Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 10 Rekomendasi Novel Fantasi Seru Bulan Desember 2023 Berikut Ini

Kompas.com - 12/12/2023, 14:05 WIB
10 Novel Fantasi Rekomendasi November 2023 Sumber Gambar: Freepik.com  10 Novel Fantasi Rekomendasi November 2023
Rujukan artikel ini:
Keajaiban Toko Kelontong Namiya
Pengarang: Keigo Higashino
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Membaca novel bergenre fantasi selalu mampu membawa pembaca berpetualang ke dalam imajinasi yang tak terbatas.

Kisah para penyihir dan monster jahat, petualangan melintasi ruang dan waktu, dan bertemu dengan banyak makhluk aneh adalah tiga dari sekian banyak plot cerita yang sering muncul dalam novel fantasi.

Saat ini, novel fantasi telah berhasil menyuguhkan kisah-kisah tidak terduga yang mampu mengundang imajinasi para pembaca.

Tak perlu terlalu dalam, cerita-cerita fantasi rasanya memang sulit untuk dipikir dengan logika dunia nyata.

Kalau membutuhkan bacaan yang seru, berikut adalah rekomendasi novel fantasi populer yang wajib kamu baca.

10 Rekomendasi Novel Fantasi Populer

1. Keajaiban Toko Kelontong Namiya – Keigo Higashino

Keigo Higashino seperti tak pernah kehabisan akal, ia selalu berhasil menyuguhkan karya-karya terbaik yang bisa dinikmati oleh para pembacanya.

Novel ini bercerita tentang tiga orang pemuda berandal yang bersembunyi di sebuah toko tak berpenghuni, tepat setelah mereka melakukan aksi pencurian.

Di tengah persembunyian, mereka tiba-tiba menemukan sepucuk surat misterius yang diselipkan ke dalam toko, saat dibuka, surat itu berisi permintaan saran.

Tak pernah disangka, surat aneh itu akan membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu, di mana mereka akan menggantikan peran kakek pemilik toko tersebut.

Masih berada dalam kebingungan, ketiga pemuda itu memiliki tugas untuk memberikan nasihat dan saran kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Berbagai pengalaman baru yang aneh itu pelan-pelan mengubah kehidupan tiga pemuda itu, mereka akan memberikan pembelajaran hidup melalui masalah-masalah yang setiap hari berdatangan ke dalam toko.

Novel fantasi yang dibalut slice of life ini akan membuat kamu terharu sampai bercucuran air mata.

2. The Shark Caller: Sang Pemanggil Hiu – Zillah Bethel

Di sebuah desa kepulauan yang indah bernama Kepulauan Tok Pisin, kamu akan bertemu dengan Blue Wing dan pengasuhnya, Siringen.

Uniknya, Siringen memiliki kemampuan untuk memanggil hiu, kemampuan ini didapatkannya secara turun temurun dari garis keturunan keluarganya.

Mengetahui hal itu, Blue Wing berkali-kali meminta Siringen untuk mengajari teknik memanggil hiu beserta mantra ajaibnya, tapi permintaan itu selalu ditolak.

Siringen tidak mau kalau Blue Wing menggunakan kemampuan itu untuk membalas dendam pada Xok, sosok jahat yang membunuh kedua orang tuanya.

Di tengah keputusasaannya, Blue Wing terpaksa berteman dengan Maple Hamelin, seorang pendatang baru yang menjengkelkan dan sulit ditebak.

Bagaikan minyak dan air, kepribadian Wing dan Hamelin sulit untuk disatukan, kecuali untuk satu alasan.

Saat terdengar desas-desus soal keberadaan harta karun, Blue dan Hamelin sepakat untuk bersatu dan menaklukkan rintangan bersama-sama, di akhir perjalanan itu, mereka juga harus menantang hiu paling mematikan di lautan.

3. Perang Opium (The Poppy War) – R.F. Kuang

Rin adalah anak perempuan cerdas yang berhasil menempati peringkat pertama dan diterima di akademi militer elite Kekaisaran Nikan.

Sayangnya, ia hanya dianggap sebagai anak kampung miskin, membuatnya selalu jadi bahan hinaan teman-temannya.

Tak tahu harus bertindak apa, Rin tiba-tiba mendapati dirinya memiliki kekuatan supernatural yang mematikan bernama ‘Syamanisme’.

Di bawah bimbingan sang guru, Rin jadi tahu kalau dewa-dewa yang selama ini telah dianggap mati, ternyata masih hidup dan bisa ia panggil menggunakan kekuatannya.

Musuh Kekaisaran Nikan yakni Federasi Mugen diam-diam mengintai kekuatan Rin dan secara tiba-tiba menyerang jantung kekuatan Sinegard.

Melihat teman-temannya terbunuh, amarah Rin langsung melonjak, ia mengeluarkan kekuatannya untuk menghabisi para musuhnya.

Kisah Rin masih berlanjut dalam sekuel novelnya yang berjudul Republik Naga (The Dragon Republic).

Dalam novel tersebut, Rin dirundung rasa bersalah atas tindakan keji yang ia lakukan selama Perang Opium, walaupun sebenarnya ia hanya ingin menyelamatkan rakyat Nikan yang ia cintai.

4. Tiga dalam Kayu – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Setiap penulis tentunya memiliki ciri khas dalam membawakan cerita di setiap karyanya.

Tak jarang, pembaca bisa dengan mudah mengenali sosok penulis tertentu dari gaya penulisannya, penggambaran setiap karakternya, atau dari alur cerita yang ditulis dalam bukunya.

Hal ini juga berlaku bagi Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, penulis yang memiliki gaya penceritaan unik, jalan cerita dan situasi dalam bukunya selalu menggunakan perumpamaan dan pengandaian.

Tiga dalam Kayu akan membawamu mengarungi dunia yang tidak adil bagi kaum perempuan, sekaligus juga diperlihatkan tentang bagaimana kuatnya perempuan dalam menjalani berbagai masalah dalam kehidupan.

Novel ini berisi kumpulan cerita pendek yang tidak saling berhubungan, sebab terdapat perbedaan dalam penggambaran setiap tokohnya.

Tapi semakin kamu masuk jauh ke dalam ceritanya, kamu akan menemukan benang merah yang membuatmu semakin takjub dengan isi kepala Ziggy yang ajaib.

Sebagai tambahan, buku ini ditujukan untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas karena ada beberapa cerita yang cukup triggering, misalnya cerita soal pembunuhan brutal yang menimpa salah satu tokohnya.

5. Kita Pergi Hari Ini – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Masih ditulis oleh Ziggy Z, Kita Pergi Hari Ini mengisahkan tentang tiga kakak beradik bernama Mi, Ma, dan Mo.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Karena kesibukan orang tuanya, Mi dan 2 saudaranya dititipkan kepada seorang pengasuh yang tidak biasa, yang lebih dikenal dengan sebutan Kucing Luar Biasa.

Kucing Luar Biasa sebenarnya adalah seekor kucing yang memiliki ciri fisik dan berperilaku seperti manusia normal.

Terkenal baik dan penyayang, Mi, Ma, dan Mo memanggilnya dengan sebutan Nona Gigi.

Saat berada di bawah pengasuhan Nona Gigi, ketiga kakak beradik ini berkenalan dengan si kembar Fufu dan Fifi.

Setelah perkenalan itu, Mi, Ma, dan Mo bersama si kembar memulai petualangannya ke sebuah dunia yang aneh bernama Kota Terapung Kucing Luar Biasa.

Di sana, mereka menemukan beragam hal ajaib dan misterius yang tentunya belum pernah mereka lihat di dunia manusia.

6. Melangkah – J.S. Khairen

Di seluruh wilayah Jawa dan Bali, listrik mengalami pemadaman yang misterius.

Usut punya usut, kejadian ini adalah ancaman akan hadirnya kekuatan baru yang ingin menaklukkan dan menguasai Nusantara.

Di saat yang bersamaan, 4 orang sahabat baru saja mendarat di Sumba dan mendapati bahwa hanya mereka saja yang bisa menyelamatkan masyarakat dari ancaman kedatangan musuh.

Empat orang mahasiswa Ekonomi ini mau tidak mau harus bertarung melawan pasukan berkuda yang bisa melontarkan tenaga listrik, sementara di sisi lain, mereka juga dikagetkan dengan kehadiran buronan tingkat tinggi yang punya rencana mengerikan.

Bersama Aura dan kawan-kawannya, novel ini tak hanya membahas soal persahabatan, tapi juga tentang konflik anak dengan orang tua, masalah logika dan perasaan, serta masalah cita-cita para remaja.

7. Wizard Bakery – Gu Byeong-mo

Setelah ibunya meninggal dunia, seorang anak laki-laki berusia 16 tahun terpaksa tinggal satu rumah dengan ibu dan adik tirinya.

Hubungan mereka tidak pernah baik, si tokoh utama ini justru sering mengalami kekerasan dan ketidakadilan di dalam rumah.

Ia akhirnya memilih kabur ke toko roti langganannya setelah dituduh melakukan kekerasan seksual pada adik tirinya.

Di Wizard Bakery, ia ikut membantu menjual roti-roti via daring.

Tak seperti toko roti pada umumnya, Wizard Bakery ternyata menjual roti-roti ajaib.

Saat memakan roti ini, orang akan merasakan jatuh cinta, sakit hati, galau, bahkan sampai menyebabkan kematian.

Keajaiban yang dimiliki toko ini nantinya akan dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai tujuan, entah itu tujuan yang baik atau buruk.

8. Shadow and Bone: Bayang dan Belulang – Leigh Bardugo

Novel trilogi populer ini telah berhasil menjadi serial yang banyak ditonton di Netflix pada awal tahun 2021.

Menyuguhkan tema pertarungan dengan sekelompok penjahat yang berpacu untuk melakukan aksi pencurian besar, novel ini juga menyelipkan kisah seorang pahlawan wanita.

Inspirasi ceritanya diambil dari mitologi Rusia, tentang seorang remaja perempuan bernama Alina Starkov yang bergabung ke kelompok militer ajaib bernama Grisha.

Sebelumnya, Alina adalah gadis yatim piatu biasa yang tidak punya apa-apa, tapi berkat Grisha, ia berhasil menyadari kekuatan besar yang ada dalam dirinya.

Saat timnya kehilangan arah dan sahabatnya hampir dilahap oleh monster jahat, Alina berhasil menyelamatkan mereka dengan menggunakan kekuatannya.

9. The Paper Magician – Charlie N. Homberg

Mengawali seri Paper Magician, novel ini menceritakan sosok penyihir bernama Ceony Twill yang sedang magang di sebuah pondok penyihir milik Emery Thane.

Bukannya berlatih kekuatan atau menghafalkan mantra ajaib, waktu magang Ceony justru dihabiskan dengan menjadi pengendali kertas.

Tapi menjadi pengendali kertas ternyata tidak seburuk yang dibayangkan.

Lewat pengalamannya, Ceony berhasil membuat jantung kertas untuk Emery yang terluka akibat diserang Lira, penyihir yang berkhianat.

Sayangnya, jantung kertas itu hanya bertahan selama 2 hari, yang membuat Ceony harus bertarung melawan Lira dan mendapatkan kembali jantung Emery yang asli.

10. Dua Muka Daun Pintu – Triskaidekaman

Dua Muka Daun Pintu dikisahkan lewat sudut pandang sebuah pintu baja yang berada di ruangan istimewa.

Di balik pintu tersebut, ada seseorang bernama Garda yang harus dipasung karena alasan yang tidak diketahui oleh si pintu.

Suatu hari, pintu tersebut secara tak sengaja masuk ke dunia misterius yang bernama Forum Pintu Sedunia, ia bertemu dengan banyak pintu yang berperilaku seperti manusia.

Pada kesempatan itu, para pintu saling bertukar cerita dan menyusun sebuah rencana untuk membebaskan Garda.

Selain kesepuluh novel di atas, masih banyak novel fantasi lain yang tak kalah seru untuk dibaca.

Kamu bisa membelinya secara online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com