Mengenal Seluk Beluk Jurusan Ilmu Komunikasi, Informasi Perkuliahan dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 29/06/2022, 13:00 WIB
Jurusan Ilmu Komunikasi Sumber Gambar: Freepik.com Jurusan Ilmu Komunikasi
Rujukan artikel ini:
Pengantar Ilmu Komunikasi
Pengarang: Hafied Cangara
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sampai hari ini, jurusan ilmu komunikasi masih menjadi salah satu prodi yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru.

Salah satu faktornya adalah karena komunikasi merupakan kajian ilmu yang cakupannya luas, intens, dan sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, bahkan manusia pada dasarnya tidak bisa lepas dari yang namanya komunikasi.

Jurusan ilmu komunikasi ini sebenarnya merupakan induk dari beberapa ilmu turunannya, seperti Jurnalistik, Public Relation (Hubungan Masyarakat), Komunikasi Pemasaran, Advertising (Periklanan), Desain Komunikasi Visual, dan masih banyak lagi.

Pada pendaftaran SBMPTN tahun 2021 kemarin, Ilmu Komunikasi menjadi salah satu prodi dengan pendaftar terbanyak di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), salah satunya di Universitas Padjadjaran dengan jumlah peminat sebanyak 3.134 orang sedangkan daya tampungnya hanya sekitar 32 kursi.

Sebenarnya apa yang membuat prodi ini banyak diminati dan bagaimana prospek kerja jurusan ini di masa depan? Simak penjelasannya berikut ini.

Deskripsi Jurusan

Secara garis besar, prodi Ilmu Komunikasi merupakan cabang ilmu yang mengajarkan kita bagaimana terbentuknya suatu proses komunikasi atau penyampaian pesan, agar bisa lebih efektif dan langsung mencapai sasaran yang dituju.

Tapi jangan pernah mengira kalau jurusan yang satu ini mudah hanya karena mempelajari tentang komunikasi yang biasa kita lakukan, karena di jurusan ini, kamu akan bertemu dengan berbagai macam jenis komunikasi.

Mulai dari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.

Saat memilih prodi ilmu komunikasi, kamu akan meraih gelar S.I.Kom atau Sarjana Ilmu Komunikasi saat sudah menyelesaikan proses perkuliahan.

5 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Social Media Manager

Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, para lulusan ilmu komunikasi dinilai memiliki kemampuan untuk bisa bekerja sebagai seorang Social Media Manager.

Pekerjaan ini bertugas untuk mengajak, menampilkan presentasi, dan menulis hal-hal yang menarik mengenai suatu produk atau jasa untuk menarik banyak pengguna media sosial seperti Facebook, Linkedln, Instagram, Twitter, dan sebagainya.

2. Business Analyst

Sebelum melakukan pemasaran, pemilik bisnis biasanya akan melakukan riset atau analisis agar produknya tetap memiliki kualitas yang baik setelah sampai ke konsumen.

Seorang Business Analyst bertugas untuk melakukan analisa pasar, mengukur keefektifan produk, dan memonitor data pembelian produk agar proses produksi tetap berjalan dengan baik.

3. Human Resource Development (HRD)

Tidak hanya lulusan Psikologi saja yang bisa berkarir sebagai seorang HRD, karena prospek kerja yang satu ini juga sangat memungkinkan untuk kamu yang mengambil jurusan Ilmu Komunikasi.

Karena pada dasarnya, jurusan ilmu komunikasi juga mempelajari mengenai interaksi atau hubungan antar manusia dan antar organisasi.

4. Media Planner (Perencanaan Media)

Seorang perencana media biasanya sangat dibutuhkan untuk bisa bekerja di televisi, radio, situs web, dan artikel majalah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mereka diharuskan untuk bisa memahami atau menganalisa kecenderungan konsumen untuk mengklik, melihat, membaca, dan mendengarkan suatu program atau acara tertentu.

Pekerjaan yang satu ini membutuhkan keterampilan presentasi dan menulis yang baik, yang berguna dalam bidang periklanan, dan pastinya materi ini sudah kamu pelajari di jurusan ilmu komunikasi.

5. Program Director

Program Director menjadi salah satu prospek kerja di jurusan ilmu komunikasi yang tingkatan karirnya biasanya diisi oleh mereka yang sudah berpengalaman, yang terbiasa memimpin program televisi atau radio nasional.

Seorang Program Director mempunyai tugas untuk membuat inovasi serta rancangan acara baru yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Untuk bisa bekerja di bidang ini, kamu harus fokus dan memperdalam pengalamanmu terutama dalam bidang broadcasting dan producing.

Kenapa Harus Mengambil Jurusan Ilmu Komunikasi?

Ilmu komunikasi tidak akan pernah lekang oleh waktu, karena di mana pun dan kapan pun kamu berada, manusia akan selalu membutuhkan komunikasi.

Prospek kerja di dunia media semakin hari semakin terbuka lebar, mulai dari media televisi, koran, hingga media digital.

Lulusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya pada divisi public relations (hubungan masyarakat), karena posisi PR biasanya dianggap sebagai ujung tombak perusahaan terutama dalam hal berkomunikasi dengan pihak lain.

Itulah beberapa informasi mengenai jurusan Ilmu Komunikasi yang mungkin bisa semakin meyakinkanmu untuk memilih jurusan ini di masa pendaftaran perkuliahan nanti.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai seluk beluk jurusan yang satu ini, kamu bisa coba membaca buku Pengantar Ilmu Komunikasi yang ditulis oleh Hafield Cangara.

Selama beberapa waktu, buku ini telah menjadi acuan para calon mahasiswa yang ingin tahu lebih banyak mengenai jurusan Ilmu Komunikasi.

Dalam buku ini, komunikasi digambarkan sebagai suatu kebutuhan mutlak yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Melalui komunikasi, kita akan lebih mudah menjalin relasi dengan banyak orang dari berbagai kalangan, sehingga lebih mudah juga untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Penulis dalam buku ini akan menguraikan materi ilmu komunikasi dari tingkat yang paling dasar sehingga kamu akan lebih mudah memahami materinya dengan baik.

Buku Pengantar Ilmu Komunikasi kini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.