Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mencuci Sepatu Putih agar Tidak Menguning dan Tampak Seperti Baru

Kompas.com - 27/04/2023, 14:30 WIB
Cara Mencuci Sepatu Putih  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mencuci Sepatu Putih 
Rujukan artikel ini:
Anak Baik, Pandai Merawat Barang…
Pengarang: Stefi Budi Fauziah
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Sepatu menjadi salah satu pelengkap outfit yang memiliki banyak variasi dan tentunya diminati oleh semua orang.

Dari sekian banyak warna yang ada, sepatu warna putih sering kali dipilih karena bisa menunjang penampilan dan cocok dipadu padankan dengan warna apa saja.

Sayangnya, ada beberapa keraguan yang dirasakan sebagian orang sebelum membeli sepatu putih, salah satunya adalah warnanya yang mudah kotor dan menguning.

Sepatu putih yang menguning bisa membuat kepercayaan diri seseorang menurun, ditambah lagi dengan kotoran jalanan yang bisa saja menempel pada sepatu tersebut.

Untuk itulah, kamu harus memahami bagaimana cara merawat sepatu berwarna putih agar kualitasnya tetap terjaga dan bahkan terlihat seperti baru.

Berikut adalah beberapa cara mudah mencuci sepatu putih dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan dibeli di sekitar rumah.

5 Cara Mencuci Sepatu Putih

1. Gunakan Pasta Gigi

Pada umumnya, pasta gigi digunakan untuk menghilangkan noda yang menempel pada gigi sekaligus membuat gigi menjadi lebih putih.

Namun, ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu putih yang terkena noda atau kotoran.

Kamu bisa oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian sepatu yang kotor, kemudian gosok perlahan dengan sikat gigi, tunggu beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

2. Gunakan Pemutih Pakaian

Selain pasta gigi, pemutih pakaian juga bisa menjadi alternatif untuk membersihkan sepatu putih yang kotor.

Kamu tinggal gosok pemutih pakaian ke bagian sepatu yang kotor, tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Tapi harus kamu perhatikan kalau pemutih pakaian memiliki sifat korosif yang berbahaya jika terlalu sering digunakan, jadi usahakan untuk gunakan sarung tangan karet atau sikat gigi saat membersihkan sepatu.

3. Gunakan Sabun Cuci Piring

Sama seperti pasta gigi, sabun cuci piring juga berkhasiat untuk membersihkan kotoran dan noda yang ada di sepatu kamu.

Kamu tinggal ambil bahan secukupnya, oleskan pada bagian yang kotor, kemudian gosok perlahan dengan spons atau kain sampai bersih.

Sabun cuci piring ini diklaim ampuh untuk mengangkat kotoran yang membandel dan mengembalikan warna sepatu yang menguning hingga tampak seperti baru.

4. Gunakan Soda Kue

Tidak hanya untuk membuat adonan kue, soda kue atau baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran yang ada di sepatu putih.

Masukkan soda kue ke dalam mangkuk, campur dengan air panas dan aduk sampai teksturnya mengental seperti pasta.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setelah itu, gosok pasta tersebut ke sepatu dengan sikat gigi, diamkan pasta menempel setidaknya 3 sampai 4 jam, setelah lapisan soda kuenya mengering, kamu bisa mencungkilnya secara perlahan dan kotorannya akan ikut terangkat.

5. Gunakan Cuka

Cuka adalah bahan dapur yang biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan ternyata juga bisa mengangkat kotoran yang ada di sepatu berwarna putih.

Jika cara-cara diatas dirasa belum maksimal, kamu bisa gunakan cuka dengan cara menggosoknya ke bagian sepatu dengan sikat halus secara berulang sampai kotorannya menghilang.

Tips agar Sepatu Tampak Seperti Baru

1. Jangan Jemur Sepatu di Bawah Sinar Matahari

Setelah mencuci sepatu putih, usahakan untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari karena bisa membuat sepatu menjadi terlihat kusam dan kusut.

Sebagai alternatif, kamu bisa letakkan sepatu di area yang sejuk dan biarkan mengering sendiri karena angin.

2. Jangan Cuci Sepatu di Mesin Cuci

Mencuci sepatu di mesin cuci sebenarnya sangat tidak disarankan karena putaran mesinnya bisa merusak bagian-bagian sepatu.

Sebaliknya, kamu bisa mencuci sepatu dengan cara manual agar sepatunya tetap terlihat bersih dan bahkan tampak seperti baru.

3. Coba Gunakan Penghapus

Penghapus pensil juga bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sepatu dan membuat sepatu putihmu tampak baru.

Gosokkan penghapus ke bagian sepatu yang kotor dan menguning, tapi hindari penggunaan penghapus untuk sepatu berbahan suede karena bisa merusak bagian sepatu.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencuci sepatu putih dan membuatnya tampak seperti baru.

Sepatu yang tampak bersih tentunya bisa menjadi salah satu cara mempercantik penampilan, dan menunjukkan bahwa kamu memiliki gaya hidup yang bersih.

Gaya hidup yang bersih ini tentunya harus selalu dilatih dan dijadikan kebiasaan sejak usia dini.

Sebagai referensi gaya hidup bersih, kamu bisa gunakan buku Anak Baik, Pandai Merawat Barang Kesayangan karya Stefi Budi Fauziah.

Buku ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengajari anak-anak bagaimana cara merawat barang-barang kesayangannya.

Buku ini berisi beragam kisah unik dan inspiratif tentang barang kesayangan yang bersedih karena tidak dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Setiap kisahnya akan dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi cantik yang siap mengundang minat baca pada anak sehingga mereka terinspirasi untuk mulai belajar merawat barang-barang kesayangannya.

Untuk memiliki buku ini, kamu bisa mendapatkannya secara online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com