Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Deposito Harus Setor Tiap Bulan? 

Kompas.com - 02/05/2024, 18:00 WIB
Apakah Deposito Harus Setor Tiap Bulan  Sumber Gambar: Freepik.com Apakah Deposito Harus Setor Tiap Bulan 
Rujukan artikel ini:
Make It Happen, Now!
Pengarang: Prita Hapsari Ghozie
|
Editor Ratih Widiastuty

Mengelola finansial yang dimiliki saat ini tentunya memerlukan berbagai perencanaan dan pertimbangan yang matang.

Tidak hanya mengalokasikan dana untuk kebutuhan saat ini dan perencanaan ke depan, kita pun perlu menyiasati dana yang dimiliki dari inflasi yang selalu terjadi setiap tahunnya.

Hal ini dilakukan supaya dana yang dimiliki tidak hanya aman serta terencana untuk kebutuhan di masa mendatang, tapi juga aman dari inflasi yang tidak bisa ditolak kehadirannya.

Oleh karena itu, kita mesti pintar untuk memakai berbagai cara lain selain menabung, sebab apabila hanya mengandalkan tabungan, suku bunga yang didapatkan tidak mampu menyiasati nilai inflasi yang terjadi.

Ada beberapa opsi yang dapat dipilih untuk mengatasi hal tersebut.

Salah satunya adalah dengan menginvestasikan dana yang ada ke berbagai instrumen investasi yang bisa dipilih.

Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang dapat dijadikan pilihan karena terdapat beragam keuntungan yang ditawarkan jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Beberapa keuntungan yang terdapat pada deposito antara lain seperti suku bunga yang cenderung tinggi apabila dibandingkan dengan tabungan, dan risiko yang lebih kecil jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti saham.

Akan tetapi, sebelum memutuskan memilih deposito sebagai instrumen investasi, alangkah jauh lebih baik untuk memahami dan mempelajarinya terlebih dahulu.

Pengertian Deposito

Deposito merupakan produk penyimpanan uang yang ditawarkan oleh pihak bank melalui sistem penyetoran yang dilakukan di awal serta mempunyai ketentuan penarikan.

Nasabah hanya dapat melakukan penarikan berdasarkan dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Sederhananya, deposito adalah instrumen investasi perbankan yang mempunyai tingkat pengembalian lebih tinggi dari tabungan pada umumnya.

Akan tetapi, apabila nasabah memilih deposito, maka mereka dapat secara bebas mengambil dana di dalamnya layaknya tabungan biasa.

Deposito mempunyai beberapa pilihan jangka waktu penyimpanan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan serta preferensi masing-masing.

Pada umumnya jangka waktu yang ditawarkan adalah mulai dari 1, 3, 6,12, hingga 24 bulan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berdasarkan jangka waktu yang dipilih, maka dana yang disetorkan akan disimpan dan tidak bisa ditarik sampai jangka waktu tersebut berakhir.

Selanjutnya, saat sudah jatuh tempo atau jangka waktu tersebut berakhir maka nasabah akan menerima keseluruhan uang yang telah disetorkan beserta bunga yang diperoleh berdasarkan ketetapan bank yang dipilih.

Apakah Deposito Harus Setor Setiap Bulan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, deposito merupakan produk simpanan berjangka dengan sistem penyetoran dan pencairannya cuman dapat dilakukan pada waktu tertentu.

Oleh karena itu, deposito biasanya tak perlu dibayar tiap bulan .

Akan tetapi, nasabah dapat mendapatkan keuntungan dari bunga deposito setiap bulan yang akan diakumulasikan saat sudah memasuki jatuh tempo.

Ketika melakukan penyetoran lewat produk deposito, nasabah harus menyetorkan sejumlah dana pada pihak bank yang akan disimpan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Ketika jangka waktu deposito telah usai, nasabah dapat menentukan untuk menarik dana pokok dan bunga deposito atau memperpanjangnya dengan periode yang baru.

Kesimpulannya, nasabah hanya perlu menyetor dana satu kalo di awal saja, yaitu saat membuka rekening deposito.

Dana yang disetorkan di awal ini disebut sebagai dana pokok.

Alih-alih rutin menyetorkan dana tiap bulan, nasabah justru malah akan memperoleh keuntungan bunga setiap bulannya yang akan diakumulasikan saat jatuh tempo.

Mempelajari dan memahami ilmu finansial memang mutlak dibutuhkan supaya hidup bisa lebih aman dan sejahtera.

Buku Make It Happen, Now! merupakan buku yang merangkum tahapan-tahapan dalam perencanaan finansial demi mewujudkan mimpi dengan cara terbaru.

Dirangkum dengan bahasa yang membumi serta ilustrasi yang menarik, buku ini ditujukan khususnya bagi kalangan muda yang peduli dengan masa depan mereka.

Buku ini berisi banyak kisah serta pengalaman inspiratif dalam financial journey seorang Prita Ghozie, ragam cerita dari #TemanPrita, dan juga dari sosok Analisa Widyaningrum, Merry Riana, dan Moza Pramita yang mewakili generasi junior milenial, senior milenial, dan generasi X.

Pesan bukunya di Gramedia.com sekarang juga!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com