Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Makanan untuk Tumbuhan? Yuk, Kenali tentang Fotosintesis!

Kompas.com - 18/07/2022, 13:00 WIB
Apa Makanan untuk Tumbuhan
Sumber Gambar: Freepik.com Apa Makanan untuk Tumbuhan
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Anak Hebat : Tumbuhan
Pengarang: Jang Myung S
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setiap makhluk hidup membutuhkan tenaga dan energi agar bisa tetap bertahan hidup.

Tidak hanya manusia dan hewan, tumbuhan sekalipun membutuhkan makanan untuk dapat tumbuh dan bertahan hidup.

Mungkin makanan bagi manusia dan hewan dapat berupa daging, buah maupun sayur, sehingga tampak jelas dan umum didapatkan.

Namun, makanan apa yang dikonsumsi oleh tumbuhan?

Biasanya yang sebagian besar orang ketahui ialah tumbuhan hanya memerlukan air dan sinar matahari.

Nyatanya tidaklah demikian, karena air dan sinar matahari saja tidak akan cukup untuk membuat tumbuhan mampu bertahan hidup.

Lalu, apa sebenarnya makanan yang dikonsumsi oleh tumbuhan? Dan bagaimana proses fotosintesis dalam mengolah makanan sendiri bagi tumbuhan? Simak jawabannya berikut ini.

Makanan Tumbuhan

Makanan untuk tumbuhan ialah zat makanan berupa glukosa yang diproduksi dari proses fotosintesis.

Bahan baku makanan untuk tumbuhan sendiri adalah karbondioksida yang biasanya dihasilkan dari embusan napas manusia atau asap hasil pembakaran yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor maupun pabrik.

Tidak heran jika tumbuhan kerap dianggap sebagai “pembersih udara” akibat memerlukan karbondioksida dalam proses pembuatan makanannya.

Tidak hanya karbondioksida, tumbuhan juga membutuhkan air untuk dapat mengolah makanannya, yang biasanya dapat ditemukan di dalam tanah dan dimanfaatkan sebagai sumber mineral.

Kedua bahan tersebut kemudian diolah oleh tumbuhan hingga menjadi glukosa dan oksigen.

Glukosa digunakan tumbuhan sebagai sumber energi yang dapat membantu tumbuhan terus tumbuh, mulai dari munculnya daun baru hingga pembentukan batang yang jauh lebih kokoh.

Sementara itu, oksigen yang dihasilkan tumbuhan dari proses fotosintesis juga berperan penting bagi kelangsungan kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi, karena oksigen merupakan gas yang digunakan makhluk hidup untuk bernapas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, mengapa penting sekali bagi kita untuk terus peduli dan sadar akan keberadaan tumbuhan yang harus terus ditanam setiap tahunnya.

Proses Fotosintesis

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fotosintesis adalah pemanfaatan energi cahaya Matahari oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat.

Bisa dibilang fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan yang dilakukan tumbuhan dengan mengolah karbondioksida, air, dan sinar matahari menjadi glukosa dan oksigen.

Fotosintesis berlangsung di daun serta organel sel khusus yang bertanggung jawab terhadap proses ini yang disebut dengan kloroplas.

Daun sendiri terdiri dari tangkai daun, epidermis, dan lamina.

Lamina dipakai untuk proses penyerapan sinar matahari, serta karbondioksida selama proses fotosintesis berlangsung.

Fotosintesis ialah sebuah proses pengolahan berbagai bahan baku yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk mengubahnya menjadi sumber makanan yang memberikan energi agar bisa tetap tumbuh dan berkembang.

Kini, kita menjadi lebih tahu lagi jika makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan adalah glukosa.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan mengenai tumbuhan, maka buku Ensiklopedia Anak Hebat: Tumbuhan yang ditulis oleh Jung Myung-suk dan disertai ilustrasi dari Lee Hye-young akan menjawab semua hal mengenai tumbuhan.

Buku ini akan sangat cocok diberikan untuk anak-anak, karena disertai dengan ilustrasi yang mampu menarik minat dan perhatian mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang dunia tumbuhan.

Tidak hanya belajar, buku ini juga turut mengajak bermain pembacanya karena terdapat kuis yang dapat dimainkan bersama, agar anak-anak tidak merasa jenuh ketika membacanya.

Buku ini bisa dibeli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com