Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Jurusan Manajemen Banyak Menghitung? Cari Jawabannya di Sini!

Kompas.com - 04/05/2022, 14:00 WIB
Apakah jurusan manajemen banyak menghitung Sumber Gambar: freepik.com Apakah jurusan manajemen banyak menghitung
Rujukan artikel ini:
Dasar-Dasar Ilmu Manajemen: Pengantar Menguasai…
Pengarang: ERNA NOVITASARI
|
Editor Novia Putri Anindhita

Manajemen adalah salah satu jurusan yang paling diminati pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di setiap tahunnya.

Meskipun berada di ranah Soshum, jurusan manajemen tidak hanya diincar oleh anak IPS, tapi juga anak IPA.

Manajemen didefinisikan sebagai suatu kegiatan merencanakan, mengatur, dan mengelola kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan secara individu atau berkelompok.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen

Salah satu alasan manajemen menjadi jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa adalah karena prospek kerjanya yang luas.

Lulusan manajemen bisa bekerja di berbagai sektor dan bidang, contohnya di perusahaan BUMN, perusahaan multinasional, atau bahkan membuka perusahaan sendiri.

Lulusan manajemen juga bisa menjadi konsultan, analis data dan keuangan, aktuaris, manajer di berbagai bidang, dosen, PNS, dan masih banyak lagi.

Peluang kerja bagi lulusan manajemen terbuka luas dan dalam berbagai ranah yang dapat kita pilih sesuai minat.

Apa yang Dipelajari dalam Jurusan Manajemen

Belajar manajemen singkatnya adalah belajar bagaimana suatu perusahaan dijalankan dengan baik.

Mahasiswa manajemen mempelajari setiap aspek yang memengaruhi kinerja suatu perusahaan, misalnya teori ekonomi, hukum, filsafat, dan perhitungan dasar matematika.

Jika kamu tidak begitu suka pelajaran yang melibatkan banyak perhitungan, jangan khawatir.

Kamu hanya perlu paham dasar-dasar perhitungan matematika saja.

Selain itu, tentu saja kamu juga perlu memahami dasar-dasar perhitungan ekonomi, karena kamu akan menjumpai cukup banyak materi ekonomi di jurusan manajemen.

Fokus utama bagi mahasiswa manajemen adalah mempelajari tentang metode untuk menyusun rencana dan organisasi.

Kemudian, mahasiswa manajemen juga dituntut untuk mampu memahami tugas dan tanggung jawab pada manajemen-manajemen yang terkait dalam suatu organisasi.

Mahasiswa manajemen juga harus bisa memecahkan masalah operasional yang terjadi, mampu mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data, serta menguasai teori manajerial di konsentrasi yang dipilih.

Konsentrasi manajemen contohnya seperti manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM, dan manajemen operasional.

Konsentrasi Mata Kuliah pada Jurusan Manajemen

1. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan konsentrasi manajemen dalam pemasaran produk suatu perusahaan.

Kegiatannya termasuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung pemasaran produk tertentu, melakukan pengumpulan dan analisis data terhadap hasil kegiatan, dan melakukan perencanaan untuk kemajuan pemasaran.

Untuk kamu yang kreatif dan inovatif, kamu akan menemukan tempat yang cocok di sini, karena manajemen pemasaran melibatkan banyak kegiatan kreatif.

2. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bertujuan untuk mengelola semua aset yang ada agar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya untuk perusahaan.

Mahasiswa manajemen keuangan juga harus mampu menganalisis kondisi keuangan dan pandai menyusun strategi untuk mengoptimalkan keuangan perusahaan.

Nah, bagi kamu yang suka menghitung akan cocok sekali mengambil posisi ini, karena kegiatannya akan banyak melibatkan perhitungan secara matematis dan ekonomi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Manajemen SDM

Manajemen SDM atau Sumber Daya Manusia merupakan konsentrasi manajemen yang terfokus pada pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara maksimal.

Manajemen SDM fokus untuk mengembangkan karyawan selaku aset perusahaan. Manajemen SDM juga mengamati tingkah laku karyawan untuk mendorong ke arah produktivitas kerja perusahaan.

Konsentrasi manajemen SDM dekat dengan bidang psikologi, karena harus memahami dan menganalisis hubungan dengan manusia lain serta mengembangkannya agar menjadi lebih baik.

4. Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah manajemen yang bertanggung jawab pada proses produksi perusahaan.

Manajemen operasional mengawasi seluruh proses mulai dari input sampai output, dan memastikan semuanya sesuai dengan tujuan perusahaan.

Proses ini harus dipastikan efektif dan efisien agar tidak terjadi kerugian di pihak perusahaan.

Manajemen operasional akan terpusat pada materi seputar manajemen logistik, manajemen proyek, dan lainnya, yang mendukung pada proses produksi yang berjalan baik.

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Menjadi Mahasiswa Manajemen

Konsentrasi manajemen yang beragam dan prospek kerjanya yang luas membuat kamu bisa memilih untuk fokus di bidang yang kamu kuasai.

Kamu harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitik yang baik untuk menjadi mahasiswa manajemen.

Kemampuan kamu juga harus menyesuaikan dengan bidang yang kamu pilih.

Misalnya, jika kamu memilih manajemen keuangan sebagai konsentrasi bidang, maka kamu juga harus menguasai dasar-dasar perhitungan matematika.

Jika kamu memilih manajemen pemasaran, maka kamu harus siap dengan segudang ide kreatif dan inovatif yang akan menunjang pekerjaanmu nanti.

Pada dasarnya, ilmu Manajemen mempunyai banyak ruang untuk kamu pelajari.

Kamu bisa memilih salah satu, atau lebih dari satu yang kamu suka.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari ilmu Manajemen lebih dalam, kamu bisa membaca buku Dasar-Dasar Ilmu Manajemen: Pengantar Menguasai Ilmu Manajemen yang ditulis oleh Erna Novitasari.

Dalam buku ini, kamu akan memahami ilmu dasar manajemen dengan mudah.

Penuturannya yang ringkas dan jelas tidak hanya ditujukan bagi para mahasiswa manajemen tapi juga bagi pembaca yang ingin belajar secara mandiri.

Buku lainnya yang bisa kamu baca adalah Pengantar Dasar Ilmu Manajemen karya Muhammad Anwar H.

Dibahas dengan sudut pandang manajemen di Indonesia, buku ini berisi penjelasan padat mengenai ilmu-ilmu dasar manajemen.

Kamu akan menemukan bahasan-bahasan yang relevan dan bermanfaat dalam buku ini.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku tersebut, serta ratusan buku sejenis lainnya, di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com