5 Fakta Otak yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 05/11/2021, 18:58 WIB
Rujukan artikel ini:
Educomics Plants Vs Zombies :…
Pengarang: Xiao Jiang Nan
|
Editor Ratih Widiastuty

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia, karena semua aktivitas saraf seperti berpikir, berbahasa, belajar, menyimpan memori, semuanya terpusat di otak.

Di dalam sel otak, semuanya saling terhubung dan bisa mengirim informasi dengan sangat cepat.

Selama ini kita sudah tahu otak terbagi menjadi otak kanan dan kiri, tetapi apakah kalian tahu fakta menarik lainnya mengenai otak?

Dikutip dari komik sains Plants vs Zombies Otak, berikut 5 fakta mengenai otak yang belum banyak diketahui. Yuk, cari tahu!

Fakta Tentang Otak

Begadang bisa Menurunkan IQ

Apakah kalian pernah merasa sakit kepala keesokan harinya setelah begadang?. Efek dari begadang ternyata bisa menurunkan daya ingat seseorang dan merusak kekebalan tubuh.

Banyak ahli memperingatkan sering begadang bisa melukai otak, bahkan dapat mengakibatkan Parkinson dan penyakit cerebrovascular.

Oleh karena itu, kita membutuhkan tidur yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas setiap hari.

Karena saat kita tidur, sel otak akan ‘beristirahat’, membuat rongga di antara sel menjadi lebih lebar.

Zalir serebrospinal, cairan khusus dalam otak manusia, akan lebih mudah masuk ke dalam otak dan menggantikan cairan tubuh sehingga membantu pengeluaran sisa metabolisme otak.

Oleh karena itu, kurang tidur akan menghalangi metabolisme sel, merusak sel otak, dan setelah itu akan merusak daya ingat manusia serta kekebalan tubuh

Hubungan Menguap dengan Otak

Menguap adalah tanda otak sudah lelah dan butuh istirahat, oleh karena itu jika sudah lelah, aktivitas saraf akan menghabiskan lebih banyak energi dan menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah banyak.

Saat kadar karbon dioksida dalam darah lebih tinggi dari biasanya, otak akan menstimulasi sistem pernapasan untuk menghirup udara dalam-dalam, dalam bentuk menguap.

Menguap dapat membuat kandungan oksigen dalam darah bertambah, mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida, dan membuat tubuh menjadi lebih segar.

Ketika terus menguap, hentikanlah segala hal yang sedang dikerjakan dan beristirahatlah. Dengan begini, sel-sel otak akan terlindungi dan bahkan bisa mempertajam ingatan.

Bebauan Memengaruhi Otak

Menurut para ilmuwan, bebauan membantu dalam proses perekaman ingatan dalam otak.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa hipokampusbagian otak yang berperan untuk belajar serta mengingatdan amigdalabertanggung jawab akan emosimempunyai kepekaan akan bebauan.

Inilah penyebabnya ketika mencium bau pinus pewangi ruangan, kita bisa membayangkan hutan, atau ketika mencium bau garam laut, kita teringat suasana di pantai.

Bau wewangian juga dapat mempengaruhi kinerja otak dan membuat tenang, seperti wangi jeruk bisa menenangkan dan membantu untuk belajar dengan rileks.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Agar bisa tidur dengan nyenyak, kalian juga bisa menggunakan aromaterapi wangi lavender yang dapat menenangkan hati dan membuat tubuh nyaman.

Otak Super di Dunia

Einstein sangat terkenal akan berbagai teori temuannya dalam bidang fisika dan matematika, konon katanya saat teori relativitasnya dipublikasikan hanya ada tiga orang yang bisa paham di dunia.

Ketika beliau meninggal, otak Einstein menarik perhatian dunia dan dijadikan objek penelitian.

Setelah diteliti, ternyata lobus parietal otak Einstein ternyata lebih besar 15% daripada orang biasa.

Lobus parietal adalah bagian otak yang berperan dalam kemampuan matematika, imajinasi, dan orientasi spasial.

Selain itu, banyak lapisan otak Einstein yang tidak ada kerutan, membuat sel saraf dapat berhubungan dengan lancar sehingga pikirannya lebih aktif.

Untuk mengoptimalkan kinerja otak, kita harus memerhatikan keseimbangan antara bekerja atau belajar dengan beristirahat, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup.

Membaca buku juga dapat memperkuat latihan otak untuk berpikir. Jangan lupa konsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar bisa menyuplai nutrisi untuk otak.

Hyperthymesia, Kebalikan dari Pikun

Otak kita terus melupakan informasi yang lama untuk memasukkan informasi baru, namun penyakit hyperthymesia membuat penderitanya mengingat dengan jelas semua yang dialami dengan detail.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa otak penderita hyperthymesia berbeda dengan otak orang biasa.

Lobus temporal yang bertugas untuk menyimpan ingatan dan caudate nucleus yang berperan untuk membentuk kebiasaan diketahui sangat luar biasa aktif, membangun sebuah sistem untuk mengingat secara otomatis pada otak penderita penyakit ini.

Mungkin kemampuan ini dapat membuat iri, tetapi penelitian membuktikan bahwa informasi yang diingat pasien hyperthymesia dapat saling mengganggu dan tidak banyak membantu dalam kehidupan.

Sebaliknya, dengan mengingat berbagai informasi dengan detail, penderita hyperthymesia dapat mengalami gangguan psikis.

Banyak sekali ya ternyata fakta tentang otak yang belum kita ketahui. Namun tenang saja, Semua fakta tersebut dibahas secara menarik di komik sains Plants Vs Zombies lho.

Meskipun berupa komik, tapi informasinya dikemas secara apik agar anak mudah memahami dan menyerap pengetahuan di dalamnya.

Selain membahas tentang otak dengan cerita yang jenaka, ada banyak topik lain yang bisa membantu orang tua mengajarkan sains kepada anak-anak secara lebih menarik.

Nah, komik edukasi ini sangat cocok menjadi sahabat belajar anak selama menjalani School From Home di masa pandemi.

Selamat Membaca!


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.