Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Cek Kecepatan Wifi? Cari Tahu di Sini Yuk!

Kompas.com - 14/04/2023, 10:00 WIB
Cara Cek Kecepatan Wifi Sumber Gambar: Freepik.com Cara Cek Kecepatan Wifi
Rujukan artikel ini:
Strategi Efektif Internet Marketing
Pengarang: Arista Prasetyo Adi
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Bagi para pekerja atau pelajar, Wifi tampaknya telah menjadi kebutuhan yang utama saat ini.

Pasalnya, koneksi internet yang disebarkan lewat jaringan Wifi jauh lebih tidak terbatas dibandingkan dengan koneksi internet yang berasal dari jaringan seluler.

Dengan Wifi, para pengguna tidak perlu takut kehabisan kuota internet di tengah aktivitas, sebab hanya cukup membayar biaya langganannya saja ke operator, dan kemudian bebas mengakses sesuai batas waktu berlangganannya.

Sayangnya, koneksi internet Wifi juga sering mengalami gangguan yang disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena perbaikan jaringan dari provider atau cuaca yang buruk.

Saat terjadi gangguan, kecepatan akses internet pada Wifi biasanya jadi menurun alias lemot dan sering kali membuat penggunanya emosi.

Untuk memastikan sedang terjadi gangguan atau tidak, para pengguna sebenarnya bisa coba mengecek kecepatan internet pada Wifi-nya terlebih dahulu.

Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Cek Kecepatan Wifi dengan Mudah

1. Melalui Speed Test Google

Google sebenarnya memiliki layanan sendiri untuk memeriksa kecepatan koneksi internet pada Wifi.

Untuk mengaksesnya, kamu bisa kunjungi Google Search pada browser HP atau laptop, kemudian lakukan pencarian ‘Speed Test’.

Di daftar teratas halaman pencarian, akan muncul kolom khusus pengujian kecepatan internet, klik ‘Jalankan Uji Kecepatan’ dan hasilnya akan ditampilkan pada halaman tersebut.

2. Menggunakan Fast.com

Fast.com merupakan salah satu situs yang dikembangkan oleh perusahaan Netflix, dan berfungsi untuk mengecek kecepatan internet.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu tinggal kunjungi halaman website Fast.com.

Saat laman terbuka, kamu tidak perlu mengklik opsi apapun sebab hasil pengecekannya akan langsung muncul di layar HP atau laptop kamu.

3. Menggunakan Meter.net

Salah satu keunggulan Meter.net adalah kamu tidak perlu repot mengunduhnya di ponsel, dan di dalam halamannya sudah memiliki fitur-fitur yang penting seperti download speed dan upload speed.

Untuk melakukan pengecekan, kunjungi halaman website Meter, klik ‘Start’ dan tunggu selama beberapa saat sampai situs menampilkan informasi yang kamu butuhkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu juga bisa klik bagian ‘Show Details of This Test’ untuk mengetahui informasi mengenai rata-rata kecepatan download, kecepatan upload, ping jaringan internet, dan masih banyak lagi.

4. Menggunakan Open Speed Test

Sama seperti beberapa situs yang telah disebutkan diatas, Open Speed Test juga termasuk salah satu situs yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet.

Kamu tinggal mengunjungi website Openspeedtest.com, tunggu beberapa saat, klik ikon ‘Play’ untuk memulai proses pemeriksaan kecepatan internet.

Setelah pemeriksaannya selesai, kamu bisa langsung melihat hasil kecepatan unduhan dan kecepatan upload pada jaringan Wifi kamu.

5. Menggunakan MyRepublic

Langkah-langkah untuk mengecek kecepatan internet melalui laman MyRepublic:

  • Kunjungi halaman website speed test MyRepublic pada mesin pencari Google.
  • Saat halaman speed testnya muncul, klik opsi ‘GO’ pada layar dan tunggu sampai 30 detik sampai layar menampilkan hasilnya.
  • Setelah pengecekan, pada layar akan ditampilkan informasi mengenai hasil kecepatan download, kecepatan upload, informasi Hostname, dan masih banyak lagi.

6. Menggunakan Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla adalah salah satu situs pengecekan kecepatan internet yang sudah cukup sering digunakan oleh banyak orang.

Untuk mengaksesnya, kamu tinggal mengunjungi website Speedtest.net, kemudian klik opsi ‘Mulai’ dan situs web akan mendeteksi kecepatan jaringan Wifi yang terhubung pada perangkatmu.

Dibandingkan dengan situs lainnya, Speedtest by Ookla ini membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk pemeriksaan kecepatan internetnya.

Bagaimana, mudah bukan?

Setelah mengetahui cara mengecek kecepatan internet pada Wifi, sekarang ada baiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara memanfaatkan koneksi internet Wifi dengan baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari digital marketing yang nantinya bisa membantu kamu dalam mempromosikan suatu produk dan pastinya akan membuatmu tidak gaptek alias gagap teknologi.

Melalui buku Strategi Efektif Internet Marketing karya Arista Prasetyo Adi, kamu akan mempelajari teknik-teknik pemasaran produk secara digital, hanya dengan menggunakan satu perangkat elektronik dan jaringan internet saja.

Di dalam buku ini, kamu akan mempelajari berbagai teknik yang berkaitan dengan internet marketing, khususnya melalui media sosial Instagram dan mesin pencari Google.

Kamu juga akan belajar bagaimana cara mengelola sosial media yang menarik, yang nantinya bisa mendatangkan pelanggan dengan mudah.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut, kamu bisa dapatkan buku ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com