Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Lukacita, Kisah Para Pemimpi yang Dikhianati Mimpinya Sendiri

Kompas.com - 17/02/2023, 09:19 WIB
Review Buku Lukacita Sumber Gambar: instagram.com/bhuanasastra Review Buku Lukacita
Rujukan artikel ini:
Lukacita
Pengarang: Valerie Patkar
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Valerie Patricia Karina atau yang lebih dikenal dengan nama pena Valerie Patkar adalah seorang penulis Wattpad yang populer dan telah berhasil memikat hati pembaca melalui karya-karyanya.

Seperti karyanya yang lain, Lukacita awalnya hanya dipublikasikan melalui Wattpad sebelum akhirnya berhasil dibaca oleh lebih dari 1 juta orang, dan secara resmi mulai diterbitkan di toko-toko buku pada akhir tahun 2021.

Sesuai ekspektasi, buku ini ternyata laris manis dan berhasil terjual sebanyak 1.000 buah hanya dalam kurun waktu kurang dari satu jam.

Salah satu alasan yang membuat buku ini menjadi populer dan diminati banyak orang adalah karena ide ceritanya yang terasa relate di hati para pembaca, yakni mengisahkan tentang dua orang pemimpi yang ternyata dikhianati oleh impian dan cita-cita mereka sendiri.

Buku ini sengaja ditulis untuk menjadi obat bagi kita semua yang pernah memiliki luka saat berharap pada impian, sebelum akhirnya berhasil bangkit dan membangun harapan yang baru.

Sinopsis Buku Lukacita

Lukacita mengisahkan tentang seorang pendiri perusahaan startup bernama Javier, dan seorang mantan atlet catur bernama Utara atau lebih akrab disapa Tara.

Setelah dinyatakan tidak lulus ujian masuk perguruan tinggi, Javier merasa putus asa dan memutuskan untuk membangun sebuah perusahaan startup bernama “Pengantara”, dibantu oleh beberapa orang yang ternyata memiliki kesamaan nasib dengan Javier.

Kemudian ada sosok Tara, yang diceritakan telah mengabdikan hampir seluruh hidupnya hanya pada bidak-bidak catur, hingga membuatnya terkungkung dan tidak bisa melakukan aktivitas selayaknya teman-teman seusianya.

Ditambah lagi, Tara juga divonis mengalami disleksia yang sering membuatnya merasa kesulitan dalam belajar dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Walau terkesan berbeda, keduanya sebenarnya memiliki persamaan, yakni sama-sama seorang pemimpi yang berharap bisa menggenggam dan mengabulkan semua impian mereka suatu hari nanti.

Sayangnya, kehidupan manusia pada dasarnya memang sulit ditebak, Javier kemudian memutuskan untuk melepaskan Pengantara dan memberikan haknya kepada orang lain, sementara Tara mengajukan pengunduran diri setelah 14 tahun berkarir sebagai atlet.

Mereka berdua sejatinya memiliki keterikatan satu sama lain, yakni sama-sama tidak bisa memeluk dirinya sendiri, bahkan keputusan mereka untuk mengundurkan diri tentu hanyalah karena mereka merasa telah dikhianati oleh cita-cita mereka sendiri.

Review Buku Lukacita

Buku Lukacita ini berhasil dirangkai dengan indah oleh Valerie Patkar, dengan alur cerita yang terbilang pas, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat sehingga pembaca bisa dengan mudah menikmati buku ini sampai tamat.

Kemampuan Valerie dalam membentuk setiap karakternya juga dinilai juga sangat cerdik, bahkan para tokoh pendukungnya pun diceritakan dengan sedemikian rupa sehingga mampu meninggalkan kesan di hati para pembaca.

Tidak hanya itu, kisah Javier dan Tara sendiri juga menjadi daya tarik utama, karena sangat relevan dengan kenyataan yang mungkin banyak dialami oleh pembaca, di mana mereka merasa telah dikhianati oleh cita-citanya sendiri.

Sebuah buku dengan tebal lebih dari 400 halaman ini merupakan salah satu karya dengan genre yang lengkap, mulai dari romance, self improvement, juga mengandung makna kekeluargaan dan persahabatan antar manusia.

Buku ini akan sangat cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama para anak muda yang tengah berusaha memperjuangkan mimpi dan cita-cita, namun harus terhalang oleh berbagai masalah yang datang ke dalam hidupnya.

Buku ini pada dasarnya masih sangat layak untuk dijadikan sebagai buku motivasi bagi kamu yang sedang merasa terpuruk dan merasa terkhianati oleh mimpimu sendiri.

Untuk membaca buku ini dalam versi yang lebih lengkap, kamu bisa mendapatkannya melalui Gramedia.com, dan versi e-booknya juga telah tersedia di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com