Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 7 Kota Tertua di Indonesia, di Mana Saja?

Kompas.com - 12/04/2023, 10:00 WIB
Kota Tertua di Indonesia  Sumber Gambar: Pixabay.com Kota Tertua di Indonesia 
Rujukan artikel ini:
Sejarah Indonesia 1 Program Wajib…
Pengarang: M. Habib Mustopo, Hermawan,…
|
Editor Puteri

Meski usia kemerdekaan Indonesia baru memasuki 78 tahun, tetapi sejumlah kota di Tanah Air memiliki usia lebih dari ratusan tahun.

Usia yang terhitung lebih dari ratusan tahun membuatnya mendapat julukan sebagai kota tertua.

Hal itu juga didukung dengan prasasti maupun sejumlah peninggalan sejarah yang ditemukan di kota-kota tertua di Indonesia tersebut.

Terkadang, sejumlah orang menilai kota tertua berdasarkan peran pentingnya dalam sejarah pembangunan bangsa.

Salah satu kota yang sering dianggap sebagai kota tertua di Indonesia adalah Jakarta yang keberadaannya dianggap penting sejak masa kerajaan.

Bahkan, namanya berganti-ganti sejak abad ke-14 mulai dari Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia hingga saat ini dikenal sebagai DKI Jakarta.

Lalu, di mana saja kota tertua di Indonesia? Simak daftarnya di bawah ini.

Daftar Kota Tertua di Indonesia

1. Palembang, Sumatera Selatan

Kota Palembang berdiri sejak Juni 682 Masehi dan terhitung telah berusia sekitar 1341 tahun.

Bukti dari keberadaan Palembang sebagai kota tertua di Indonesia terdapat dalam prasasti Kedukan Bukit tertulis tanggal 16 Juni 682 Masehi yang ditemukan di Bukit Siguntang.

Kata Palembang sendiri diambil dari bahasa Melayu yang terdiri dari kata pa atau pe yang berarti sebagai kata tunjuk suatu tempat dan lembang artinya genangan air.

Pengambilan nama tersebut diambil lantaran wilayah Palembang dulunya dikelilingi oleh banyak air.

Kota yang identik dengan ciri khas makanan berupa pempek ikan tenggiri ini juga dianggap sebagai salah satu dari pusat Kerajaan Sriwijaya sejak abad ke-7.

2. Salatiga, Jawa Tengah

Salatiga termasuk kota tertua di Indonesia berusia sekitar 1.271 tahun yang sudah ada sejak 24 Juli 750 Masehi sebagai wilayah perdikan, yaitu wilayah tanpa pajak untuk para ulama.

Hal itu dibuktikan berdasarkan Prasasti Plumpungan yang ditemukan di Dukuh Plumpungan, Kauman Kidul, Sidorejo.

Tanggal pada prasasti tersebut juga kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Salatiga yang diatur dalam Peraturan Daerah Tingkat II Nomor 15 Tahun 1955 tentang Hari Jadi Kota Salatiga.

Tak hanya sebagai kota tertua, Salatiga juga dijuluki kota terindah di Jawa Tengah didukung dengan faktor geografis, udara sejuk dan letaknya yang strategis berada di tengah-tengah kabupaten Semarang.

3. Kediri, Jawa Timur

Kota tertua di Indonesia lainnya adalah Kota Kediri yang terletak di Jawa Timur dengan perkiraan usia keberadaannya mencapai 1.144 tahun.

Berdasarkan Prasasti Kwak, Kota Kediri telah berdiri pada 27 Juli 879 Masehi sekaligus menjadi lokasi Kerajaan Kediri pada zaman dulu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kota ini termasuk kota terbesar ketiga di Provinsi Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.

Selain itu, Kediri merupakan ibukota dari beberapa kota dan kabupaten yang termasuk dalam Karesidenan Kediri, yaitu Kabupaten Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek.

4. Magelang, Jawa Tengah

Berdasarkan Prasasti Mantyasih, Kota Magelang telah berdiri sejak 11 April 907 atau kini berusia sekitar 1.116 tahun.

Kota yang dikenal sebagai Kota Sejuta Bunga ini dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno.

Selain termasuk sebagai kota tertua di Indonesia, Magelang juga menjadi bagian dari simbol keagungan ajaran Buddha dilihat dari keberadaan Candi Borobudur yang megah.

5. Banda Aceh, Aceh

Banda Aceh termasuk kota tertua di Indonesia yang dibangun oleh Sultan Alaiddin Johan Syah pada 22 April 1205 Masehi dan kini berusia sekitar 817 tahun.

Bukti awal berdirinya pembangunan Kota Banda Aceh tercatat dalam naskah pembangunan Ibu Kota Baru oleh Sultan.

Kota Islam tertua di Asia Tenggara ini dulunya juga merupakan pusat Kerajaan Aceh sekaligus dianggap tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia.

6. Surabaya, Jawa Timur

Surabaya adalah Ibu Kota provinsi Jawa Timur yang telah berdiri sejak 31 Mei 1293 atau saat ini berusia sekitar 730 tahun.

Penetapan tanggal berdiri Kota Surabaya juga bertepatan dengan kemenangan pasukan Majapahit dengan kerajaan Mongol utusan Kubilai Khan.

Pembangunan kota ini juga tak lepas dari peran Sunan Ampel atau juga dikenal dengan nama Raden Rahmat yang datang bersama ribuan warga dari luar Surabaya dalam menyebarkan agama Islam.

7. Baubau, Pulau Buton, Sulawesi Utara

Baubau terletak di wilayah Indonesia timur, tepatnya di Pulau Buton, Sulawesi Utara.

Kota ini telah berdiri sejak 17 Oktober 1541 dan diyakini sebagai pusat Kerajaan Buton atau Wolio yang berdiri pada awal abad ke-15 atau sekitar tahun 1401-1499.

Bukti peninggalan sejarah kota yang kini berusia 482 tahun ini dapat dilihat di objek wisata Kompleks Kerajaan Buton yang memperlihatkan banyak peninggalan masa kejayaan kerajaan tersebut.

Mengenal kota tertua di Indonesia tak lepas dari mempelajari bagaimana sejarah awal mula berdirinya.

Nah, salah satu buku yang dapat menjadi pilihan untuk mempelajari sejarah terutama bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah buku Sejarah Indonesia 1 Program Wajib untuk SMA Kelas 10.

Buku ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 yang dapat menjadi referensi kajian dari peristiwa sejarah di Indonesia.

Dalam buku ini, materi dijelaskan secara kontekstual dan memberikan kesempatan bagi pembaca untuk mengembangkan pemikirannya dalam mencari tahu tentang informasi seputar nilai sejarah baik lokal maupun global.

Buku Sejarah Indonesia 1 Program Wajib untuk SMA Kelas 10 dapat kamu beli hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com