Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membuat Cerpen? Simak Cara Membuat Cerpen Untuk Pemula

Kompas.com - 14/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis
Pengarang: Ayu Utami
|
Editor Ratih Widiastuty

Ketika membaca cerita pendek atau cerpen pasti seringkali kita akan terhanyut suasana yang ada di dalam cerpen. Oleh karena itu, cerpen bisa dijadikan sebagai bahan bacaan untuk mengisi waktu luang, sehingga tidak menjadi bosan.

Keseringan membaca cerpen, terkadang membuat seseorang penasaran bagaimana caranya membuat atau menulis cerpen. Pastinya kita juga akan senang ketika cerpen yang sudah ditulis dibaca oleh banyak orang. Namun, untuk membuat cerpen bisa dibilang susah-susah gampang, sehingga dibutuhkan suatu keuletan agar tidak mudah menyerah.

Untuk menghasilkan cerpen yang bagus bagi pemula, sebaiknya bisa mengenal beberapa contoh cerpen. Dengan begitu, penulisan cerpen akan mudah untuk diselesaikan dengan baik dan benar.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, kita langsung saja membahas cara membuat cerpen untuk para pemula.

Cara Membuat Cerpen

1. Melakukan Observasi

Dalam membuat suatu karya sastra yang bagus dibutuhkan observasi. Dalam hal in, observasi dapat dilakukan dengan cara melihat suatu peristiwa yang dialami oleh diri sendiri atau orang lain.

Ketika kamu ingin membuat cerpen berdasarkan pengalaman pribadi orang lain, sebaiknya meminta izin dulu kepada yang bersangkutan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman, sehingga cerpen tetap bisa dibaca dengan asyik.

2. Menentukan Ide atau Tema

Setiap bentuk karya sastra yang ditulis pasti memiliki tema, sehingga ketika kamu ingin menulis cerpen perlu untuk menentukan tema. Adanya tema ini akan memudahkan kamu dalam menentukan tokoh hingga alur cerita.

Biasanya tema bisa muncul karena melihat contoh cerpen dan bisa juga karena keinginan sendiri. Adapun beberapa tema pada cerpen, seperti motivasi, sosial, komedi, romantis, horor, dan lain-lain.

3. Menentukan Judul

Sudah mendapatkan tema, kamu bisa menentukan judul cerpen. Oh iya, dalam menentukan judul, kamu harus bisa pastikan kalau judul sesuai dengan cerita dalam cerpen. Dengan begitu, pembaca tidak akan kecewa ketika membaca cerpen yang kamu tulis.

Namun, bagi sebagian orang ada juga yang lebih suka menentukan judul setelah menyelesaikan cerita pendek. Menentukan judul sebelum atau sesudah menyelesaikan cerpen sama-sama bagus selama masih menggambarkan isi cerita.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Membentuk Tokoh dan Penokohan

Langkah selanjutnya untuk membuat novel adalah membentuk tokoh dan penokohan. Dalam melakukan hal ini, kamu harus bisa berimajinasi tokoh seperti apa yang bisa membangun suasana cerita. Selain itu, nama tokoh juga harus diperhatikan agar pembaca tidak bosan ketika membacanya.

Bukan hanya tokoh saja, tetapi karakter dari tokoh atau penokohan dalam cerpen harus diperhatikan juga. Penokohan ini bisa dijelaskan secara langsung atau melalui para tokoh-tokoh yang ada.

5. Membuat Alur Cerita

Cerpen tanpa alur cerita akan terasa kurang seru. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat alur cerita yang kamu inginkan. Alur cerita bisa membuat pembaca terasa senang ketika membacanya dan bisa juga terasa bosan ketika membacanya.

Biasanya alur cerita yang digunakan, yaitu (1) pengenalan, (2) muncul konflik, (3) puncak konflik (klimaks), konflik mulai mereda (anti klimaks), dan penyelesaian.

6. Menentukan Latar

Dalam membuat cerpen kamu perlu menentukan latar yang tepat, baik itu latar waktu, latar tempat, latar peristiwa, dan lain-lain. Penentuan latar ini sebaiknya disesuaikan dengan tema yang sudah kau tentukan, sehingga suasana cerita tetap bisa terbentuk. Selain disesuaikan dengan tema, latar juga perlu disesuaikan dengan tokoh dan penokohan agar karakter dari setiap tokoh tetap tampak.

7. Memilih Sudut Pandang Cerita

Setiap penulis cerpen pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, salah satu ciri khas itu dapat kita lihat pada sudut pandang cerpen. Begitu juga, dengan kamu yang ketika menulis cerpen, sebaiknya bisa menentukan sudut pandang yang tepat. Akan tetapi, penulis cerpen biasanya menggunakan sudut pandang orang pertama dengan subjek, aku atau saya.

8. Membuat Kerangka Cerita

Kerangka cerita menjadi langkah kedelapan dalam membuat cerpen. Kerangka cerita ini sangat membantu kamu dalam menyelesaikan cerpen yang dibuat. Kerangka ini bisa kamu kembangkan menjadi cerpen yang lebih menarik dan kamu bisa melihat mana bagian yang harus dihilangkan dan bagian mana yang harus ditambahkan.

Jadi, ketika ingin membuat cerpen, sebaiknya kamu membuat kerangka karangan terlebih dahulu agar bisa menghasilkan cerpen yang menarik dan tidak membosankan.

9. Menulis dengan Bahasa yang Sesuai Cerita

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, barulah kamu menulis atau membuat cerpen dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan cerita, mengapa begitu? Karena bahasa bisa sangat memengaruhi suasana cerita.

Itulah beberapa cara membuat cerpen bagi pemula. Namun, terkadang bagi sebagian orang sudah memiliki cara sendiri dalam membuat cerpen. Meskipun begitu, bagaimanapun caranya, sebaiknya disesuaikan dengan kenyamanan kamu ketika menulis cerpen.

Grameds bisa belajar cara membuat cerpen melalui buku "Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis" agar bisa menemukan ide yang jelas, orisinil dan kreatif.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com