Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Phases of the Heart: Mengenal Kecemasan dan Depresi

Kompas.com - 20/12/2021, 18:05 WIB
Sumber Gambar : Dok. Elex Media Komputindo
Rujukan artikel ini:
Phases of the Heart
Pengarang: Riliv
|
Editor Ratih Widiastuty

Kecemasan (anxiety) dan depresi (depression)adalah dua gangguan dalam kesehatan jiwa yang banyak dialami manusia sejak lama tetapi lebih sering dipendam oleh para penderitanya sehingga terkadang sudah terlalu terlambat untuk mencapai pemulihan diri. Apakah yang sebenarnya dimaksud dengan kecemasan dan depresi?

Pengertian Kecemasan dan Depresi

Kecemasan (Anxiety)

Pada kondisi-kondisi tertentu, wajar saja jika kita merasa cemas, tetapi jika kecemasan yang timbul di dalam diri tidak bisa kita jelaskan alasannya dan semakin lama semakin memburuk dan tidak terkendali sampai-sampai membuat kita kesulitan menjalani rutinitas sehari-hari mungkin saja itu merupakan gejala bahwa kita mengalami gangguan kecemasan umum, atau biasa dikenal sebagai anxiety.

Depresi (Depression)

Kita semua pastinya pernah tenggelam dalam kesedihan mendalam, terpuruk, merasa tak berguna, atau kehilangan harapan, tetapi jika setelah berminggu-minggu perasaan-perasaan tersebut tak kunjung surut bisa jadi itu merupakan gejala depresi (depression) yang tidak boleh dianggap enteng, sebab seperti halnya gangguan pada raga, jika kita membiarkan gangguan pada jiwa berlangsung hingga berlarut-larut pada akhirnya dapat berdampak buruk terhadap kehidupan kita sehingga berakibat fatal, bahkan banyak kasus depresi dan kecemasan yang berujung pada tindakan bunuh diri seperti yang terjadi pada selebritas dunia Robin Williams, Leslie Cheung, Chester Bennington, Goo Hara, Kate Spade, Anthony Bourdain, dan masih banyak lagi.

Jasa Konseling Untuk Mengobati Kecemasan dan Depresi

Dahulu, ketika seseorang ditangani oleh psikolog atau psikiater acap kali masyarakat sekitar memberinya cap negatif, bahkan langsung memvonis bahwa orang tersebut gila.

Padahal, gangguan kesehatan jiwa yang paling umum, yaitu kecemasan dan depresi, cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia.

Beruntung sekarang ini stigma buruk tersebut sudah berkurang seiring dengan semakin mudahnya kita mengakses informasi tentang kesehatan jiwa, khususnya yang berkenaan dengan kecemasan dan depresi.

Dan yang lebih penting lagi, kini kita dapat lebih mudah mendapat konseling dari tenaga profesional, seperti psikolog dan psikiater di rumah sakit atau klinik, bahkan ada juga perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa konseling psikolog gratis bagi para karyawannya.

Tetapi, pada era digital ini, terutama dengan adanya pandemi yang membuat kita semua mengurangi mobilitas demi melandaikan kurva kasus Covid-19, ada satu solusi jitu yaitu konseling melalui aplikasi daring.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Salah satu aplikasi konseling daring yang banyak digunakan di Indonesia adalah Riliv; sebuah aplikasi yang tidak hanya menawarkan jasa konseling, tetapi juga menawarkan fitur bimbingan meditasi sebagai salah satu bentuk terapi untuk membantu penggunanya hidup dengan lebih tenang, rileks, dan bahagia.

Mengatasi Kecemasan Lewat Buku

Untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan jiwa, Riliv telah menyusun kumpulan cerita yang ditulis berdasarkan kisah nyata dari klien-klien mereka yang memberanikan diri mencari bantuan profesional demi kesehatan jiwa mereka.

Dengan bimbingan Riliv, para klien—yang terdiri dari siswa menengah, mahasiswa, dan generasi muda yang baru berkecimpung di dunia kerja—ini menjalani proses penyembuhan yang tidak mudah tetapi sangat berarti untuk kehidupan mereka pada masa depan.

Bertajuk Phases of the Heart, buku dengan ukuran saku ini diterbitkan oleh Penerbit Elex Media Komputindo pada tahun 2020.

Di dalamnya, terdapat total sembilan belas kisah; sembilan kisah bertemakan kecemasan dan sepuluh kisah bertemakan depresi.

Berhubung topik yang diangkat cukup berat, buku ini sengaja dikemas dengan tutur kata yang ringan dan desain sampul serta ilustrasi-ilustrasi yang menarik sehingga mudah diterima oleh pembaca muda.

Melalui Phases of the Heart, kita akan mengenali juga memahami penderitaan serta perjuangan para tokoh dalam menghadapi kecemasan dan depresi.

Setiap kisahnya membawa pesan bahwa selalu ada harapan, meskipun berat janganlah malu untuk meminta bantuan karena semua orang berhak untuk bahagia.

Tertarik memiliki buku ini? Segera dapatkan Phases of the Heart dalam format cetak di Gramedia.com dan jika kamu lebih nyaman membaca dalam format eBook, yuk langsung diunduh di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com