Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 3 Ragam Rumah Adat Betawi dan Ciri Khasnya Masing-Masing!

Kompas.com - 10/12/2022, 12:30 WIB
nama rumah adat betawi Sumber: rumah.com nama rumah adat betawi
Rujukan artikel ini:
Folklor Betawi: Kebudayaan & Kehidupan…
Pengarang: Abdul Chaer
|
Editor Rahmad

Ketika mendengar kata Jakarta, hal yang terlintas di pikiran kita pertama kali adalah kotanya yang besar dengan bangunan atau gedung-gedung tinggi dan bertingkat, rumah yang modern, serta padatnya lalu lintas.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang sadar kalau Jakarta didominasi oleh suku Betawi dengan beragamnya kebudayaan di dalamnya, seperti halnya pada provinsi lain. Misalnya, terdapat mulai dari masakan betawi seperti soto betawi yang cocok dengan perkedel kentang hingga rumah adat Betawi yang kaya akan makna filosofisnya yang erat kaitannya dengan sejarah dan kehidupan.

Sayangnya, saat ini rumah adat Betawi sudah jarang kita lihat di Jakarta karena masuknya tren ataupun pengaruh dari kebudayaan luar. Oleh sebab itu, sebagai penerus bangsa, kita perlu untuk melestarikan kebudayaan serta adat istiadat tersebut.

Rumah adat Betawi dibangun dengan beragam ornamen yang mempunyai makna filosofis di dalamnya. Lalu, apa saja macam-macam rumah adat Betawi? Simak ulasannya berikut ini.

Rumah Adat Betawi

1. Rumah Kebaya

rumah kebaya rumah kebaya

Rumah kebaya merupakan rumah adat Betawi yang resmi diakui keberadaannya dan terinspirasi dari kebaya. Sebab, rumah adat Betawi ini mempunyai bentuk atas yang menyerupai sebuah pelana yang dilipat dan apabila dilihat dari sisi samping, maka lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya.

Rumah kebaya juga identik dengan terasnya yang luas dan juga terdapat bangku serta meja dan kursi. Artinya, orang Betawi akan terbuka dan menghargai siapa saja yang datang ke rumahnya. Gigi balang dan banji adalah ornamen identitas pada rumah adat Betawi.

Dikutip dari luvne, gigi balang merupakan papan yang berbentuk segitiga yang terlihat seperti gigi balang. Simbol dari gigi balang adalah suku Betawi menjunjung tinggi kerja keras dan kejujuran. Sedangkan banji memiliki bentuk seperti bunga matahari yang artinya sumber kehidupan.

Lalu, terdapat area pribadi di bagian belakang rumah, seperti kamar tidur, ruang makan, dan pekarangan rumah yang hanya boleh dilihat oleh pemilik rumah saja. Kamar tamu pada rumah kebaya disebut dengan paseban yang didesain dengan indah untuk menghormati tamu yang akan menginap.

2. Rumah Panggung

rumah panggung rumah panggung

Rumah panggung biasanya bisa kita temukan di daerah pesisir pantai dan biasanya dibuat dengan mengikuti kondisi yang ada di lingkungan sekitar. Rumah adat Betawi ini berbentuk seperti rumah panggung yang pada bagian bawahnya terdapat banyak tiang kayu.

Materi pada bangunan yang digunakan pada rumah panggung Sebagian besar adalah kyu. Seperti penyangga pada bagian rumah yang dibangun dengan menggunakan tiang kayu setinggi 1-1,5 meter dari tanah rumah. Rumah panggung juga mempunyai ornamen khas Betawi yang sangat sederhana dan unik.

Ornamennya berbentuk ukiran seperti belah ketupat, segi empat, serta lingkaran yang bisa kita temukan pada bagian pintu rumah, jendela, serta bagian rumah yang lainnya.

Rumah adat Betawi ini memiliki balaksuji, yaitu tangga untuk naik ke rumah. Makna dari hal itu adalah sebagai penghalang masuknya berbagai bala bencana ke dalam rumah. Selain itu juga, digunakan sebagai media untuk penyucian diri sebelum masuk ke dalam rumah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Rumah Joglo

rumah joglo rumah joglo

Kalau kita lihat, rumah joglo sekilas serupa dengan rumah kebaya, tetapi jika kita lihat dengan seksama, keduanya sangatlah berbeda. Perbedaannya, bisa kita lihat pada bagian atap rumah. Pada rumah joglo tidak mempunyai atap yang menyerupai pelana layaknya lipatan, tetapi bentuknya seperti perahu terbalik.

Meskipun mempunyai nama yang mirip dengan rumah ada Jawa Tengah, tetapi keduanya sangatlah berbeda. Pada rumah adat Betawi joglo ini tidak memiliki tiang penyangga seperti rumah adat Jawa Tengah. Rumah ini dibagi menjadi tiga ruangan, yaitu ruang depan, ruang tengah, dan ruang belakang.

Fungsi ruang depan adalah untuk menerima tamu, ruang tengah untuk area pribadi, sedangkan ruang belakang untuk kamar mandi dan dapur.

Rumah adat Betawi ini mempunyai nilai filosofis khusus yang biasanya hanya dimiliki oleh keluarga dengan status sosial tinggi, karena mempunyai unsur lengkap suatu hunian. Letak rumah adat Betawi joglo ini biasanya ada di wilayah perkotaan.

Itu dia beberapa macam rumah adat Betawi beserta dengan penjelasannya. Dengan mengetahui hal tersebut, kita jadi bisa sama-sama mulai untuk saling menjaga dan melestarikan kebudayaan di Indonesia.

Untuk lebih mengenal kebudayaan Betawi, kamu bisa membaca buku Folklor Betawi: Kebudayaan & Kehidupan Orang Betawi karya Abdul Chaer. Dengan hanya membaca buku ini kamu akan dengan cepat mengenal semua hal tentang Betawi. Pasalnya, semua hal yang berkaitan dengan sejarah, manusia, dan kebudayaan Betawi dibahas di dalam buku ini.

Buku ini memuat semua informasi, mulai dari Bahasa, lagu, humor, kepercayaan, permainan, ilmu beladiri Betawi. Termasuk juga dibahas mengenai kesenian, ragam hias serta arsitektur rumah adat Betawi, busana, makanan, minuman, hingga senjata.

Semuanya lengkap ada di dalam buku Folklor Betawi: Kebudayaan & Kehidupan Orang Betawi.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com