Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

Kompas.com - 18/07/2022, 12:00 WIB
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Sumber Gambar: Pexels.com Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Rujukan artikel ini:
Jurus Jitu Menguasai Copywriting: Strategi…
Pengarang: Widya Ariyadi
|
Editor Ratih Widiastuty

Kemajuan serta perkembangan teknologi dan informasi semakin membuka lebar peluang karier untuk lulusan-lulusan dari berbagai program studi yang ada, salah satunya ialah jurusan ilmu komunikasi.

Bagi kamu mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, jangan khawatir akan prospek kerja setelah lulus nanti karena pilihannya terbuka lebar.

Dunia kerja saat ini yang tidak bisa lepas dengan perkembangan dunia digital akan membutuhkan lulusan jurusan ilmu komunikasi dalam berbagai bidang pekerjaan, sebab peran dari lulusan ini akan sangat membantu mengembangkan perusahaan agar bisa terus eksis dalam menjangkau orang banyak.

Lulusan ilmu komunikasi akan dengan mudah mendapatkan akses dalam dunia kerja, karena memang dibutuhkan keahlian dalam berkomunikasi dengan orang banyak untuk mampu menarik minat mereka.

Secara garis besar, ilmu komunikasi mempelajari cara menyampaikan pesan secara efektif lewat komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan).

Proses menyampaikan pesan ini juga bisa dilakukan memakai berbagai media yang ada, khususnya seperti sekarang.

Prospek kerja apa sajakah yang bisa dilakukan oleh lulusan ilmu komunikasi? Berikut beberapa pekerjaan yang membutuhkan peran Sarjana Komunikasi di dalamnya.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

1. Public Relations (HUMAS)

Public relations atau staf hubungan masyarakat adalah pekerjaan yang memiliki peran sebagai perantara komunikasi dengan berbagai pihak.

Oleh karena itu, lulusan ilmu komunikasi mutlak diperlukan untuk profesi yang satu ini, karena pastinya dibutuhkan pemahaman akan konsep komunikasi agar dapat menyusun strategi komunikasi dan mampu menjalankan setiap program komunikasi dengan baik dan benar.

Sebagai seorang humas, kamu juga dituntut untuk mampu membangun citra yang positif, karena pada dasarnya pekerjaan ini mengharuskan kita untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain, sehingga citra yang positif akan memudahkan itu semua.

Gaji atau penghasilan yang dapat kamu peroleh dari profesi sebagai public relations alias humas adalah berkisar antara Rp4.000.000 – Rp8.000.000.

2. Copywriter

Copywriter ialah pekerjaan yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi yang suka menulis dan mempunyai ide-ide yang kreatif.

Apalagi saat ini perkembangan dunia teknologi dan informasi tumbuh dengan semakin pesat memunculkan kemudahan bagi banyak orang, salah satunya adalah kemunculan e-commerce yang di dalamnya dipasarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat.

Di sini, peran copywriter amat sangat dibutuhkan.

Bagaimana seorang copywriter dituntut untuk mampu membuat sebuah naskah atau teks untuk memproduksi produk maupun jasa yang dijual agar tampak lebih menarik, sehingga mau dibeli oleh konsumen.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari bidang pekerjaan ini adalah sekitar Rp3.800.000 – Rp6.600.000.

3. Jurnalis

Jurnalis atau yang lebih umum dikenal sebagai wartawan merupakan sebuah profesi yang tugasnya melakukan kegiatan jurnalistik, seperti menulis, menganalisis dan menyampaikan suatu peristiwa atau kejadian kepada publik melalui media massa secara teratur.

Bagi lulusan ilmu komunikasi, banyak sekali tempat yang membutuhkan seorang jurnalis di dalamnya, mulai dari majalah, koran, televisi, radio, hingga media online.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Menjadi seorang wartawan atau jurnalis dibutuhkan pikiran yang kritis dan berani menyampaikan fakta yang ada, karena biasanya seorang jurnalis kerap dianggap mewakili suara masyarakat mengenai berbagai peristiwa yang tengah terjadi.

Bagi kamu yang berminat menjadi seorang jurnalis, maka gaji yang akan diperoleh ialah sekitar Rp3.000.000 – Rp5.000.000.

4. Penyiar

Penyiar merupakan profesi yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat karena sering berinteraksi melalui media seperti radio dan televisi.

Dibutuhkan keahlian dalam berkomunikasi untuk mampu memandu sebuah acara sambil menyampaikan isi atau informasi yang ingin disampaikan kepada khalayak umum.

Maka dari itu, profesi ini akan sangat cocok untuk kamu lulusan ilmu komunikasi.

Jika kamu memilih untuk menjadi penyiar radio, maka kemampuan dalam berbicara dan berkomunikasi mutlak dibutuhkan, karena sebagai seorang penyiar radio diharuskan untuk mampu membawakan acara, menyampaikan informasi, mempromosikan produk komersial, hingga mengisi pembicaraan dengan sebuah narasi.

Pendapatan atau gaji yang akan kamu terima sebagai seorang penyiar biasanya sebesar Rp3.500.000 – Rp5.000.000.

5. Event Organizer

Event organizer bisa dikatakan sebagai produser umum dari berlangsungnya sebuah acara, seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, product launching, gathering, exhibition, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang event organizer kamu bertugas untuk mewujudkan sebuah konsep dari suatu acara yang diinginkan oleh klien.

Selain itu, kamu juga bertugas memberikan saran dan rekomendasi untuk berlangsungnya acara tersebut.

Sebagai lulusan ilmu komunikasi, kamu akan dituntut untuk terus memberikan ide-ide yang kreatif untuk memuaskanmu keinginan klien, agar acara yang diinginkan bisa berlangsung sesuai rencana dengan sukses.

Penghasilan yang akan kamu dapatkan dari profesi ini adalah beriksar Rp5.000.000 – Rp10.000.000.

Jika kamu tertarik untuk menjalani salah satu profesi ini, yaitu copywriter, buku yang satu ini akan menjadi bahan yang pas untuk mengasah skill kamu dalam hal menulis.

Buku Jurus Jitu Menguasai Copywriting yang ditulis oleh Widya Ariyadi akan memberikan cara untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan copywriting, agar mampu menghasilkan naskah atau teks bagi iklan produk yang menarik.

Berbagai tips tentang copywriting akan kamu dapatkan melalui buku ini, sehingga mampu memberikan motivasi yang jauh lebih kuat untuk memberanikan diri menulis copy yang jauh lebih berkualitas.

Kamu dapat menerapkan 101 ide kreatif dan inovatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membuat copy yang jauh lebih menarik dan menjual.

Buku ini bisa dibeli dan dimiliki dengan cara memesannya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com