Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pengertian, Format dan Fungsi Surat Pengalaman Kerja

Kompas.com - 28/06/2023, 18:00 WIB
Surat Pengalaman Kerja  Sumber Gambar: Freepik.com Surat Pengalaman Kerja 
Rujukan artikel ini:
Rahasia Sukses Wawancara Kerja
Pengarang: Fajar Nur`Aini Dwi Fatimah
|
Editor Ratih Widiastuty

Surat pengalaman kerja biasanya dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar pekerjaan.

Salah satu syarat dalam proses lamaran pekerjaan ini biasanya dibuat oleh perusahaan tempat bekerja sebelumnya atau dapat dibuat sendiri seperti layaknya CV atau Curriculum Vitae.

Nah, ketika membuat surat pengalaman kerja tidak bisa dibuat secara sembarangan dan perlu mengetahui formatnya.

Oleh karena itu, untuk lebih mengetahui apa itu surat pengalaman kerja mulai dari pengertian hingga fungsinya, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Surat Pengalaman Kerja?

Surat pengalaman kerja adalah dokumen administratif yang berisi informasi tentang jabatan terakhir, keterampilan hingga kepribadian seorang karyawan selama bekerja di perusahaan.

Biasanya, surat ini dibuat oleh perusahaan berdasarkan permintaan karyawan yang akan mengundurkan diri atau sudah tidak bekerja di perusahaan untuk tujuan tertentu.

Selain itu, surat pengalaman kerja juga menjelaskan detail tentang alasan hubungan kerja berakhir antara karyawan dan perusahaan.

Adapun surat pengalaman kerja yang biasa digunakan sebagai bukti yang sah dari perusahaan bahwa karyawan pernah bekerja di sana umumnya dikenal sebagai paklaring.

Paklaring adalah surat keterangan resmi yang dibuat oleh HRD perusahaan dan berisi penjelasan tentang karyawan pernah bekerja di sana dalam jangka waktu tertentu.

Surat ini dapat menjadi nilai tambah ketika melakukan seleksi pegawai baru di tempat lain.

Format Surat Pengalaman Kerja

Format surat pengalaman kerja pada umumnya tidak diatur secara universal karena perusahaan memiliki format tersendiri.

Meski begitu, format penulisan surat pengalaman kerja pada dasarnya memiliki tiga bagian, yaitu kepala surat, isi surat, dan penutup surat.

1. Kepala Surat

Pada bagian kepala surat biasanya terdiri dari nama perusahaan, alamat lengkap dan dilengkapi logo perusahaan.

2. Isi Surat

Isi surat merupakan bagian penting yang biasanya menjelaskan tentang identitas karyawan, identitas pembuat surat dan keterangan terkait kinerja karyawan di perusahaan sebelumnya.

Jika membuat surat pengalaman kerja sendiri, pada bagian ini biasanya berisi tentang daftar pengalaman kerja yang pernah dilakukan dengan disertai lama waktu bekerja dan aktivitas yang dilakukan serta pencapaian selama bekerja.

3. Penutup Surat

Dalam bagian penutup surat biasanya berisi kalimat penutup dari perusahaan selaku pembuat surat pengalaman kerja.

Pada bagian bawah kemudian disertai nama jelas personalia atau manajer dengan tanda tangan serta stempel perusahaan.

Untuk penutup surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri juga diisi oleh kalimat penutup dari penulis surat disertai tanda tangan dan nama terang.

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja memiliki fungsi yang beragam tergantung untuk apa surat tersebut ditujukan.

Selain digunakan untuk melamar kerja, surat ini juga berfungsi untuk mencari beasiswa, mengajukan kredit bank, hingga klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk lebih memahami tentang surat pengalaman kerja, berikut contohnya:

PT Adi Makmur Sejahtera

Jl. Aceh Merdeka, 85 Surabaya

Telp. (021) 80597432

adimakmur@sejahtera.com

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

26 Juni 2023

SURAT PENGALAMAN KERJA

Nomor: SPKJK/78534/AD26/2023

Dengan hormat,

Dengan surat ini, kami dari PT Adi Makmur Sejahtera ingin memberikan pengalaman kerja resmi kepada Bunga Mentari yang telah bekerja di perusahaan kami selama periode tertentu. Surat ini dibuat untuk memberikan pengakuan atas kontribusi dan dedikasi Bunga Mentari selama menjadi bagian dari tim kami.

Berikut adalah rincian pengalaman kerja Bunga Mentari:

Nama Karyawan: Bunga Mentari

Jabatan: Staff Administrasi

Periode Kerja: 26 Agustus 2021 hingga 30 Juni 2023

Tugas dan Tanggung Jawab:

- Melakukan aktivitas pembukuan dasar mulai dari menyusun dokumen hingga akomodasi kantor sesuai tujuan perusahaan.

Selama masa kerja di PT Adi Makmur Sejahtera, Bunga Mentari telah menunjukkan komitmen yang tinggi, keahlian profesional, dan dedikasi yang luar biasa serta telah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan memberikan kontribusi yang berharga bagi perkembangan perusahaan.

Selain itu, Bunga Mentari juga memiliki kualitas kepemimpinan yang baik dan kemampuan bekerja sama yang kuat sekaligus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan kerja dan memiliki kemampuan dalam menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat waktu.

Kami juga ingin menekankan bahwa Bunga Mentari adalah sosok yang dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan memiliki sikap yang positif dalam bekerja dengan rekan kerja dan atasan dengan selalu menunjukkan etika kerja yang tinggi dan berusaha untuk mencapai target yang ditetapkan.

Kami merasa bangga dan berterima kasih telah memiliki Bunga Mentari sebagai bagian dari tim kami karena telah memberikan kontribusi yang berharga selama bekerja di perusahaan.

Kami berharap yang terbaik untuk Bunga Mentari dalam semua upaya dan masa depannya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui kontak perusahaan yang tertera di atas.

Hormat kami,

Budi Prasetya

Head of HR Department

PT Adi Makmur Sejahtera

Selain mempersiapkan surat pengalaman kerja, kamu juga perlu mempersiapkan diri menghadapi sesi wawancara kerja agar berjalan lancar.

Nah, agar bisa lebih siap kamu bisa membawa buku Rahasia Sukses Wawancara Kerja yang berisi berbagai tips dan trik persiapan dalam melamar kerja.

Buku ini membahas berbagai topik yang berkaitan dengan melamar pekerjaan, mulai dari CV atau Curriculum Vitae, poin yang harus diperhatikan saat wawancara hingga tips memperkenalkan diri.

Selain itu, buku ini juga berisi tentang tips wawancara yang secara khusus ditujukan untuk posisi teller, customer service, marketing, akuntan, administrasi, dan sekretaris.

Dalam buku ini dijelaskan pula tentang teknik analisis SWOT untuk lebih memahami kekuatan, kelemahan, ancaman, dan kesempatan yang bisa dikembangkan ketika mengidentifikasi masalah dalam focus group discussion (FGD) ketika melamar kerja.

Buku Rahasia Sukses Wawancara Kerja bisa kamu beli di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com