Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Film yang Bisa Memotivasi Hidup Kamu Jadi Lebih Baik

Kompas.com - 17/07/2022, 18:00 WIB
Film Motivasi Hidup Sumber Gambar: Canva Film Motivasi Hidup
Rujukan artikel ini:
Tak Masalah Menjadi Orang yang…
Pengarang: Kim Doo Eung
Penulis Renny Novita
|
Editor Ratih Widiastuty

Menurut sebuah penelitian dalam psikologi perfilman, film ternyata dapat mengubah perilaku kaum muda setelah menonton film.

Di zaman sekarang, kamu bahkan tidak perlu menunggu jadwal film di televisi atau pergi ke bioskop untuk menonton.

Ada banyak sekali platform yang memberikan layanan streaming dengan koleksi film sampai ribuan.

Berikut 5 rekomendasi film yang bisa membawa perubahan baik dalam dirimu. Temukan pula Rekomendasi Film dengan Rating Tertinggi disini!

5 Film Motivasi Hidup

1. Shawshank Redemption

Film ini mengisahkan Andrew ‘Andy’ Dufresne, seorang pria tidak bersalah yang harus menjalani hukuman selama 20 tahun atas tuduhan pembunuhan ganda untuk kematian istri dan pria selingkuhan istrinya.

Andy sebelumnya bekerja sebagai presiden direktur sebuah bank di Portland, Maine.

Di dalam penjara, dia memanfaatkan pengetahuan dan kemampuannya untuk merubah nasibnya dan sekaligus menjadikan kehidupan tahanan lain lebih baik.

Dia menggunakan pengaruhnya untuk mempromosikan pendidikan di antara para tahanan dengan cara membuka perpustakaan penjara, di mana dia juga bekerja di sana.

Dia berhasil mendapatkan rasa hormat di penjara tidak hanya dari teman-temannya, melainkan juga dari petugas sampai atasan sipir penjara.

Di perpustakaan ini, dia membantu menjadi penasihat bagi para petugas penjara yang mempunyai permasalahan pajak sampai pencucian uang yang dilakukan direktur penjara.

Film ini banyak sekali menangkap esensi kemanusiaan dan sekaligus mengajarkan kita tentang kesabaran dan ketekunan, yang sangat langka kita temui di jaman sekarang.

2. Schindler's List (1993)

Schindler's List menceritakan tentang Oskar Schindler, seorang anggota partai Nazi yang mengambil risiko dengan menyelamatkan lebih dari 1.100 orang Yahudi selama Perang Dunia II.

Oskar Schindler tidak langsung menjadi juru penyelamat, bahkan tadinya dia ingin mengambill keuntungan dari sini.

Namun, pandangan ini berubah ketika dia mulai mengenal para pekerjanya sebagai manusia dan bukan sebagai alat yang membawa keuntungan organisasi, seperti pekerjaan mereka sebagai pemoles logam dan lain-lain.

Fim ini selain sarat akan nilai kemanusiaan, tapi juga mampu menjadi kesempatan untuk merefleksi moral kita.

Kita pun akan menyadari bahwa setiap pilihan meskipun kecil, akan mempunyai dampak selain bagi hidup kita sendiri, tapi juga untuk orang lain.


Baca juga: Rekomendasi Buku Wajib Dibaca


3. The Pursuit of Happiness (2006)

Film ini mengisahkan tentang Chris Gardner, seorang salesman independen yang mempunyai mimpi menjadi pialang saham.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dia selalu ditemani dengan anaknya yang berusia 5 tahun, mengalami semua situasi ekstrem, yang sepertinya tidak mungkin baginya untuk mencapai mimpinya itu.

Film ini mengajarkan bahwa kesabaran dan ketekunan pasti akan membuahkan hasil.

4. The Green Mile (1999)

Dalam film The Green Mile yang disutradarai oleh Frank Darabont, berdasarkan novel yang ditulis oleh Stephen King, banyak menampilkan konsep moralitas, tentang apa yang benar atau yang salah, melalui keputusan protagonis Paul Edgecomb dan John Coffey.

John Coffey adalah seorang pria kulit hitam yang dituduh melakukan pembunuhan dan pemerkosaan anak, namun memiliki bakat misterius.

Film ini memberikan kita pelajaran untuk selalu membuat keputusan moral, sekalipun berada dalam keadaan tersulit dan terburuk.

5. Forrest Gump (1994)

Film Forrest Gump mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang cacat mental.

Kisahnya tentu saja merupakan kisah fiktif, tetapi tidak menghilangkan kenyataan bahwa film ini sangat ikonik.

Dengan segala keterbatasan yang dimilikinya, Forrest Gump berhasil memberikan makna hidup sehingga dia bisa menjalani kehidupan yang luar biasa dan mampu mengubah kehidupan orang-orang, termasuk dunia.

Dari film ini, kita diingatkan untuk jangan pernah merasa kurang, selalu cintai diri sendiri, dan selalu berkata baik pada orang lain.

Forrest Gump tidak akan seperti itu kalau bukan karena ibunya yang selalu mengajarkan dia tentang kebijaksanaan hidup.

Di dalam buku Tak Masalah Menjadi Orang yang Berbeda karya Kim Doo Eung, penulis menyampaikan bahwa berdasarkan penelitian terhadap 25 orang hebat, terdapat ibu yang hebat.

Ibu merekalah yang terlebih dahulu melihat keistimewaan dan keunikan sang anak dibandingkan siapa pun, yang dengan sabar dan semangat mengajarkan sang anak untuk menunjukkan kemampuannya.

Selain itu, ibu juga yang menumbuhkan tujuan hidup dan mimpi sang anak.

Mimpi itulah yang membuat anak memiliki harapan dan keberanian untuk melangkah menuju tujuan yaitu menggapai mimpi tersebut.

Buku Tak Masalah Menjadi Orang yang Berbeda berisikan 25 kisah para ibu tokoh terkenal dunia, seperti Einstein, Nelson Mandela, Bill Gates, Edison, Marie Curie, Beethoven dan masih banyak lagi.

Dengan membaca kisah para Ibu, kita dapat merasakan pelajaran apa saja yang pernah kita dapatkan dari ibu kita.

Selain itu, kita juga bisa mengambil nilai baik untuk kita terapkan dalam pengasuhan anak.

Dapatkan inspirasi dari buku Tak Masalah Menjadi Orang yang Berbeda dengan cara memesannya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com