Saatnya Maraton Baca, Berikut Urutan Novel Bumi Karya Tere Liye yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 27/06/2022, 10:20 WIB
Urutan novel bumi Tere Liye Sumber Gambar: instagram.com/ilmukesuksesan Urutan novel bumi Tere Liye
Rujukan artikel ini:
Bumi
Pengarang: Tere Liye
|
Editor Ratih Widiastuty

Nama Tere Liye memang sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai seorang penulis yang andal, karena ia selalu mampu menghadirkan karya yang menarik bagi setiap pembacanya, bahkan setiap kali buku terbarunya terbit, sudah bisa dipastikan mampu menjadi best seller.

Tere Liye juga dikenal sebagai penulis yang sangat produktif dalam membuat karya setiap tahunnya.

Bisa dilihat dari banyaknya buku yang terbit dalam waktu yang boleh dibilang cukup berdekatan.

Para penggemarnya seakan dimanjakan dengan kehadiran karya-karya Tere Liye yang tak pernah ada habisnya.

Salah satu karyanya yang paling terkenal dan banyak digemari oleh pembaca ialah seri Bumi yang menghadirkan cerita fantasi remaja, yang bisa dibilang membawa angin segar untuk pilihan genre dalam novel lokal yang biasanya didominasi oleh cerita-cerita romance.

Tidak heran jika novel seri Bumi ini bisa meledak di pasaran, karena mampu membawa pembaca ke dunia fantasi dengan petualangan seru dan menarik untuk diikuti.

Namun, jika kamu baru mau memulai baca seri Bumi ini, berikut urutan novel seri Bumi yang bisa dijadikan pilihan untuk kamu maraton baca buku.

Urutan Novel Seri Bumi Karya Tere Liye

1. Bumi

Bumi bercerita tentang tiga orang remaja yang memiliki kemampuan khusus, yaitu Raib yang dapat menghilang, Ali yang mempunyai otak sangat jenius, dan Seli yang mampu mengeluarkan petir.

Mereka bertiga pergi bertualang ke dunia paralel yang pertama, yakni Klan Bulan.

Mereka harus bertarung melawan orang-orang jahat demi menyelamatkan dunia paralel.

Orang-orang jahat ini ialah Tamus yang mempunyai ambisi untuk menguasai dunia dengan cara membebaskan seorang pangeran yang memiliki ambisi yang serupa.

Namun, pangeran tersebut ditahan di Penjara Bayangan di bawah Bayangan.

Pangeran tersebut bernama Si Tanpa Mahkota.

2. Bulan

Petualangan Raib, Ali, dan Seli masih berlanjut.

Kini mereka diboyong oleh Miss Selena dan Av untuk berdiplomasi di Klan Matahari dengan tujuan agar bisa membuka portal yang telah tertutup selama ribuan tahun lamanya.

Mereka curiga jika Tamus beserta Pasukan Tanpa Bayangan akan muncul untuk keluar dari penjara bayangan.

3. Matahari

Petualangan dari Bulan dan Bintang masih berlanjut di Matahari.

Kini, mereka pergi ke Klan Bintang hanya untuk sekedar bertualang saja tanpa ada misi khusus seperti di dua novel sebelumnya.

Akibat rasa ingin tahu yang besar yang dimiliki oleh Ali, mereka bertiga akhirnya berangkat ke Klan Bintang.

Padahal, Raib dan Seli sendiri ogah untuk pergi ke sana.

Namun ternyata, petualangan mereka ke Klan Bintang menghadirkan sesuatu yang mengejutkan, baik bagi mereka bertiga maupun untuk seluruh klan.

4. Bintang

Sekembalinya Raib, Ali, dan Seli dari Klan Bintang yang memiliki teknologi yang teramat canggih jika dibandingkan dengan klan-klan sebelumnya, mereka turut membawa kabar kurang baik untuk para petinggi Klan Bulan.

Kabar buruk tersebut ialah mengenai rencana Sekretaris Dewa Kota Zaramaraz, ibu kota Klan Bintang, yang terdapat jauh di bawah perut Bumi.

5. Ceros dan Batozar

Ceros dan Batozar adalah buku spin-off yang berisi kisah sebelum konflik utama terjadi.

Masih bercerita tentang tiga sekawan, yaitu Raib yang bisa menghilang (dari Klan Bulan), Ali bisa berubah menjadi seekor beruang (dari Klan Bumi), dan Seli yang mampu mengeluarkan petir (dari Klan Matahari).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Fokus utama ceritanya adalah tentang persahabatan yang penuh dengan makna dan pengorbanan yang tersusun dari dua cerita yang cenderung berbeda, yaitu Ceros dan Batozar.

6. Komet

Petualangan Raib, Ali, dan Seli masih berlanjut, dan kini mereka pergi menjelajah ke Klan Komet yang akan dihadapkan pada berbagai rintangan.

Di sana, mereka akan menemukan tumbuhan aneh serta tujuh pulau yang diberi nama pada masing-masing pulaunya, yakni nama-nama hari.

Di sini, keterlibatan berbagai teknologi canggih tidak diikutsertakan, sehingga petualangan tiga sahabat ini akan jauh lebih menarik.

7. Komet Minor

Raib, Ali, dan Seli kembali bertualang ke Klan Komet Minor yang mempunyai gerbang di dasar perut ikan paus raksasa.

Tak disangka-sangka Klan Komet Minor ternyata merupakan klan paling modern dan paling canggih jika dibandingkan dengan klan-klan lainnya.

8. Selena

Di buku kedelapan dari seri Bumi ini menceritakan tentang Miss Selena, salah satu karakter yang ada dalam seri Bumi.

Miss Selena adalah guru matematika sekaligus mata-mata dari Klan Bulan yang diutus ke Klan Bumi.

Tidak hanya bercerita tentang Miss Selena, Selena juga memperlihatkan sisi lain dari Klan Bulan yang ternyata memiliki sisi buruk di balik kemajuannya.

9. Nebula

Nebula merupakan kelanjutan dari kisah Miss Selena dari buku sebelumnya, Selena.

Nebula bercerita mengenai masa muda Selena yang akan menjadi guru matematika di sekolah Raib, Ali, dan Seli.

Buku ini bukanlah menjadi akhir kisah dari dunia paralel dalam seri Bumi, tapi menjadi awal perkenalan kembali pada portal Klan Aldebaran.

10. Lumpu

Raib, Ali, dan Seli masih menjelajah di dunia paralel, di mana kali ini mereka bertualang untuk berhadapan dengan Lumpu demi misi menyelamatkan Miss Selena.

Lumpu digambarkan sebagai sosok yang kuat dengan kemampuan dalam mengambil serta menghilangkan kekuatan milik lawan tandingnya.

11. Si Putih

Si Putih adalah hewan kesayangan yang dipelihara oleh Raib dan siapa yang mengira jika hewan yang menggemaskan ini mempunyai masa lalu tersendiri yang bisa dinikmati oleh penggemar seri Bumi.

Di sini, rasa penasaran pembaca akan Si Putih bisa terjawab melalui kisahnya tersendiri.

12. Bibi Gil

Jika kamu sudah mengikuti seri novel Bumi ini pastinya sudah tidak asing lagi dengan sosok Bibi Gil, salah satu pengajar di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT).

Di buku kedua belas dari seri Bumi ini, Tere Liye ingin menghadirkan latar belakang dari karakter Bibi Gil yang ternyata memiliki cerita yang menarik.

Di balik kehebatan dari sosok petarung Bibi Gil, terdapat cerita yang dramatis dan tragis yang melatarbelakanginya.

13. SagaraS

SagaraS akan mengungkap siapa sebenarnya sosok orang tua Ali selama ini.

Setelah sebelumnya dalam Nebula dan Selena terdapat cerita menarik tentang orang tua Raib, kini, dalam Sagaras, Tere Liye akan menceritakan tentang orang tua Ali sesungguhnya.

Semua pertanyaan dan rasa penasaran penggemar seri novel Bumi mengenal siapa orang tua Ali akan dibeberkan dalam Sagaras secara gamblang.

Itu dia urutan novel seri Bumi yang ditulis oleh Tere Liye.

Bagi kamu yang ingin segera membaca dan mengoleksi seluruh bukunya, bisa langsung memesan dan membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.