Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar, Jangan Lupa Perhatikan Formatnya!

Kompas.com - 02/02/2023, 10:30 WIB
contoh surat lamaran kerja yang baik Sumber: pexels contoh surat lamaran kerja yang baik
Rujukan artikel ini:
Skill with People (Pedoman Sukses…
Pengarang: Les Giblin
|
Editor Rahmad

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar juga perlu kamu ketahui pada saat sedang mencari kerja dan sedang membuat surat lamaran kerja.

Menulis surat lamaran kerja yang sesuai dengan struktur yang tepat menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebab, surat lamaran kerja merupakan sebuah dokumen pertama yang akan dilihat oleh HRD suatu perusahaan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa surat lamaran kerja memiliki peranan yang cukup besar untuk menentukan diterima atau tidaknya seseorang di suatu perusahaan yang membuka lowongan tersebut.

Contoh surat lamaran kerja yang baik perlu kamu buat sesuai dengan syarat atau ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut.

Jika kamu masih kesulitan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

contoh surat lamaran kerja yang baik contoh surat lamaran kerja yang baik

Inilah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa memperhatikan beberapa hal yang harus ada dalam surat lamaran kerja yang akan kamu buat.

1. Contoh surat lamaran kerja secara umum

Jakarta, 27 Januari 2023

Kepada

Yth. Bapak/Ibu

HRD PT Maju Bersama

Jl. Jend. Sudirman No.26, Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan pada informasi lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, sayan bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Content Writer di PT Maju Bersama.

Nama: Almira Fania

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 17 November 1997

e-mail: almiraf@gmail.com

telepon: 082266445501

Saya mampu bekerja sama dalam tim, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta mempunyai kemampuan dalam komunikasi yang baik. Di jenjang perkuliahan, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi, yang menjabat sebagai Sekretaris. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat serta pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi karyawan yang baik untuk perusahaan.

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi wawancara, supaya saya bisa menjelaskan lebih rinci lagi mengenai potensi yang saya miliki.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Almira Fania

2. Contoh surat lamaran kerja paruh waktu (part time)

Jakarta, 27 Januari 2023

Kepada Yth.

Pimpinan Café dan Restaurant Jakarta

Jl. Wahid Hasyim 60 Jakarta.

Perihal: Lamaran pekerjaan paruh waktu

Dengan hormat,

Sehubung dengan adanya informasi yang saya dapatkan pada website Café dan Restaurant Jakarta bahwa di Café dan Restaurant Jakarta terdapat lowongan tentang pekerja paruh waktu. Untuk itu, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di café yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Waiters. Jadi, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ilham

Tempat/tanggal lahir: Bandung, 3 November 1998

Jenis kelamin: laki-laki

Pendidikan SMA/IPA

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Alamat: Jl. Kalideres, Jakarta

No. Tlp: 0812 3765 0978

Dengan bekal kepribadian saya yang ramah, super, cekatan dalam bekerja, mampu bekerja secara tim maupun individual, saya bermaksud untuk bekerja paruh waktu di tempat yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas berikut ini:

1. Fotocopy Ijazah terakhir

2. Fotocopy Kartu Identitas (KTP)

3. Daftar Riwayat Hidup

4. Pas Photo 3x4

Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberikan saya kesempatan untuk mengikuti wawancara, supaya saya bisa memberikan informasi lebih jelas mengenai diri saya. Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

(Ilham)

3. Contoh surat lamaran kerja melalui e-mail

Jakarta, 27 Januari 2023

To: hrd@gramedia.id

Cc: -

Subject: Digital Marketing / Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama: Marcella

Umur: 25 tahun

Jenis kelamin: perempuan

Pendidikan terakhir: S1 Komunikasi

No. telepon: 0812 7469 5320

Melalui surat lamaran kerja ini, saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa menempati posisi sebagai Digital Marketing. Saya mempunyai pengalaman bekerja sebagai DIgital Marketing selama 4 tahun di 2 perusahaan.

Keahlian saya adalah mampu mengelola campaign iklan di Facebook dan Instagram ads, TikTok ads, dan juga Google ads. Selain itu, saya juga mempunyai beberapa sertifikat resmi yang berkaitan dengan digital marketing.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Scan ijazah terakhir
  3. Pas photo format .jpeg
  4. Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat. Dengan ini saya berharap bisa diberi kesempatan untuk wawancara supaya saya bisa menjelaskan secara rinci potensi yang saya miliki. Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Marcella

Nah, itu dia beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu tiru format penulisannya. Dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu pasti bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang kamu incar dan bisa memulai karir pekerjaan yang baru.

Untuk bisa mendapatkan karir yang bagus di sebuah perusahaan, kamu bisa memperdalam soft skill. Untuk kamu yang ingin memperdalam soft skill, kamu bisa membaca buku Skill with People (Pedoman Sukses Karier, Kehidupan Keluarga & Sosial). Buku yang ditulis oleh Les Giblin ini sangatlah to the point dalam menyampaikan berbagai tips dan trik supaya kita bisa lebih memanusiakan orang lain.

Secara ajaib, buku ini akan mengubah pola pikir kamu sebagai manusia yang kodratnya terkadang narsis, karena selalu tertarik pada diri sendiri dibandingkan dengan orang lain.

Jadi, buku ini sangatlah cocok untuk kamu yang ingin memperdalam soft skill kamu untuk bisa lebih baik lagi dalam bersikap serta memanusiakan orang lain.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh para karyawan yang ingin sukses dalam kehidupan baik karir maupun pekerjaannya. Selain itu, cocok juga dibaca untuk kamu para pebisnis yang ingin memenangkan hati para pelanggannya.

Buku ini juga cocok untuk siapa saja yang ingin menjalin hubungan dengan orang secara lebih baik. Kamu bisa pesan buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com