Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Bijak Terbaik Untuk Bekal Kehidupan

Kompas.com - 06/08/2022, 12:30 WIB
rekomendasi buku bijak gramedia rekomendasi buku bijak
Rujukan artikel ini:
Menjadi Bijak & Bijaksana
Pengarang: Ibnu Basyar
|
Editor Rahmad

Apakah kamu suka mengutip quotes bijak di media sosial? Tepat sekali, terkadang kita perlu motivasi untuk tetap bertahan dalam segala masalah yang harus dihadapi. Banyak pelajaran hidup yang harus direfleksikan dengan bijaksana.

Untuk mempelajari sifat kebijakan,kamu bisa baca rekomendasi buku bijak yang akan memperkaya pikiranmu untuk mengambil solusi. Referensi ini akan memberi banyak energi untuk menjalani hidup dengan penuh kebijaksanaan.

Rekomendasi Buku Bijak

Dalam praktiknya, setiap orang perlu bersikap bijaksana untuk menjalani hidupnya. Pelajari banyak hal tentang kebijaksanaan dengan rekomendasi buku bijak berikut ini:

1. Jalan Orang Bijak

Judul Buku : Jalan Orang Bijak

Penulis : Imam Ghazali

Tahun Terbit : 31 Maret 2015

Penerbit : Serambi Ilmu Semesta

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 225

Masalah niat adalah masalah hati. Ketulusan niat mereka tergantung pada kemampuan mereka mengendalikan pikiran. Oleh karena itu, salah satu aset terpenting menjadi bijaksana adalah mengetahui bagaimana mengendalikan pikiran dan mengenali semua yang dapat mendistorsinya.

Tapi niat baik saja tidak cukup. Bakat untuk menjalankan amanah di bawah kepemimpinan agama juga menentukan efektivitas amal. Buku ini menjelaskan kedua aspek kebijaksanaan tersebut.

Selain memberikan tuntunan agar niat tetap pada jalurnya, Imam al-Ghazali juga memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipraktikkan dalam berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari, baik dalam beribadah kepada Allah maupun berinteraksi dengan sesama manusia.

2. Menjadi Bijak dan Bijaksana

Judul Buku : Menjadi Bijak dan Bijaksana

Penulis : Ibnu Basyar

Tahun Terbit : 30 Mei 2016

Penerbit : Gema Insani

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 100

Buku ini hadir untuk menjawab kerinduan hati akan pancuran hikmah. Kisah kebaikan dalam buku ini dapat memberikan pencerahan dan keteladanan. Tetapi hal-hal yang berharga sering diabaikan.

Buku ini mengajak kita membuka telinga, mata, dan hati sedikit saja untuk benar-benar mendengarkan dan melihat sekeliling. Kita benar-benar dapat melihat bahwa pelangi kebijaksanaan hidup begitu indah dan mempesona.

Kebijaksanaan seperti obor yang menerangi jiwa-jiwa yang menderita kegelapan dan depresi. Ini seperti bara dari jiwa yang sudah lama mati berputar sampai berdenyut lagi. Disadari atau tidak, jiwa kita membutuhkan suntikan semangat untuk menjalani hidup dengan lebih baik.

3. Kebijaksanaan Klasik untuk Para Pemuda

Judul Buku : Kebijaksanaan Klasik untuk Para Pemuda

Penulis : William A. Alcott

Tahun Terbit : 26 Juli 2022

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penerbit : Gemilang

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 288

Buku ini menekankan bahwa kebijaksanaan abadi untuk manusia-manusia modern. Masa depan kita dapat dicapai dengan meningkatkan penampilan, interaksi sosial, dan mengelola keuangan dan bisnis dengan baik.

Buku ini berisi banyak kata-kata mutiara dan kutipan yang mengungkapkan teknik sederhana namun kuat yang memberdayakan pemenuhan hidup. Sekarang, karya klasik William A. Alcott yang unik hadir untuk mengajari kita cara memanfaatkan kebijaksanaannya.

Termasuk mengelola potensi terbesar dan menjalani kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Dengan panduan buku ini, kamu akan memperkuat karakter, berpikir terarah, dan menciptakan kehidupan yang selalu kamu inginkan.

4.Filsafat Di Indonesia Kebijaksanaan Lokal

Judul Buku : Filsafat Di Indonesia Kebijaksanaan Lokal

Penulis : STF Driyarkara

Tahun Terbit : 18 Mei 2020

Penerbit : Kompas Penerbit Buku

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 138

Kebijaksanaan lokal adalah topik lain dari Simposium Internasional Filsafat Indonesia (SIFI). Juga, meskipun perdebatan tentang istilah “filsafat Indonesia” sendiri masih terbuka, penggalian kekayaan lokal diakui sebagai bagian penting dari kesadaran kita akan “filsafat Indonesia”.

Ungkapan tersebut memberikan plot yang mungkin memunculkan gagasan bahwa orang Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, hanya karena itu adalah subjek kosong. Di mana orang Indonesia dikenal terbuka, itu mungkin karena kurangnya subjektivitas mereka, seperti yang terjadi dalam terminologi filosofis Barat.

5. Kisah-kisah Kebijaksanaan China Klasik Refleksi Bagi Para Pemimpin

Judul Buku : Kisah-kisah Kebijaksanaan China Klasik Refleksi Bagi Para Pemimpin

Penulis : Michael C. Tang

Tahun Terbit : 1 Maret 2014

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 100

Ini adalah buku kebijaksanaan yang sangat berharga bagi para pemimpin dan mereka yang ingin meningkatkan kualitas hidup mereka. Kamu tidak hanya akan terpesona, tergerak, dan terinspirasi, tetapi kamu akan senang menerapkannya dalam karir dan kehidupan untuk mengembangkan sesuatu yang selalu kamu impikan.

Silakan nikmati buku ini sebagai buku sejarah. Baca buku ini sebagai buku sejarah dan pelajari tentang masa lalu Asia yang kaya. Pikirkan buku ini sebagai buku kebijaksanaan dan kamu akan menemukan banyak inspirasi.

Dari rekomendasi buku bijak di atas, apakah ada yang menarik untuk kamu baca? Temukan banyak quotes bijak dalam buku-buku tersebut dan buatlah motivasi untuk dirimu sendiri. Rekomendasi buku bijak di atas selengkapnya bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com