Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluk Beluk Kuliah Jurusan Manajemen yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 15/10/2022, 13:00 WIB
Kuliah Jurusan Manajemen Sumber Gambar: Freepik.com Kuliah Jurusan Manajemen
Rujukan artikel ini:
Pengantar Manajemen (3 In 1)…
Pengarang: Andru Feriyanto Dkk
|
Editor Almira Rahma Natasya

Ketika lulus dari bangku SMA, biasanya hampir sebagian besar murid akan langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dengan berkuliah di perguruan tinggi.

Namun, ternyata memilih jurusan kuliah bukanlah perkara yang gampang, sebab banyak sekali pilihan jurusan yang ditawarkan, sehingga membuat sebagian calon mahasiswa merasa kebingungan mau memilih jurusan yang mana.

Bervariasinya pilihan jurusan kuliah memang tidak bisa terlepas dari kebutuhan dunia kerja yang membutuhkan berbagai macam keahlian.

Cabang ilmu yang ada juga menjadi alasan mengapa pilihan jurusan kuliah sangat beragam, karena ternyata banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari di bangku kuliah.

Di antara berbagai macam pilihan jurusan kuliah, program studi manajemen menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling banyak dicari dalam dunia kerja dan paling banyak diminati oleh sebagian besar calon mahasiswa.

Tidak bisa disangkal jika jurusan manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aspek pekerjaan apa pun.

Prospek kerja yang ditawarkan dalam jurusan manajemen pun sangat banyak dan beragam, sehingga lulusannya nanti akan sedikit diberi kemudahan dalam urusan mencari pekerjaan.

Manajemen sendiri merupakan sebuah kemampuan atau seni yang mutlak akan membantu kita dalam mengatur berbagai urusan kehidupan, termasuk salah satunya adalah pekerjaan.

Namun, sebenarnya bagaimanakah seluk beluk dari jurusan manajemen itu sendiri? Cari tahu informasi selengkapnya berikut ini!

Deskripsi Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen adalah program studi yang mempelajari mengenai aktivitas korporasi, yang masih mempunyai hubungan dengan ilmu bisnis dan ekonomi.

Mahasiswa yang memilih jurusan manajemen akan memperdalam seni atau ilmu dalam mengatur dan mengorganisasi roda korporasi berupa aktivitas yang berhubungan dengan sistem manajemen.

Dalam hal ini, aktivitas yang berhubungan dengan sistem manajemen, seperti strategi bisnis, ketenagakerjaan, produksi, pemasaran, hingga administrasi.

Setiap bidang atau urusan pekerjaan dalam sebuah korporasi sendiri mempunyai tata cara pengelolaan yang berbeda, maka menjadikan ilmu manajemen terus berkembang dan dapat dipelajari secara lebih detail serta spesifik.

Oleh karenanya, terdapat beberapa macam jurusan manajemen yang ada di Indonesia, di antaranya:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Jenjang D3: Manajemen Tata Boga, Manajemen Pariwisata, Manajemen Agribisnis, Manajemen Perpajakan, Manajemen Informatika, Manajemen Pemasaran
  • Jenjang D4: Manajemen Produksi Pertanian, Manajemen Rekayasa Konstruksi, Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Jenjang S1: Manajemen, Manajemen Keuangan, Manajemen dan Bisnis Syariah, Manajemen Industri, Manajemen Dakwah
  • Jenjang S2 & S3: Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan, Manajemen Teknologi, Manajemen Koperasi

Selama kuliah di jurusan manajemen, kamu tidak hanya akan sekadar mendapatkan ilmu atau teori saja, tapi juga mengasah dan meningkatkan beberapa softskill yang akan berguna dalam dunia kerja, seperti komunikasi, kepemimpinan, bersosialisasi, hingga menganalisis.

Tidak diragukan lagi jika jurusan manajemen memang memiliki cakupan yang sangat luas, baik dari segi ilmu maupun kemampuan yang akan didapatkan nantinya.

Sistem Kuliah

Jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk kuliah jurusan manajemen, maka bersiaplah untuk banyak mempelajari hal terkait dunia bisnis dan ekonomi.

Kamu akan diajari beberapa hal tentang ilmu manajemen dalam mengatur roda perusahaan, mulai dari struktur organisasi, finansial, operasional, bahkan hingga promosi.

Pada umumnya, jika kamu memutuskan untuk kuliah jurusan manajemen, maka diperlukan delapan semester selama empat tahun agar dapat lulus dan meraih gelar Sarjana Manajemen atau Sarjana Ekonomi setelah menyelesaikan studi secara tepat waktu.

Ada beberapa mata kuliah yang akan kamu temukan selama proses belajar, seperti Analisis Laporan Keuangan, Pengantar Teori Ekonomi, Akuntansi Manajemen, Matematika, Pengantar Bisnis, Statistika, dan masih banyak lagi.

Karena saking populer dan banyaknya peminat, maka kamu tak perlu merasa resah dan khawatir tidak akan menemukan jurusan ini, karena hampir di seluruh universitas atau perguruan tinggi yang ada, jurusan manajemen sudah pasti tersedia.

Namun, jika ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri dengan jurusan manajemen, maka bersiaplah untuk bersaing dengan para calon mahasiswa lainnya yang jumlahnya pastilah sangat banyak.

Jika kamu sudah memantapkan diri untuk kuliah jurusan manajemen, maka buku Pengantar Manajemen (3 in 1) dapat dijadikan sumber pembelajaran yang tepat untuk memulainya.

Buku ini membahas ulasan manajemen dengan lengkap yang terdiri dari organisasi dan manajemen, administrasi, perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi, pengendalian, kepemimpinan, perilaku organisasi, pengambilan keputusan, komunikasi dalam organik, dan lain sebagainya.

Disusun secara runut dengan gaya bahasa yang sederhana, sehingga akan memudahkan siapa saja untuk mempelajari dan memahami ilmu manajemen yang memang sangat bermanfaat bagi berbagai aspek kehidupan.

Buku ini bisa langsung kamu dapatkan dengan cara memesan dan membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com