Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendidik Anak Menurut Islam yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 16/06/2022, 19:00 WIB
Cara Mendidik Anak Menurut Islam Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mendidik Anak Menurut Islam
Rujukan artikel ini:
Parenting Ala Rasulullah
Pengarang: Syamsul Arifin & Listiana…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Anak merupakan amanat bagi kedua orang tuanya.

Anak terlahir dengan hati dan jiwa yang masih bersih dan suci, sehingga harus diasuh, dirawat, dan dididik dengan penuh cinta serta kebaikan.

Anak yang tumbuh dengan penuh keberkahan tentunya akan menjadi pahala, tidak hanya bagi kedua orang tuanya, tapi juga untuk semua orang yang pernah mendidiknya dengan baik.

Selain mencoba untuk memperbaiki diri sendiri, kita, khususnya para orang tua, juga harus berusaha untuk mendidik anak menjadi seorang individu yang berbakti, taat, bertanggung jawab, serta mampu memegang teguh nilai-nilai Islam, yang tentunya sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Sunah Nabi.

Sebagai contohnya, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk mendidik anaknya sesuai dengan ajaran Islam.

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

1. Memperdengarkan Ayat Al-Qur’an Sejak dalam Kandungan

Cara pertama yang bisa dilakukan orang tua dalam mendidik anak sebenarnya harus dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan.

Semasa kehamilan, memperbanyak mengaji dan mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an diyakini bisa membawa ketenangan dan keberkahan saat buah hati lahir nanti.

Setelah bayi lahir, usahakan untuk tetap memperdengarkan bacaan Al-Qur’an secara rutin.

Dengan cara ini, anak akan tumbuh besar dengan mengingat setiap lantunan firman Allah SWT.

Bukan tidak mungkin, kebiasaan baik yang terus dijalankan ini akan mengantarkan anak anda menjadi seorang hafidz atau hafidzah sejak usia dini.

2. Memberi Contoh dan Mengajarkan Salat

Salat merupakan tiang atau pondasi yang sangat penting dalam Islam, bahkan salat juga masuk ke dalam Rukun Islam yang kedua setelah Syahadat.

Salah satu cara untuk mengajarkan kebiasaan salat pada anak adalah dengan memberikan contoh, misalnya cara mengambil wudhu, cara membaca bacaan salat, dan seperti apa gerakan salat.

Selain itu, para orang tua juga harus membiasakan diri untuk selalu menunaikan salat tepat pada waktunya.

Cara ini tentunya akan menambah rasa keinginan si anak untuk mengikuti kebiasaan baik yang dicontohkan orang tuanya.

3. Mengajarkan Dasar-Dasar Agama Islam

Saat anak sudah mulai menginjak usia 3 tahun, orang tua hendaknya mulai mengajarkan bacaan kalimat Tauhid “Laila Ha Illallah”, dan saat anak sudah menginjak usia 3 tahun 7 bulan, tambahkanlah kalimat “Muhammadar Rasulullah”.

Anjuran untuk mengajarkan kalimat-kalimat Tauhid ini terdapat dalam Kitab Al-Amali dari Imam Al-Baqir dan Imam ash Shadiq.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tujuan pengajarannya adalah untuk mengenalkan dasar-dasar keislaman pada anak.

Sebagai seorang muslim dan sebagai orang tua, sudah sepantasnya anda berusaha untuk menumbuhkan iman keislaman pada diri anak, sehingga mereka nantinya bisa tumbuh menjadi individu yang mampu memegang teguh pendirian dan ajaran Islam.

4. Mengajarkan Adab dan Akhlak

Pendidikan di dalam keluarga merupakan hal yang utama bagi anak.

Dapat dikatakan bahwa keluarga adalah tempat pertama di mana anak bisa mendapatkan banyak pelajaran mengenai kehidupan.

Mengajarkan anak mengenai adab dan akhlak tentunya menjadi hal yang sangat penting, supaya anak bisa memiliki pondasi saat ia harus bersosialisasi dan berinteraksi di lingkungannya.

Beberapa macam adab yang bisa diajarkan kepada anak sedari dini misalnya seperti adab dan akhlak kepada Allah SWT, kepada Rasulullah SAW, serta kepada sesama manusia.

5. Menanamkan Rasa Syukur

Mengajarkan anak untuk selalu rendah hati dan penuh rasa syukur atas berkah dan karunia dari Allah SWT merupakan hal yang penting dan harus ditanamkan sejak usia dini.

Cobalah untuk memberikan pemahaman pada anak bahwa setiap rezeki yang mereka dapatkan, haruslah diiringi oleh rasa syukur dengan mengucapkan Alhamdulillah, atau kalimat-kalimat baik lainnya.

Itulah beberapa contoh yang bisa dilakukan para orang tua untuk mendidik dan mengajarkan anak untuk tumbuh menjadi seorang Muslim yang baik.

Untuk semakin memperbanyak wawasan dan pengetahuan mengenai parenting Islami yang baik, kamu juga bisa mendapatkan materinya melalui buku Parenting Ala Rasulullah karya Syamsul Arifin & Listiana Rahmawati atau buku Smart Islamic Parenting karya Ahmad Abi Al-Musabih.

Kedua buku ini ditulis secara khusus untuk menjadi panduan bagi para orang tua yang ingin mendidik dan mencetak buah hatinya untuk menjadi Muslim yang saleh dan salehah.

Melalui buku-buku ini, kamu akan diajarkan bagaimana caranya mendidik anak-anak yang sudah diamanahkan oleh Allah SWT, agar kelak juga bisa menjadi berkah dan tabungan amal bagi kedua orang tuanya.

Dengan membaca buku ini, kamu akan menemukan banyak pembahasan yang menarik, misalnya pembahasan mengenai adab serta akhlak yang baik menurut ajaran Rasulullah SAW, cara bergaul dan berkawan yang baik dalam Islam, cara menumbuhkan rasa cinta pada Islam sejak kecil, dan masih banyak lagi.

Melalui buku ini, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak hanya baik, tapi juga mampu memegang teguh nilai dan prinsip Islam yang penuh dengan kebaikan.

Kedua buku ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com