Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Cara Mendidik Anak dalam Islam atau Islamic Parenting Berdasarkan Sunnah Rasulullah SAW

Kompas.com - 22/04/2022, 12:00 WIB
Mendidik anak dalam islam (islamic parenting) Sumber Gambar: Freepik.com Mendidik anak dalam islam (islamic parenting)
Rujukan artikel ini:
Parenting Ala Rasulullah
Pengarang: Syamsul Arifin & Listiana…
|
Editor Ratih Widiastuty

Umumnya masing-masing orang tua memiliki cara yang berbeda dalam mendidik serta mengasuh anak.

Namun, sebagai orang tua muslim, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mendidik anak dalam proses tumbuh kembangnya sesuai dengan ajaran Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah.

Tujuan dari Islamic Parenting ini adalah agar anak memiliki tonggak pendidikan untuk menjadi pribadi yang mempunyai akhlak sesuai dengan ajaran Islam, memiliki karakter yang mulia, dan dapat memupuk kebaikan sejak dini.

Berikut adalah beberapa cara pengasuhan anak dengan penanaman nilai-nilai Islam berdasarkan sikap dan perilaku Rasulullah yang bisa kamu jadikan sebagai teladan.

Cara Mendidik Anak dalam Islam (Islamic Parenting) Berdasarkan Sunnah Rasulullah SAW

1. Menanamkan Iman Sejak Dini

Konsep Ketuhanan atau yang biasa disebut dengan Tauhid ini merupakan landasan Islam yang paling penting dan perlu diajarkan kepada anak sejak dini.

Kenalkan anak kepada Allah SWT yang telah menciptakannya dan kepada Rasulullah SAW.

Menanamkan iman kepada anak sejak dini merupakan hal yang penting karena Allah telah memberikan potensi terbaik di usia 0 – 7 tahun berupa pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, sehingga anak akan mampu belajar dan memahami dengan baik.

Orang tua bisa mengenalkan keagungan Allah melalui hal-hal yang ada di sekitar mereka, seperti saat anak bermain di taman dan melihat pemandangan yang indah, kamu bisa mengatakan bahwa semua itu adalah ciptaan Allah SWT.

Beri contoh dan ajarkan anak mengenai ibadah salat, manfaat yang bisa didapatkan, dan mengapa seorang muslim harus melakukan salat.

2. Menjadi Teladan yang Baik

Salah satu cara terbaik untuk bisa mendidik dan membangun sikap serta moral anak adalah dengan memberikan contoh yang akan mereka ikuti.

Orang tua merupakan sosok guru pertama bagi seorang anak yang tindak-tanduknya akan mereka amati dan mereka tiru.

Tidak peduli seberapa keras kamu mengajarkan anak untuk berperilaku baik, jika kamu menunjukkan hal yang sebaliknya, seperti sering membentak, bertengkar dengan pasangan di depan anak, suka memukul, dan lain-lain, maka anak hanya akan mengikuti apa yang mereka lihat.

Oleh karena itu, orang tua perlu menjadi contoh yang baik untuk bisa melahirkan seorang anak yang berperilaku baik pula.

Ajak anak untuk salat bersama dibandingkan hanya menyuruh mereka saja.

Gunakan tutur kata yang baik saat berbicara, dan miliki hubungan yang harmonis dengan pasangan, maka dengan begitu secara otomatis anak akan meniru segala hal baik yang kamu tunjukkan.

3. Membacakan Kisah Para Nabi

Tidak hanya perilaku orang tua saja yang bisa menjadi contoh untuk anak, kisah para nabi serta tokoh-tokoh Islam lainnya pun bisa menjadi pedoman bagi mereka.

Ceritakanlah dengan cara yang menarik, seperti menggunakan buku cerita bergambar, dan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Jelaskan nilai-nilai yang bisa mereka teladani dari masing-masing kisah tersebut, sebagai contoh, sikap sabar dan ikhlas yang dimiliki oleh Nabi Nuh, kerendahan hati Nabi Yusuf, selalu berprasangka baik kepada Allah seperti yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim, dan lain-lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu juga bisa menceritakan tokoh-tokoh Islam lainnya, seperti Al-Khawarizmi yang memiliki julukan sebagai Bapak Matematika Dunia, Ibnu Sina yang berjasa di bidang kedokteran, Abbas ibn Firnas sebagai seorang ilmuwan di bidang aerodinamika, serta masih banyak lagi.

Kisah-kisah ini tidak hanya bisa menjadi contoh bagi anak, namun juga akan memotivasi dan mendorong mereka untuk menjadi seorang muslim yang pintar dan berbudi luhur.

4. Memenuhi Hak Anak

Agar anak bisa tumbuh menjadi seorang individu yang berperilaku baik serta cerdas, selain dengan mengajarkan dan membimbing mereka, sebagai orang tua kamu tidak boleh lupa untuk memenuhi hak-hak mereka.

Hak-hak yang dimiliki oleh seorang anak menurut Islam, yaitu meliputi identitas diri (nasab), penyusuan (radha'), hidup dan tumbuh berkembang, nafkah, pengasuhan yang baik, keadilan dan persamaan derajat, cinta kasih, bermain, dan perlindungan.

Jangan hanya menuntut anak untuk bersikap baik, tetapi melalaikan kewajiban sebagai orang tua dalam memberikan hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan.

Dengan menunaikan hak-hak anak, mereka pun akan merasa disayangi dan mendapat dukungan dari orang-orang terdekatnya sehingga akan membantu tumbuh kembang mereka.

Nah, itulah beberapa cara mendidik anak dalam Islam berdasarkan Sunnah Rasulullah yang bisa kamu contoh serta praktikkan ketika membesarkan anak.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam bagaimana Rasulullah SAW membina keluarga dan mendidik anak-anaknya, buku Parenting ala Rasulullah yang ditulis oleh Syamsul Arifin dan Listiana Rahmawati bisa menjadi bacaan yang tepat untuk kamu.

Anak adalah sebuah amanah yang diberikan oleh Allah SWT di mana kelak orang tua akan dimintai pertanggungjawaban atas titipan-Nya.

Oleh karena itu, penulis mengatakan bahwa mengetahui cara mendidik anak yang baik sesuai dengan suri teladan umat Islam, yaitu Rasulullah SAW, merupakan hal yang penting bagi kaum muslim.

Melalui buku ini, penulis akan membagikan secara mendalam langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua muslim untuk mendidik anak, mulai dari konsep anak serta pendidikannya menurut kacamata Islam, hingga teladan yang diberikan oleh Rasulullah.

Semua contoh perilaku Rasulullah SAW dalam mengasuh dan mendidik anak yang dibagikan di dalam buku ini bersumber dari Al-Qur'an serta hadis-hadis shahih.

Kamu bisa mendapatkan buku Parenting ala Rasulullah ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, dalam menyambut bulan Ramadan, Gramedia Official Shop pada Shopee memberikan diskon hingga 90% untuk buku, Al-Qur'an, hingga sajadah dan tas pilihan.

Shopee Diskon Buku Gramedia Ramadan Shopee Diskon Buku Gramedia Ramadan

Ada pula gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian dengan langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com