun yang ingin memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai ilmu politik serta implementasinya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com