Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmu Komunikasi Adalah Studi yang Mempelajari Cara Menyampaikan Pesan, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/07/2022, 18:00 WIB
Ilmu Komunikasi adalah Sumber Gambar: Freepik.com Ilmu Komunikasi adalah
Rujukan artikel ini:
Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi 3
Pengarang: John Fiske
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat di bangku kuliah, biasanya kita akan menemukan berbagai macam jurusan atau program studi yang dapat dipilih sesuai dengan minat masing-masing.

Di antara berbagai macam jurusan kuliah yang ada, program studi ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah paling favorit dan banyak dipilih oleh banyak orang.

Apalagi di era digital seperti saat ini, kemampuan dalam berkomunikasi semakin dibutuhkan oleh dunia kerja dalam menjalin relasi dan menggaet banyak orang.

Lulusan ilmu komunikasi akan mempunyai kemampuan dan wawasan yang mumpuni untuk menjawab tantangan zaman agar mampu menyampaikan pesan dengan efektif terhadap banyak orang.

Kemampuan dalam menyampaikan pesan ini dapat menjadi modal yang berharga untuk dapat bersaing dalam dunia kerja.

Beberapa keahlian yang akan kamu dapatkan saat melanjutkan studi ilmu komunikasi ialah kemampuan berbicara di depan umum, kerja sama tim, kemampuan dasar desain, copywriting, kemampuan fotografi, hingga berpikir secara kritis.

Belajar ilmu komunikasi juga dapat meningkatkan softskill, seperti berbicara, menulis, dan mendengarkan, yang pastinya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Prospek kerja dari program studi ilmu komunikasi sangat terbuka lebar di dunia media, mulai dari televisi, radio, koran, hingga digital.

Namun, seperti apakah sebenarnya jurusan ilmu komunikasi ini? Untuk mengenal lebih jauh mengenai program studi ilmu komunikasi, simak penuturannya berikut ini.

Pengertian Program Studi Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi adalah studi yang mengajarkan tentang bagaimana proses menyampaikan pesan, agar bisa menjadi jauh lebih efektif dan dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

Ilmu komunikasi yang akan dipelajari pun sifatnya sangat luas, karena hampir setiap aspek dalam kehidupan manusia pastinya memerlukan komunikasi di dalamnya.

Komunikasi sendiri memiliki banyak bentuk dalam praktiknya, tidak hanya melulu berbentuk verbal karena gambar dan tulisan pun dapat menjadi media komunikasi yang efektif untuk dilakukan.

Maka dari itu, kamu akan mempelajari seluruh aspek mengenai cara komunikasi yang efektif dari segala bentuk, agar bisa tersampaikan dengan efisien dan tepat sasaran.

Tidak hanya akan mempelajari teori, ilmu komunikasi juga mengharuskan kamu untuk mempraktikkannya sebagai salah satu bentuk softkill yang dibutuhkan dalam kehidupan.

Teori yang akan dipelajari pun dijamin tidak akan membosankan, karena hampir seluruh materinya akan terasa dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti belajar negosiasi dan strategi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Banyak sekali materi komunikasi yang akan kamu pelajari selama kurang lebih empat tahun atau delapan semester, mulai dari komunikasi publik, komunitas personal, komunikasi massa, dan komunikasi organisasi.

Tidak hanya itu, selama menjadi mahasiswa program studi ilmu komunikasi, kamu juga akan belajar tentang strategi komunikasi yang akan dijalankan melalui praktik yang berhubungan dengan media.

Kemampuan yang Harus Dikuasai dalam Jurusan Ilmu Komunikasi

Kemampuan yang mutlak harus kamu kuasai jika memilih untuk berkuliah di jurusan ilmu komunikasi adalah public speaking, karena dapat dipastikan akan banyak materi kuliah yang mengharuskan kamu menggunakan kemampuan berbicara di depan banyak orang ini.

Public speaking merupakan skill untuk menyampaikan pesan yang efektif dan efisien agar audiens mampu memahami perkataan yang diucapkan.

Selain mampu menyampaikan pesan dengan baik, public speaking juga mengharuskan kamu untuk mempelajari gestur tubuh yang baik dan benar ketika mencoba untuk menyampaikan pesan kepada audiens.

Melalui gestur tubuh, pesan yang akan disampaikan biasanya akan lebih mudah dipahami dan disimak oleh audiens.

Tidak hanya akan menguasai soft skill, ilmu komunikasi juga akan meningkatkan hard skill yang kamu miliki, seperti cara menulis yang baik, kemampuan fotografi, videografi, hingga grafis.

Jadi, bisa dibilang jika jurusan ilmu komunikasi akan mengajarkan berbagai kemampuan yang pastinya akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, baik soft skill maupun hard skill.

Nah, jika kamu mulai tertarik untuk memilih jurusan ilmu komunikasi untuk program studi kuliah, maka buku berikut ini akan menjadi pilihan yang tepat sebagai sumber pembelajaran.

Buku Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Ketiga yang disusun oleh John Fiske akan memberikan pengantar yang jelas dan mudah terkait pemikiran tokoh-tokoh utama dalam bidang komunikasi, yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang baru mempelajari ilmu komunikasi.

Buku ini akan memperlihatkannya serangkai metode yang dapat dipakai untuk menganalisis berbagai jenis komunikasi beserta teori-teori yang melatarbelakanginya.

Pembaca buku ini akan siap untuk mengkaji makna-makna budaya yang bersifat laten dari berbagai wujud komunikasi yang ada.

Buku ini bisa dipesan dan dibeli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com