Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Belajar Pantun Anak-anak

Kompas.com - 12/05/2023, 09:30 WIB
rekomendasi buku tentang pantun anak
Sumber: pixabay.com/Victoria_Regen rekomendasi buku tentang pantun anak
Rujukan artikel ini:
Hutan Pantun Mencari Korban Kebakaran
Pengarang: Aifa Syah
|
Editor Rahmad

Kamu sedang ingin belajar pantun anak-anak? Jika ya, kamu tentunya perlu rekomendasi buku untuk referensi kmu mempelajari pantun anak.

Jangan khawatir, meskipun pantun tidak terlalu populer seperti zaman dulu, terutama bagi anak-anak, tetapi tetap ada banyak referensi belajar yang bisa kamu dapatkan.

Buku untuk belajar pantun tetap ada dengan beragam pilihan. Hal ini juga menunjukkan bahwa pantun menjadi karya sastra yang menarik untuk dipelajari oleh siapa saja.

Berikut ini rekomendasi buku pantun anak-anak dan dewasa yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk mempelajari karya sastra pantun.

Rekomendasi Buku Pantun Terbaik

1. Hutan Pantun Mencari Korban Kebakaran

buku yang berjudul Hutan Pantun Mencari Korban Kebakaran ini adalah karya dari Aifa Syah yang diterbitkan oleh penerbit Laksana. Buku ini berisikan tentang dongeng yang menarik untuk anak.

Yang lebih menarik lagi dari buku ini adalah di dalamnya dilengkapi juga dengan pantun.

Oleh sebab itu,, buku ini juga sangat cocok untuk dibaca dan dipelajari oleh anak. Buku ini berisikan juga pantun anak-anak yang memiliki pesan moral di dalamnya.

Selain itu, buku ini memiliki ilustrasi yang menarik dan penuh dengan warna. Dengan begitu, maka anak-anak bisa membaca dongeng sekaligus pantun dengan cara yang menyenangkan.

2. Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi

Buku yang berjudul Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi ini merupakan karya dari Ulin Nuha Maruchin hadir untuk membantu kamu dalam mengenali beragam jenis majas, pantun dan juga puisi, baik puisi lama maupun puisi baru.

Buku ini dapat menambah wawasan kamu tentang kesusastraan Indonesia.

Buku ini disajikan dengan sangat ringan, sehingga mudah untuk dipahami, terutama untuk para pemula yang ingin mulai mempelajari suatu karya sastra, seperti pantun. Karya sastra memang menjadi hal menarik untuk dipelajari.

Dan tahukah kamu, kalau Bahasa indonesia juga sudah menjadi salah satu Bahasa utama di tingkat ASEAN.

Jadi, semakin tertarik untuk mempelajari karya sastra pantun dan lainnya bukan? Buku ini cocok untuk menjadi buku pegangan bagi siswa, mahasiswa, ataupun masyarakat umum.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Buku Pintar Pantun & Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara

Buku yang berjudul Buku Pintar Pantun & Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara adalah karya dari Andi Soenaryo. Buku yang memiliki ketebalan 226 halaman ini disusun dalam upaya untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia supaya tidak terkikis oleh zaman.

Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan zaman yang semakin modern, bisa mempengaruhi budaya serta gaya hidup dari bangsa Indonesia.

Maka dari itu, buku ini sangat cocok untuk para pelajar yang ingin mempelajari tentang karya sastra Indonesia, salah satunya pantun.

Buku ini cocok untuk pelajar, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah serta masyarakat umum yang tertarik dengan Bahasa, khususnya bidang sastra.

Di dalam buku ini, kamu akan mempelajari tentang pantun, yang terdiri dari pantun anak-anak, pantun orang muda, pantun orang tua, puisi, kata-kata Mutiara, serta peribahasa Indonesia. Lengkap sekali bukan?

4. Mahir Peribahasa, Puisi Baru, Dan Pantun

Buku Mahir Peribahasa, Puisi Baru, Dan Pantun adalah karya dari Puput Alviani yang diterbitkan oleh Pusat Kajian Bahasa tahun 2020.

Bagi yang belum mengetahuinya, bahwa peribahasa memiliki peranan yang penting bagi masyarakat di negara Indonesia, khususnya untuk kalangan orang-orang Melayu.

Sebab, peribahasa zaman dulu banyak digunakan oleh orang melayu.

Selain peribahasa, pantun juga sudah tidak asing lagi di telinga. Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat terkenal.

Dulu, pantun sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik orang tua, anak-anak, maupun muda-mudi. Sehingga ada pula pantun anak-anak di dalamnya.

Nah, melalui buku ini, kamu bisa dengan mudah mempelajari peribahasa, puisi baru, dan juga pantun.

Itulah beberapa rekomendasi buku terbaik yang bisa kamu jadikan referensi dalam belajar pantun.

Kamu juga bisa mempelajari beragam jenis pantun melalui rekomendasi buku di atas, mulai dari pantun anak-anak maupun pantun dewasa.

Buku-buku di atas bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com