Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Modal Minim tapi Tetap Menguntungkan

Kompas.com - 14/03/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bisnis Ala Milenial
Pengarang: Salsabiela
|
Editor Almira Rahma Natasya

Banyaknya tugas yang harus dicetak, biaya kegiatan praktikum atau organisasi yang perlu dibayar, dan lain-lain, terkadang membuat pengeluaran selama perkuliahan cukup menguras kantong.

Belum lagi jika kamu adalah mahasiswa yang tinggal di perantauan dan mengalami keterlambatan pengiriman uang saku dari orang tua.

Selain memikirkan tugas dan kewajiban kuliah, kamu pun jadi harus memutar otak untuk bisa mengelola uang di tengah banyaknya kebutuhan yang perlu dilunasi.

Namun, bagi kamu mahasiswa kreatif yang mau berusaha, terdapat berbagai ide bisnis atau usaha yang bisa kamu jalankan untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Berikut adalah beberapa ide bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan kuliah.

4 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Minim

1. Reseller/Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper merupakan salah satu bisnis yang populer dilakukan oleh banyak orang, terutama di era digital seperti saat ini.

Coba perhatikan lingkungan sekitar kamu dan analisa barang atau produk apa yang sekiranya banyak dicari oleh orang-orang saat ini.

Setelah menentukan produk yang ingin dipasarkan, kamu tinggal mencari supplier atau tangan pertama di mana kamu bisa mendapatkan barang tersebut untuk dijual kembali.

Kamu bisa memulainya dengan menawarkan kepada teman atau orang-orang di sekitar kamu.

Jika memiliki waktu luang, kamu pun bisa memasarkan produk yang kamu jual secara online melalui media sosial atau e-commerce.

Dengan begitu, kamu akan memiliki pasar yang lebih luas dan bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar.

2. Bisnis Pulsa Elektrik

Dengan kebutuhan setiap orang akan akses internet, bisnis pulsa elektrik bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Namun, kamu pun perlu berhati-hati untuk tidak selalu membiarkan teman atau orang-orang terdekat berhutang saat membeli pulsa.

Karena dengan begitu, bukannya memperoleh keuntungan tetapi justru kamu akan dirugikan.

Jika bisa mengelola bisnis pulsa elektrik ini dengan baik, kamu bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan kemudahan untuk melakukan pengiriman uang melalui m-banking atau dompet digital saat ini, bukannya tidak mungkin kamu juga bisa menawarkan dan menjual pulsa kamu secara online.

3. Menjadi Pengajar atau Tutor

Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online akibat adanya pandemi Covid-19 saat ini banyak membuat anak-anak sekolah merasa kesulitan untuk bisa memahami pelajaran.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebagian orang tua akhirnya memutuskan untuk memberikan les atau memanggil seorang pengajar agar bisa membantu anaknya belajar dan menyelesaikan tugas sekolah.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi tutor dan mengajarkan pelajaran sekolah yang kamu kuasai kepada tetangga-tetangga di sekitar yang membutuhkannya.

Selain menjadi tutor untuk anak sekolah, jika kamu memiliki IPK yang baik, kamu pun bisa memberikan bimbingan belajar kepada mahasiswa yang kesulitan dalam mata kuliah-mata kuliah tertentu.

Kamu juga bisa menawarkan pembelajaran ini untuk dilakukan secara online melalui Zoom atau Google Meet.

4. Memberikan Jasa Penerjemah/Desain/Menulis Konten/Membuat Website

Kamu bisa memanfaatkan bidang keahlian kamu di perkuliahan untuk memperoleh keuntungan dan pendapatan tambahan.

Jika kamu merupakan mahasiswa di bidang sastra, maka kamu bisa menawarkan jasa untuk menjadi penerjemah bahasa yang kamu kuasai, seperti Bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan lain-lain.

Jika kamu berkuliah di jurusan DKV, desain produk, atau desain grafis, maka kamu pun bisa menawarkan keahlian kamu di bidang desain ini melalui platform-platform freelance.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website, berbakat dalam menulis konten atau fotografi, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa ide untuk memulai usaha atau bisnis yang memungkinkan untuk kamu jalankan sebagai seorang mahasiswa.

Selain ide-ide bisnis yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa mendapatkan gambaran lebih luas mengenai usaha menguntungkan yang bisa kamu lakukan dengan membaca buku Bisnis Ala Milenial yang ditulis oleh Salsabiela.

Buku ini memang diperuntukkan bagi para mahasiswa yang masih menjalani masa perkuliahan, namun ingin memulai bisnis atau usaha tanpa perlu mengorbankan kewajiban belajarnya di kampus.

Ada 13 bab yang dipaparkan di dalam buku ini, diawali dengan karakter mahasiswa saat ini, bisnis ala generasi milenial, strategi keuangan anak kos, kuliah sambil kerja, syarat berbisnis, trik untuk sukses, dan lain-lain.

Banyak ide-ide bisnis yang dibagikan oleh penulis, seperti bisnis jasa, bisnis online, bisnis produk, dan bisnis jasa kreatif, yang semuanya dilakukan ala-ala generasi milenial saat ini.

Dengan penulisan yang ringan dan mudah dipahami, kamu akan memperoleh banyak inspirasi untuk menjalankan bisnis atau usaha dari materi-materi yang dibagikan di dalam buku.

Kamu bisa mendapatkan buku Bisnis Ala Milenial ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com