Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain Sambil Belajar, Berikut Rekomendasi Mainan yang Mendidik untuk Anak

Kompas.com - 13/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Wild Symphony
Pengarang: Dan Brown
|
Editor Ratih Widiastuty

Istilah golden age atau usia emas merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang penting bagi seorang anak, di mana saat itu sel-sel otaknya berkembang dengan sangat pesat hingga mencapai 80 persen.

Pada usia ini, otak anak mampu menyerap dan menerima berbagai macam informasi yang diberikan kepadanya.

Sebagai orang tua tentunya kamu ingin memaksimalkan periode ini untuk bisa mengajarkan dan menumbuhkan potensi yang dimiliki oleh anak.

Namun, di usianya yang masih sangat dini, anak-anak cenderung lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain dan juga bersenang-senang dibandingkan untuk belajar.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan kegiatan bermain untuk menstimulasi perkembangan anak dengan memberikan mainan yang edukatif.

Dengan begitu, anak pun jadi bisa tetap bermain dan bersenang-senang, tapi juga sekaligus belajar dan meningkatkan kecerdasannya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan yang edukatif dan bisa mendidik anak untuk mengembangkan keterampilan yang dimilikinya.

Rekomendasi Mainan yang Mendidik untuk Anak

1. Puzzle Alfabet dan Angka

Puzzle alfabet dan angka bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan huruf serta angka kepada anak sejak dini.

Dengan bermain puzzle, anak juga bisa melatih kemampuan berpikirnya untuk mencocokkan huruf dengan gambar yang sesuai.

Seiring dengan bertambahnya umur dan perkembangan anak, kamu juga bisa memberikan permainan puzzle yang lebih rumit untuk melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah dan melatih kesabarannya.

2. Lego

Lego merupakan permainan berupa kepingan-kepingan balok terpisah dan bisa dibentuk menjadi model yang beraneka ragam.

Bermain dengan lego bisa membantu meningkatkan imajinasi serta kreativitas anak untuk membentuk model-model unik sesuai dengan yang mereka inginkan.

Jika masih merasa kesulitan untuk membayangkan model tertentu, biasanya juga disediakan panduan untuk membangun bentuk-bentuk yang umum, seperti hewan, kendaraan, dan lain-lain.

3. Sepeda atau Skuter

Kegiatan fisik seperti bermain sepeda, skuter atau sepatu roda merupakan permainan favorit bagi sebagian anak-anak.

Selain untuk mengasah kemampuan motorik, anak-anak pun bisa menikmati kegiatan di luar ruangan dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan sepeda atau skuter yang mereka kendarai.

Jika di dekat tempat tinggal kamu terdapat taman yang biasa digunakan untuk bermain, biarkan anak kamu bersepeda mengelilingi taman tersebut sambil berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Alat Musik Mainan

Alat musik mainan bisa menjadi sarana untuk mengenalkan musik kepada anak sejak usia dini.

Anak jadi bisa belajar mengenai nada dan melatih kepekaan saraf pendengarannya.

Dengan semakin bertambahnya usia anak, kamu pun bisa mengajarkan lagu-lagu anak sederhana yang bisa dimainkannya, seperti Bintang Kecil atau lagu Kring Ada Sepeda.

Bermain alat musik juga bisa menjadi stimulasi untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri anak serta mempertajam pikirannya.

5. Permainan Profesi

Selain untuk mengenalkan berbagai macam profesi atau pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anak ketika mereka dewasa nanti, permainan profesi juga bisa meningkatkan daya imajinasi dan melatih mereka untuk berpikir kreatif.

Kamu bisa memberikan mainan stetoskop agar anak berperan sebagai dokter, memberikan mic untuk menjadi penyanyi, atau papan tulis supaya anak bisa berpura-pura menjadi seorang guru.

Kamu pun bisa turut berpartisipasi dalam dunia imajinasi yang dibangun oleh anak dengan memainkan peran sebagai seorang pasien atau murid.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan yang mendidik untuk anak agar mereka bisa bermain sekaligus belajar dengan cara yang menyenangkan.

Selain melalui permainan, kamu juga bisa menstimulasi perkembangan anak dengan membacakan buku cerita yang menarik untuk mereka.

Buku Wild Symphony yang ditulis oleh Dan Brown bisa menjadi buku pilihan yang memuat banyak nilai-nilai kehidupan, seperti kebijaksanaan, kebaikan, kesabaran, dan rasa hormat yang bisa dipelajari oleh anak.

Buku ini menceritakan mengenai seorang konduktor tikus yang merekrut hewan-hewan lainnya untuk tampil bersama di sebuah orkestra.

Selain menuliskan buku dengan cerita dan ilustrasi yang menarik, buku ini juga dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan iringan musik orkestra yang bisa kamu dengarkan bersama anak melalui aplikasi pendukung yang bisa kamu unduh.

Dan Brown yang terkenal dengan kepiawaiannya dalam menulis novel misteri dan konspirasi pun tidak lupa menyelipkan teka-teki untuk dipecahkan oleh anak di dalam buku ini.

Terdapat kode-kode tersembunyi berupa huruf acak yang bisa memberikan petunjuk jika disusun dengan tepat dan benar.

Selain mengandung banyak pesan moral, buku ini juga bisa mengasah kecerdasan auditori, intelektual, serta musikal anak.

Kamu bisa mendapatkan buku Wild Symphony ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com