Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjadi Saitama Supaya Kuat yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah di Rumah

Kompas.com - 12/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: IMDB.com
Rujukan artikel ini:
One Punch Man 01
Pengarang: One & Yusuke Murata
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bagi kamu para pecinta komik asal Jepang, mungkin sudah tidak asing lagi saat mendengar nama Saitama.

Ia adalah tokoh pahlawan terkuat di dunia dalam seri komik One Punch Man yang bisa mengalahkan lawan-lawannya dengan hanya satu kali pukulan saja.

Pada awalnya, Saitama hanyalah manusia biasa yang terobsesi untuk menjadi seorang pahlawan.

Suatu hari ketika akan pergi bekerja, ia bertemu dengan seorang anak yang akan diserang oleh seekor monster jahat.

Saitama pun berusaha melindungi anak tersebut dan melawan monster itu dengan susah payah hingga dirinya terluka.

Sejak saat itulah, Saitama memulai program latihan fisiknya hingga menjadi sangat kuat dan membuatnya lolos untuk bergabung ke dalam Asosiasi Pahlawan sehingga kini ia telah menjadi seorang pahlawan yang diakui.

Karena kekuatannya yang hebat tersebut, tidak hanya karakter lain dalam komik seperti Genos saja yang mengidolakan Saitama, namun juga banyak para pembaca komik yang ingin menjadi kuat layaknya Saitama.

Meskipun kamu mungkin tidak akan pernah menjadi sekuat Saitama, namun kamu tetap bisa mengikuti program latihan yang dilakukannya untuk memiliki tubuh yang kuat dan sehat.

Cara Menjadi Saitama Supaya Kuat

Saitama memiliki program latihan fisik yang dilakukannya setiap hari selama tiga tahun seperti berikut ini:

1. Melakukan Push Up 100 Kali

Melakukan push up sebanyak 100 kali menjadi latihan fisik pertama yang dilakukan oleh Saitama.

Bagi kamu yang belum terbiasa melakukan workout, melakukan push up sebanyak 100 kali tentunya menjadi hal yang sulit dan terlalu berat untuk dilakukan.

Kamu bisa memecahnya menjadi beberapa set dan diselingi dengan istirahat di antaranya, supaya memudahkan kamu untuk melakukannya.

Jika kamu ingin membaginya menjadi 3 set, maka kamu perlu melakukan 33 kali push up untuk set pertama dan kedua, lalu 34 kali push up untuk set terakhir dengan durasi istirahat 2 – 3 menit di antara tiap set.

Jika dirasa masih terlalu berat, kamu bisa menambahkan lagi menjadi 5 set, sehingga kamu hanya membutuhkan 20 kali repetisi saja untuk tiap setnya dengan durasi istirahat yang sama.

2. Melakukan Sit Up 100 Kali

Latihan kedua yang dilakukan oleh Saitama untuk menjadi kuat adalah dengan melakukan sit up sebanyak 100 kali.

Sama seperti latihan push up sebelumnya, melakukan 100 kali sit up dalam sekali set terkesan terlalu berat, sehingga kamu bisa memecahnya dalam beberapa set.

Untuk minggu pertama, kamu bisa melakukan 5 set dengan masing-masing sebanyak 20 kali repetisi sit up untuk tiap setnya dengan durasi istirahat 2 – 3 menit.

Jika sudah terbiasa, kamu bisa mengurangi jumlah set yang diperlukan menjadi sebanyak 3 set dengan repetisi sit up 33 kali untuk set pertama dan kedua, serta 34 kali sit up untuk set terakhir dengan durasi istirahat yang sama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan melakukan latihan push up dan sit up ini, kamu akan menambah dan membentuk massa otot tubuh pada bagian atas dan perut, sekaligus membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

3. Melakukan Squat 100 Kali

Latihan selanjutnya yang dilakukan oleh Saitama untuk menjadi pahlawan super yang kuat adalah melakukan squat sebanyak 100 kali.

Sama seperti saat melakukan push up dan sit up sebelumnya, kamu juga bisa memecahnya ke dalam beberapa set untuk mencapai repetisi sebanyak 100 kali saat melakukan squat.

Jika latihan push up dan sit up dilakukan untuk melatih otot tubuh bagian atas dan perut, latihan squat dilakukan untuk melatih otot-otot di bagian kaki.

Dengan melakukan ketiga latihan yang dilakukan oleh Saitama ini saja, kamu sudah melatih seluruh otot-otot tubuh kamu untuk menjadi lebih kuat.

4. Lari 10 Km

Latihan fisik terakhir yang dilakukan oleh Saitama untuk melatih tubuhnya menjadi lebih kuat adalah dengan melakukan lari sejauh 10 km.

Bagi orang awam yang bukan seorang atlet ataupun bekerja sebagai polisi dan TNI, melakukan jogging sejauh 10 km dalam sekali latihan merupakan hal yang cukup mustahil.

Selain terlalu jauh, berlari dengan jarak 10 km juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebagai solusinya, kamu bisa menargetkan jarak 10 km sebagai target jogging yang ingin kamu raih dalam kurun waktu satu minggu saja.

Kamu bisa melakukan jogging sejauh 2,5 km atau kurang lebih sekitar 10 menit untuk tiap latihannya, sehingga kamu akan mencapai jarak 10 km setelah 4 hari melakukan jogging.

Jika mulai terbiasa, kamu bisa menambahkan jarak tempuhnya menjadi 3 – 5 km untuk tiap kali latihan jogging yang kamu lakukan.

Nah, itulah keempat latihan fisik yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menjadi kuat seperti Saitama.

Meskipun Saitama melakukan latihan fisik tersebut setiap hari, namun kamu hanya perlu melakukannya sebanyak 3 – 4 kali saja dalam seminggu.

Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera yang bisa terjadi karena kelelahan dalam melakukan latihan fisik yang berlebihan.

Menurut WHO dalam panduan mengenai Global Recommendations on Physical Activity for Health, durasi yang dianjurkan bagi orang usia dewasa yang sehat untuk berolahraga adalah 150 menit per minggu.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti jejak Saitama, kamu bisa mendapatkan seri komik One Punch Man ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan untuk borong semua volume One Punch Man. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com