Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 3 Cara Mengajar Praktek Shalat Kepada Anak!

Kompas.com - 24/06/2022, 11:30 WIB
praktek shalat pixabay praktek shalat
Rujukan artikel ini:
Panduan Belajar Muslim Muda Memahami…
Pengarang: Asli Kaplan
|
Editor Rahmad

Dalam agama Islam, ibadah shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Dengan kata lain, umat muslim harus berusaha semaksimal mungkin untuk tidak meninggalkan shalat. Adapun shalat yang wajib dilakukan umat Islam dikenal dengan shalat 5 waktu, yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Selain itu, dalam melaksanakan shalat, sebaiknya dilakukan sesegera mungkin atau bisa dikatakan dengan jangan menunda-nunda shalat. Jadi, ketika adzan sudah selesai berkumandang, maka kita sesegera mungkin untuk mengambil wudhu dan mengerjakan shalat lima waktu.

Dalam melaksanakan shalat lima waktu harus dilakukan sesuai dengan rukun shalat yang ada di dalam Islam. Supaya seorang anak terbiasa melakukan shalat, maka sudah seharusnya bagi orang tua untuk mengajarkan praktek shalat. Dengan praktek yang dilakukan secara rutin sejak kecil, maka ketika dewasa, seorang anak sudah mengetahui setiap bacaan dan gerakan shalat.

Selain itu, dengan mempraktekkan shalat 5 waktu sejak kecil, maka ketika dewasa hatinya akan mudah tergerak untuk melakukan shalat 5 waktu. Akan tetapi, terkadang bagi sebagian orang tua tidak mengetahui cara mempraktekkan shalat kepada anaknya.

Bagi para orang tua, jangan khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang cara mengajar praktek shalat kepada anak.


Baca juga: Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat


3 Cara Mengajar Praktek Shalat

Cara mengajar praktek shalat sebagai berikut.

1. Memberikan Contoh Gerakan Shalat

Bagi anak akan lebih mudah melakukan suatu hal apabila sudah melihat contohnya secara langsung. Misalnya, ketika mulai belajar untuk makan sendiri. Begitu juga ketika melakukan setiap gerakan shalat, sang anak akan mudah mengikuti gerakan shalat ketika ikut shalat bersama orang tuanya. Oleh karena itu, bagi para orang tua, sebaiknya ketika sang anak sudah memasuki yang pas untuk belajar shalat, sebaiknya segera diajak untuk shalat bersama.

Sementara itu, memberikan contoh gerakan shalat ini bisa juga dilakukan di sekolah atau di tempat pengajian. Sang anak juga akan lebih mudah praktek gerakan shalat dan menghapal gerakan shalat apalagi berlatihnya bersama dengan teman-temannya. Dengan berlatih gerakan shalat di rumah, di sekolah, dan di tempat pengajian, maka sang anak akan lebih mudah dalam menghapal dan memahami setiap bacaan dan gerakan shalat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Memberikan Penjelasan Tentang Shalat

Dalam melatih anak untuk terbiasa dengan gerakan shalat memang bisa dilakukan dengan memberikan contohnya. Namun, sebenarnya sebelum memberikan contoh gerakan dan bacaan shalat, sebaiknya sang anak diberikan penjelasan tentang shalat. Mulai dari pengertian, kewajiban dalam menjalankan shalat, hingga makna dan arti pada setiap bacaan dan gerakan shalat.

Dengan penjelasan yang matang, seorang anak akan lebih mudah untuk mendalami setiap gerakan shalat. Selain itu, ketika melakukan shalat akan menjadi lebih khusyuk. Untuk memberikan penjelasan tentang shalat, sebaiknya dilakukan secara berkala agar lebih mudah memaknai gerakan-gerakan dan bacaan-bacaan shalat.

3. Mulai Mengajarkan Anak Shalat Secara Perlahan dan Bertahap

Setelah memberikan contoh gerakan shalat dan memberikan penjelasan tentang shalat, maka para orang tua perlu mulai sang anak untuk shalat 5 waktu. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat waktu shalat, sehingga sang anak akan terbiasa shalat pada waktu yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu, untuk membiasakan anak untuk shalat 5 waktu memang tidak mudah, sehingga sebagai orang tua perlu memiliki cara-cara khusus dan dilakukan secara bertahap. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua anak akan cepat menghapal dan memahami setiap gerakan dan bacaan shalat.

Kesimpulan

Mengajarkan shalat kepada anak sangatlah penting karena shalat 5 waktu merupakan salah ibadah wajib bagi semua umat muslim. Dalam melakukan pengajaran, terkadang dibutuhkan ketegasan agar sang anak bersungguh-sungguh dalam menjalani ibadah shalat 5 waktu.

Untuk mengajarkan anak terhadap bacaan dan gerakan shalat sebenarnya bisa dilakukan oleh guru di sekolah atau guru ngaji yang ada di lingkungan sekitar. Akan tetapi, sebaiknya orang tua tetap memiliki peran dalam melatih anak untuk shalat karena dengan peran orang tua inilah, sang anak akan mudah memahami setiap bacaan dan gerakan shalat.

Dalam mengajarkan atau melatih sang anak agar hapal setiap bacaan dan gerakan shalat serta terbiasa melakukan shalat 5 waktu dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Dengan kesabaran itu, kita sebagai orang tua akan lebih telaten dalam menjelaskan dan melatih bacaan dan gerakan shalat.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku yang ada di Gramedia dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com