Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Dunia, Ada yang Masih Aktif Sampai Sekarang

Kompas.com - 27/03/2023, 13:30 WIB
Klub Tertua di Dunia  Sumber Gambar: Freepik.com Klub Tertua di Dunia 
Rujukan artikel ini:
Buku Jago Sepak Bola Untuk…
Pengarang: REKI SIAGA AGUSTINA, M.PD.,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer dan menyimpan berbagai kisah sejarah yang panjang.

Kepopuleran ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari keberadaan klub-klub tua yang berhasil mempopulerkan olahraga ini ke seluruh dunia.

Dalam sejarahnya, Inggris disebut-sebut sebagai negara yang banyak melahirkan klub sepak bola.

Jadi, tidak heran kalau ada beberapa klub tua yang berasal dari sana dan masih aktif sampai sekarang.

Dengan kata lain, sepak bola modern yang kita kenal saat ini bisa tetap eksis berkat pengaruh klub sepak bola yang lahir di abad ke-19.

Lantas, apa saja klub sepak bola tertua di dunia? Simak penjelasannya berikut ini.

Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

1. Sheffield FC

Sheffield FC berasal dari Sheffield, South Yorkshire, Inggris, dan dinobatkan sebagai klub tertua di dunia oleh FIFA dan masuk ke dalam English Football Hall of Fame.

Klub ini didirikan pada tahun 1857 dan menjadi salah satu dari dua penerima penghargaan FIFA Order of Merit, sebuah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang berkontribusi terhadap dunia sepak bola.

Sheffield FC memainkan laga pertama mereka pada tahun 1867 saat melawan Hallam, dan sekarang, klub ini bermain di Northern Premier League Division One South yang bisa dianggap selevel dengan kasta kedelapan Liga Inggris.

2. Cambridge University

Cambridge University AFC ini mengklaim sebagai klub sepak bola tertua di dunia yang didirikan pada tahun 1856, tapi ada pendapat lain yang juga mengatakan bahwa klub ini baru berdiri tahun 1857.

Berbasis di Amerika Serikat, Cambridge University AFC saat ini bermain di Midland 1A British Universities and Colleges Sport (BUCS), sebuah badan olahraga tingkat universitas di Britania Raya.

3. Hallam FC

Klub tertua selanjutnya bernama Hallam FC yang berbasis di Crosspol, Sheffield dan didirikan pada tahun 1860.

Klub ini bermain di Northern Counties East League Division One (sepak bola Inggris), sementara pada tahun 1867, mereka pernah membuat sejarah dengan memenangkan Piala Youdan yang dinyatakan sebagai turnamen sepak bola pertama di dunia.

Klub yang sudah berusia 163 tahun ini memainkan pertandingan di Sandygate Road dan oleh Guinness Book of Records diakui sebagai lapangan sepak bola tertua di dunia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Notts County

Berbasis di kota Nottingham, klub ini didirikan pada tahun 1862 dan termasuk salah satu anggota pendiri FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris).

Prestasi terbaik klub Notts County adalah menempati posisi ketiga sebanyak 2 kali di divisi sepak bola Inggris (Football League).

Sementara itu, prestasi paling prestisius yang pernah mereka peroleh adalah menjadi juara Piala FA pada tahun 1984 dan menjadi satu-satunya trophy major yang mereka miliki sepanjang sejarah klub.

5. Stoke City

Stoke City juga termasuk salah satu klub tertua sekaligus terbesar di sepak bola Inggris yang didirikan pada tahun 1863.

Klub ini pada awalnya bernama Stoke Ramblers, kemudian berganti nama menjadi Stoke Football Club pada tahun 1878, dan berubah lagi menjadi Stoke City pada tahun 1925.

Pada tahun 1972, Stoke City pernah memenangkan Piala Liga yang sampai sekarang masih menjadi satu-satunya trophy utama yang mereka punya.

6. Bradford Park Avenue AFC

Klub ini berbeda dengan Bradford City yang sempat tampil di Liga Premier Inggris pada musim 2000/2001 lalu.

Klub Bradford Park sempat mengalami reformasi pada tahun 1970-an dan akhirnya kembali aktif pada sekitar tahun 1988.

Untuk sekarang, klub yang bermarkas di Horsfall Stadium ini tampil di Northern Premier League Division One North, yang selevel dengan divisi 8 Liga Inggris.

Nah, itulah beberapa klub yang dinyatakan sebagai klub sepak bola tertua di dunia, dan bahkan ada yang masih aktif bermain sampai sekarang.

Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak informasi mengenai dunia sepak bola, kamu bisa menemukannya dalam buku Buku Jago Sepak Bola untuk Pemula.

Buku ini akan membahas secara lengkap mengenai sejarah sepak bola, peraturan yang ada dalam permainan sepak bola dan beberapa hal mendasar lainnya.

Tak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan informasi lain mengenai teknik-teknik dasar permainan sepak bola, contoh pola formasi, dan variasi latihan sepak bola yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

Tertarik untuk membaca bukunya? Segera dapatkan di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com