Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih, Dijamin Ampuh!

Kompas.com - 19/05/2023, 16:00 WIB
Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih
Rujukan artikel ini:
Nyamuk Pergi Tanpa Racun, Buku…
Pengarang: Koensoemardiyah Dan Ag. Budi…
|
Editor Puteri

Nyamuk memang sering sekali mengganggu aktivitas saat sedang di rumah karena gigitan nyamuk bisa membekas di kulit, bahkan bisa sampai menularkan virus, seperti demam berdarah dan malaria.

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di saluran yang airnya kotor dan sering berkeliaran pada siang atau sore hari.

Nyamuk tersebut merupakan nyamuk pembawa virus DBD yang paling fatal bagi manusia karena memiliki sifat antropofilik dan multiple feeding yang berarti suka dengan darah manusia dan tidak bisa berhenti mengisap sebelum ia merasa kenyang.

Ciri khusus yang dapat terlihat pada nyamuk Aedes aegypti adalah dengan melihat warna dan bentuknya.

Jika nyamuk tersebut memiliki tubuh yang kecil dan berwarna hitam serta memiliki garis putih, tidak salah lagi jika nyamuk tersebut merupakan nyamuk Aedes aegypti.

Adapun nyamuk malaria yang juga dapat menularkan virus mematikan dan mempunyai nama ilmiah, yaitu nyamuk Anopheles.

Nyamuk Anopheles merupakan nyamuk yang menularkan penyakit malaria atau infeksi parasit plasmodium yang dapat menimbulkan penyakit yang fatal jika dibiarkan.

Plasmodium dapat menyerang organ dalam, seperti hati, dan akan merusak sel darah merah.

Nyamuk ini sangat aktif saat sore sampai malam hari, dan mempunyai kemampuan terbang yang sangat lemah.

Walau mempunyai daya terbang yang lemah, kamu juga perlu hati-hati dan jangan lemah karena untuk menularkan penyakit malaria, nyamuk Anopheles hanya butuh satu kali sengatan saja.

Untuk tempatnya bersarang sama seperti nyamuk Aedes aegypti, nyamuk Anopheles juga bersarang di saluran air yang kotor dan menggenang.

Jika sudah mengetahui hal berikut, alangkah bagusnya untuk lebih berhati-hati pada hewan kecil yang satu ini, dan kamu juga perlu mengetahui cara untuk membasmi nyamuk-nyamuk tersebut.

Ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat dengan ampuh mengusir nyamuk pembawa penyakit yang sering berkeliaran di dalam rumah.

Bahan-bahan alami tersebut adalah bawang putih, tanaman lavender, kulit jeruk, lemon, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa cara mengusir nyamuk yang perlu kamu tahu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih

Nyamuk yang sering berkeliaran di dalam rumah akan sangat mengganggu aktivitas, baik saat kita sedang bangun maupun saat sedang tidur.

Apalagi jika sedang musim hujan, para nyamuk tersebut akan lebih cepat berkembang biak dan membuat populasinya tidak terkendali.

Saluran pembuangan yang ada di sekitaran rumah juga menjadi penyebab besar lahirnya sarang nyamuk karena saluran pembuangan atau got-got yang ada di sekitar rumah sering menyimpan genangan-genangan air kotor yang membuat nyamuk betah dan berkembang biak.

Nah, cara yang diklaim sangat ampuh untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, serta mengusir nyamuk yang sering berkeliaran adalah dengan menggunakan bawang putih.

Aroma yang keluar dari bawang putih dapat mengganggu indra penciuman nyamuk karena nyamuk tidak menyukai aroma yang keluar dari bawang putih.

Caranya yaitu dengan merebus kurang lebih lima siung bawang putih atau lebih, tunggu hingga airnya mendidih.

Jika sudah mendidih, tunggu sampai air rebusan bawang tersebut agak dingin, kemudian tuangkan secukupnya air rebusan bawang ke dalam botol spray.

Jika semua sudah dilakukan, langkah berikutnya adalah dengan menyemprotkan spray air bawang putih tersebut ke tempat-tempat biasa nyamuk tersebut hinggap atau bersarang.

Lakukanlah langkah-langkah tersebut dengan cara yang benar, dengan begitu kamu akan terbebas dari segala jenis nyamuk yang selama ini ada di rumah kamu.

Nah, itulah ulasan mengenai jenis nyamuk yang membawa virus dan cara ampuh untuk membasminya.

Untuk mengenal lagi lebih dalam tentang nyamuk yang membawa virus, kamu bisa langsung membaca Buku Pintar Kiat Mengusir Nyamuk dengan Aroma Alam yang ditulis oleh Koensoemardiyah Dan Ag. Budi Indarto.

Nyamuk memang selalu mengganggu aktivitas.

Selain membawa sejumlah penyakit, dengungan nyamuk dan rasa gatal di kulit yang digigit merupakan gangguan yang tidak menyenangkan.

Sebagian orang menggunakan obat nyamuk yang berbahan kimia untuk menghalau nyamuk, namun seperti yang kita tahu bahwa kandungan obat nyamuk ini hanya bertahan untuk sementara waktu saja.

Selain itu, pada beberapa kasus kandungan kimia pada obat nyamuk ini juga dapat menyebababkan kesulitan bernapas.

Buku Pintar Kiat Mengusir Nyamuk dengan Aroma Alam menyuguhkan banyak sekali bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai obat nyamuk yang aman dan alami sekaligus berisi dengan cara pembuatan dan penggunaannya.

Agar bisa membaca seluruh isi bukunya segera dapatkan Buku Pintar Kiat Mengusir Nyamuk dengan Aroma Alam hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com