Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Bisnis Konter Pulsa, Peluang Usaha yang Menjanjikan Penghasilan Menguntungkan

Kompas.com - 03/02/2022, 09:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Mindfulness-Based Business: Berbisnis dengan Hati
Pengarang: Sudhamek AWS
|
Editor Ratih Widiastuty

Menjalankan bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat seperti saat ini, menyulitkan beberapa orang untuk memilih jenis bisnis yang tepat sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan, sehingga dibutuhkan kehati-hatian sebelum menentukan untuk memutuskan membuka bisnis.

Beragamnya peluang yang hadir saat ini juga tidak kalah menghadirkan banyak ide bisnis yang dapat dipilih oleh kamu sebagai sumber pendapatan yang bisa menghasilkan uang dengan cukup menjanjikan.

Lihat apa yang orang banyak butuhkan dan perlukan sebagai penunjang kegiatan mereka sehari-hari sebagai ide bisnis yang bisa kamu realisasikan, salah satunya adalah konter pulsa, di mana kini setiap orang pasti memiliki telepon seluler dan pastinya membutuhkan pulsa untuk mobilitasnya.

Kebutuhan orang akan pulsa teramat sangat beragam, mulai dari pulsa untuk menelepon, mengirim pesang singkat, video call, hingga untuk mengakses media sosial, sehingga permintaan orang-orang akan pulsa sangatlah tinggi.

Dengan membuka bisnis konter pulsa, kamu dapat menjaring banyak konsumen yang tentunya tidak hanya memerlukan pulsa, tapi juga keperluan lainnya yang berhubungan dengan telepon seluler, seperti aksesorisnya, nomor telepon, paket internet, hingga menjual telepon seluler itu sendiri.

Banyak peluang dan jenis dagangan yang dapat kamu tawarkan ketika akan membuka bisnis konter pulsa.

Berikut enam tips bisnis konter pulsa yang bisa kamu terapkan.

6 Tips Bisnis Konter Pulsa

1. Cari Supplier Saldo Pulsa yang Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis konter pulsa, pertama-tama hal yang harus kamu lakukan adalah mencari distributor atau supplier saldo pulsa yang bisa dipercaya agar kegiatan bisnis bisa lancar.

Cari agen pulsa yang dapat memenuhi permintaan kamu, seperti pengisian saldo pulsa yang cepat hingga memenuhi jumlah saldo pulsa yang kamu minta.

Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk bekerja sama dengan agen pulsa tersebut.

2. Tetapkan Harga Jual Pulsa

Setelah mendapatkan agen pulsa yang terpercaya, langkah berikutnya adalah menetapkan harga pulsa yang akan kamu jual agar bisa menghasilkan laba sebagai keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Jika memungkinkan, lakukan survei kecil-kecilan terhadap pesaing yang ada di daerah tempat kamu berada agar bisa menentukan selisih harga yang bersaing, tapi masih bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

3. Pilih Lokasi Konter Pulsa yang Strategis

Lokasi atau tempat kamu berjualan nantinya juga sangat penting untuk dipikirkan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan pelanggan yang banyak, sebab percuma saja jika kamu membuka bisnis konter pulsa di tempat yang di mana para penghuninya masih jarang menggunakan telepon seluler.

Lokasi yang strategis untuk berjualan pulsa biasanya terletak di dekat kampus atau kantor, karena biasanya mahasiswa dan pegawai kantoran akan sangat membutuhkan pulsa untuk memudahkan mobilitas kegiatan mereka sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Jangan Membiasakan Sistem Kasbon

Hindari dan buang jauh-jauh sistem kasbon atau utang kepada pelanggan yang akan membeli saldo pulsa di konter kamu, karena jika mereka memilih untuk menunda pembayaran saat membeli pulsa, kondisi keuangan bisnis kamu pun akan tersendat.

Jangan membiasakan untuk mengizinkan pelanggan kasbon atau mengutang saat membeli pulsa, karena nantinya selain buku keuangan kamu akan membengkak, biasanya akan ada rasa sungkan saat akan menagih, sehingga hubungan kamu dan pelanggan pun jadi kurang baik.

5. Sedikit Demi Sedikit, Mulailah Menjual Varian Dagangan Lainnya

Setelah bisnis konter pulsa kamu mulai dirasa lancar, kini kamu bisa mempertimbangkan untuk menambah jenis dagangan lainnya yang masih berhubungan dengan telepon seluler, seperti aksesoris handphone, paket kuota internet, hingga menjual telepon seluler itu sendiri.

Dengan beragamnya jenis dagangan yang kamu tawarkan, pelanggan akan merasa semakin nyaman untuk membeli keperluan telepon genggam mereka di konter pulsa yang kamu jalankan.

6. Pilih Strategi Promosi yang Mudah dan Efektif

Terakhir, agar bisnis konter pulsa kamu bisa terus bertahan dan berkembang, carilah strategi promosi yang pas dan efektif dalam mendongkrak penjualan agar bisnis konter pulsa kamu dapat memiliki pelanggan setia yang banyak.

Promosi dari mulut ke mulut dan melalui media sosial biasanya cukup efektif dalam menjaring pelanggan.

Usahakan pula untuk menjalin hubungan yang baik dan ramah dengan pelanggan agar mereka dapat merekomendasikan konter pulsa kamu ke orang lain.

Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah mulai tertarik untuk membuka bisnis konter pulsa?

Jika iya, buku berikut ini bisa menjadi penunjang dalam membantu kamu berbisnis agar semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Buku Mindfulness-Based Business: Berbisnis dengan Hati merupakan buku bisnis yang ditulis oleh pimpinan utama Garudafood, Sudhamek Aws, sehingga isinya tidak perlu diragukan lagi dan bisa sangat membantu kamu untuk menjalankan bisnis dengan hati.

Di sini, penulis mampu memadukan antara bisnis dengan prinsip etika dan kemanusiaan yang menghasilkan ilmu bisnis yang tidak hanya menginspirasi, tapi juga bermanfaat untuk pola pikir dalam menjalankan bisnis kamu ke depannya.

Berbisnis bukan hanya soal mencari keuntungan, tapi juga harus memakai hati dan kesadaran dalam menjalankannya, agar bisa berjalan dengan seimbang serta bermanfaat bagi banyak orang.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan selamat membuka bisnis konter pulsa dengan hati.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com