Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Rekomendasi Kerja: Pengertian, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Kompas.com - 02/12/2022, 13:00 WIB
Surat Rekomendasi Kerja Sumber Gambar: Freepik.com Surat Rekomendasi Kerja
Rujukan artikel ini:
Panduan Lengkap Menghadapi Wawancara Dan…
Pengarang: RR. PRIMA PURNAMA SARI,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Saat melamar pekerjaan, ada beberapa berkas yang biasanya diminta oleh perusahaan, seperti CV, portofolio, cover letter, dan sebagainya.

Di antara berkas-berkas tersebut, ada satu berkas lain yang ternyata bisa mempengaruhi lancarnya proses lamaran kerja, yakni surat rekomendasi kerja.

Di beberapa perusahaan, surat rekomendasi ini bahkan dianggap bisa memberikan nilai tambah bagi si pelamar kerja.

Sayangnya, sebagian orang masih belum mengerti apa itu surat rekomendasi kerja dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Khusus untuk kamu yang penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Surat Rekomendasi Kerja?

Dikutip dari website milik The Balance Careers, surat rekomendasi adalah surat yang menjelaskan kualifikasi atau keterampilan seseorang dalam suatu bidang pekerjaan.

Surat rekomendasi kerja biasanya ditulis berdasarkan kinerja atau prestasi yang pernah diraih di tempat kerja sebelumnya.

Tidak boleh sembarangan, surat rekomendasi kerja umumnya ditulis langsung oleh atasan, manajer, atau pejabat tertentu berdasarkan fakta dan permintaan dari orang yang meminta surat rekomendasi tersebut.

Setelah kamu berhasil mendapatkan surat rekomendasi, kamu bisa mengirimkannya bersama dengan berkas-berkas lamaran kerja lainnya.

Tidak hanya memberikan nilai tambah, surat rekomendasi kerja juga bisa membantu meyakinkan para pencari kerja untuk menerima kamu di perusahaan tersebut.

Contoh Surat Rekomendasi Kerja Singkat

22 Oktober 2022

Yth.

Marketing Manager PT Kenanga Abadi

Jalan Bintang Kejora 4, Jakarta

Bersamaan dengan surat ini, saya ingin merekomendasikan mantan anggota tim saya yang bernama Andini Putri, untuk bisa mengisi posisi senior copywriter di Perusahaan Kenanga Abadi.

Selama 7 tahun bekerja sama dengan Andini, saya sangat terkesan dengan kemampuannya dalam menulis dan menghasilkan copy yang sangat cocok bagi konsumen.

Sebagai copywriter, Andini bisa mengubah informasi menjadi copy yang memiliki nilai jual dan mudah menarik perhatian konsumen.

Andini juga berbakat dalam mengembangkan sebuah tulisan, yang kemudian diaplikasikan ke berbagai konten di media sosial.

Tidak sampai disitu saja, Andini juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kreativitas yang tinggi, mampu merencanakan strategi marketing, mau bekerja keras, dan pantang menyerah.

Saya yakin, Andini akan menjadi aset yang bagus untuk perusahaan saudara.

Jika saudara memiliki pertanyaan mengenai kemampuan Andini, saudara bisa menghubungi saya melalui email.

Hormat Saya,

Sulaiman Bagas

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Marketing Manager PT. Indofood

sulaimanbagas@indofood.com

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Kerja

1. Pilih Orang yang Tepat

Untuk mendapatkan surat rekomendasi kerja, kamu harus memilih orang yang tepat untuk menuliskannya.

Pilihlah orang-orang yang memang memiliki hubungan kerja yang positif denganmu, serta yang bisa dengan serius mendiskusikan keterampilan dan keahlianmu dalam pekerjaan.

Memilih orang-orang yang tepat seperti atasan, manajer, atau mentor akan membuat surat rekomendasi kerjamu jadi semakin valid dan bisa dipercaya.

2. Siapkan Resume atau Portofolio

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan rekomendasi yang valid adalah dengan memberikan resume atau portofolio yang menyoroti pencapaian dan keahlianmu.

Dengan cara ini, orang yang akan menuliskan surat rekomendasi tersebut bisa mengetahui poin-poin penting apa saja yang bisa mereka tuliskan.

3. Jangan Lupa Tanyakan Kesediaan Orang Tersebut

Setelah memilih orang yang dirasa tepat untuk memberikan rekomendasi, kamu tentunya harus menanyakan kesediaannya terlebih dahulu.

Sebab tidak menutup kemungkinan kalau orang yang kamu harapkan malah menolak dan merasa keberatan untuk memberikan surat rekomendasi karena beberapa alasan tertentu.

4. Kirimkan Surat Resmi sebagai Permintaan Rekomendasi

Mengirimkan surat atau email resmi sebagai permintaan rekomendasi bisa menunjukkan rasa hormat dan menunjukkan kalau kamu benar-benar sangat membutuhkan berkas tersebut.

Selain surat permintaan, kamu juga bisa mencantumkan beberapa poin penting seperti contoh spesifik rekomendasi, pencapaian, dan keahlian yang kamu miliki.

5. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Hal ini tentunya sangat berhubungan erat dengan etika dan kesopanan.

Setelah surat rekomendasi kerja berhasil kamu dapatkan, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang tersebut.

Sampaikan juga dukungan kepada mereka melalui surat tertulis atau email, ini bisa membuat mereka merasa dihargai.

Itulah penjelasan, contoh, serta cara untuk mendapatkan surat rekomendasi kerja yang mungkin bisa kamu ikuti saat ingin melamar pekerjaan.

Selain surat rekomendasi kerja, ada satu tahap lagi yang tidak boleh kamu remehkan saat melamar kerja, yakni tahap wawancara.

Untuk menghadapi wawancara kerja, kamu tentunya tidak boleh hanya mengandalkan keberuntungan semata, tapi juga harus diimbangi dengan latihan yang rutin.

Melalui buku Panduan Lengkap Menghadapi Wawancara dan Menaklukkan HRD, kamu bisa belajar bagaimana caranya melewati tahapan yang sulit tersebut.

Buku ini akan mengajarkan tentang bagaimana caranya untuk percaya diri dan apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi tes wawancara kerja.

Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa pengalaman wawancara dari para pelamar kerja yang berhasil lolos dan menempati jabatan di perusahaan impiannya.

Untuk membaca buku ini lebih lanjut, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com