Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas Permainan untuk Anak-Anak yang Bisa Meningkatkan Kreativitas

Kompas.com - 10/03/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Fun Activity Book; Mewarnai Dan…
Pengarang: Tim Redaksi
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat pertumbuhan buah hati semakin pesat, dibutuhkan permainan yang selain membuat mereka terhibur, tapi juga mampu mengasah kreativitas, agar perkembangan otak mereka bisa berjalan secara selaras.

Mungkin, di era digital seperti saat ini banyak orang tua yang alih-alih mengenalkan permainan yang mengasah kreativitas, malah memperkenalkan anak-anak mereka untuk bermain gadget dengan alasan kepraktisan.

Padahal di balik aktivitas buah hati selama bermain gadget, terdapat bahaya yang menyertainya juga, seperti kecanduan permainan, tontonan yang mungkin tidak mendidik, hingga bahaya lainnya jika tidak dibarengi dengan kontrol yang nyata dari orang tua.

Oleh karenanya, alangkah jauh lebih baik jika memperkenalkan anak-anak pada aktivitas permainan yang melibatkan mereka secara langsung tanpa perantara dunia virtual untuk melakukannya.

Selain mengurangi ketergantungan terhadap gadget, aktivitas permainan yang mengasah kreativitas juga melibatkan interaksi antara orang tua dan buah hati agar terjalin komunikasi yang semakin memperkuat hubungan.

Aktivitas permainan apa saja yang bisa kita kenalkan kepada anak-anak sebagai media untuk mengasah kreativitas? Berikut lima aaktivitas permainan anak-anak yang bisa meningkatkan kreativitas.

5 Aktivitas Permainan Anak-Anak yang Bisa Meningkatkan Kreativitas

1. Menggambar

Ajak si kecil untuk menggambar alih-alih bermain ponsel, karena dengan menggambar anak-anak akan terdorong untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan dalam sebuah goresan di atas kertas.

Aktivitas menggambar juga bisa mengasah kreativitas dan bisa dibuat menarik dengan memberikan tema khusus kepada si kecil, seperti binatang, pemandangan, atau bunga.

2. Bermain Asah Otak dan Teka-teki

Ada beberapa jenis permainan yang bisa dipilih bersama buah hati untuk membunuh waktu sekaligus mengembangkan kreativitas, seperti menyusun puzzle, lego, atau bermain ABC lima dasar.

Permainan-permainan ini mampu mengajak otak anak turut serta untuk aktif, sehingga bisa mengasah kreativitas sekaligus menjadi cara yang tepat untuk mempererat hubungan anak dan orangtua.

3. Bermain Tebak-tebakan

Permainan menarik lainnya yang mampu meningkatkan kreativitas pada anak adalah permainan tebak-tebakan yang dijamin akan memberikan suasana yang seru, menggembirakan, dan penuh canda tawa.

Saat anak mencoba untuk menebak gerakan yang dilakukan oleh orangtua, mereka akan dipaksa untuk berpikir sehingga otak akan ikut andil dalam aktivitas permainan yang satu ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Masak-masakan

Aktivitas permainan yang satu ini memang menjadi salah satu permainan untuk anak-anak yang paling banyak dilakukan secara bergenerasi-generasi, sebab selain anak dituntut untuk aktif, mereka juga harus berpikir dalam mengolah menu apa yang akan dibuat.

Permainan masak-masakan akan menuntut kreativitas dan interaksi yang mengharuskan mereka untuk menjalin komunikasi, baik dengan teman sebaya maupun orang tua, sehingga mampu mengasah kemampuan bersosialisasi.

5. Mewarnai

Mewarnai adalah aktivitas permainan yang menyenangkan, menenangkan, dan mengasah kreativitas karena anak-anak harus menentukan pilihan warna yang tepat serta menuntut ketelitian saat akan melakukannya.

Apalagi, kini sudah banyak pilihan buku mewarnai yang hadir untuk dapat dipilih dan digunakan untuk menghindari rasa jenuh jika gambar yang ditampilkan terlihat monoton.

Kelima aktivitas permainan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi kamu untuk mengajak anak bermain sekaligus mengasah kreativitas, sebab bukan hanya menuntut aktivitas fisik, tapi juga kemampuan otak yang turut diajak serta di dalamnya.

Jika kamu memilih mewarnai sebagai pilihan, buku yang satu ini rasanya akan sangat cocok untuk meningkatkan kreativitas anak.

Buku Fun Activity Book: Mewarnai dan Menempel Stiker Alat Berat yang di dalamnya terdapat 23 jenis kendaraan dan alat berat yang disertai dengan stiker tempel yang menarik dan berwarna.

Buku ini akan memperkenalkan nama-nama kendaraan dan alat berat sekaligus bentuk dan warna yang selain edukatif juga mampu mengasah kreativitas anak dalam mewarnai berbagai gambar yang tersedia di dalamnya.

Aktivitas mewarnai bisa mengasah kemampuan motorik halus dan kreativitas anak, mengenalkan perbedaan warna, melatih fokus dan konsentrasi, hingga memperkaya kosakata.

Buku Fun Activity Book: Mewarnai dan Menempel Stiker Alat Berat bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com dan selamat melakukan aktivitas permainan bersama buah hati.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com