Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pemain Bola Terhebat di Dunia Sepanjang Masa, Cari Tahu di Sini Yuk!

Kompas.com - 27/02/2023, 13:00 WIB
Pemain Bola Terhebat di Dunia Sumber Gambar: Freepik.com Pemain Bola Terhebat di Dunia
Rujukan artikel ini:
Buku Jago Sepak Bola Untuk…
Pengarang: REKI SIAGA AGUSTINA, M.PD.,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Daftar Pemain Bola Terhebat di Dunia Sepanjang Masa

1. Alfredo Di Stefano

Pemain bola asal Argentina yang sering dipanggil dengan nama Saeta Rubia ini memiliki karir yang sukses dan berhasil bertahan selama lebih dari 2 dekade.

Ia berhasil memenangkan berbagai macam penghargaan individu dan kejuaraan yang mencakup Ballon D’Or pada tahun 1957 dan 1959.

Tidak hanya itu, Alfredo Di Stefano juga pernah memenangkan kategori “Pemain Spanyol Terbaik” selama 4 kali dalam karirnya.

Keterampilan di dalam lapangan dan kecerdikannya yang luar biasa membuatnya dikagumi oleh rekan-rekan pemain dan orang-orang di sekitarnya.

2. George Best

George Best memulai karir juniornya di klub Manchester United, ia masuk ke skuad utama pada tahun 1963 dan berhasil menjadi salah satu pemain inti dalam klub elite tersebut.

Pada masa keemasan Manchester United di tahun 60-an, Best menjadi pemain andalan berkat kemampuan dribble bolanya yang sangat mumpuni.

Best pernah mengantarkan klubnya meraih 2 trofi Liga Inggris, 2 trofi Comunnity Shield dan trofi European Cup atau Liga Champions pada tahun 1968, ini menjadi gelar Eropa pertama dalam sejarah Manchester United.

Berkat performanya yang luar biasa, Best juga dianugerahi gelar Ballon D’Or dan menjadi salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Tapi di sepanjang karir Internasionalnya, pemain terbaik dunia ini tidak sempat mencicipi Piala Dunia karena tim nasional Irlandia Utara tempatnya bernaung, tidak pernah lolos kualifikasi.

Setelah terlibat isu indisipliner, Best meninggalkan klubnya pada tahun 1974 setelah bertahan selama 11 musim dan berhasil mencetak total 179 gol.

3. Zinedine Zidane

Pemenang gelar Ballon D’Or tahun 1968 ini memiliki karir yang cemerlang bersama dengan Juventus dan Real Madrid.

Tapi, dalam karirnya, Zidane baru dielu-elukan publik sebagai pemain kelas dunia saat timnya melawan Brazil di final Piala Dunia 1998.

Pada pertandingan tersebut, Zidane berhasil mencetak 2 gol sundulan dan memberikan kemenangan pada Perancis dalam Piala Dunia perdana mereka.

Tidak sampai disitu saja, Zidane juga berhasil menunjukkan kelasnya sebagai pemain terbaik dunia dalam gelaran Liga Champions 2001/2002.

Saat melawan Bayer Leverkusen di partai final, Zidane berhasil melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti, aksinya ini menjadi salah satu gol terindah dalam sejarah Liga Champions.

4. Pele

Sang legenda Brazil ini secara luas juga telah dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik sepanjang masa.

Tidak ada pemain lain yang berhasil memenangkan gelar Piala Dunia sebanyak dirinya, dan itu sudah cukup mengukuhkan namanya sebagai salah satu legenda sepak bola.

Pele masih menjadi salah satu pencetak rekor gol terbanyak dengan lebih dari 1.200 gol, ia bahkan mampu mencetak 2 gol di final Piala Dunia 1958 padahal saat itu ia adalah pemain termuda di usia 17 tahun.

Meski hanya bisa bermain satu kali di Piala Dunia 1962 karena cedera, ia kembali membawa tim Brazil menjuarai Piala Dunia 1970.

5. Diego Maradona

Pesona Diego Maradona sebagai pemain terbaik pertama kali tersorot dalam pertandingan final Piala Dunia tahun 1986.

Maradona dikenal sebagai pemain yang jenius dan terampil, terbukti dari bagaimana lihainya ia mencetak gol dan akhirnya berhasil membawa Argentina menjuarai pertandingan bergengsi tersebut.

Tidak hanya itu saja, Maradona juga dikenal sebagai pemain yang berani, ia tidak takut melanggar aturan yang memang dirasa tidak cocok untuknya.

Selama karir internasionalnya, ia adalah bintang kemenangan timnas Argentina, dan pernah memenangkan Copa Del Rey dan Supercopa Espana bagi klubnya, Barcelona.

6. Johan Cruyff

Johan Cruyff merupakan seorang pioneer yang membawa ide brilian “totak football” kepada Ajax, Barcelona, dan tim nasional Belanda.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cruyff memiliki karir sepak bola yang cemerlang baik di klub maupun tim nasional negaranya, ia pernah memenangkan trofi Ballon D’Or sebanyak 3 kali (1971, 1973, dan 1974).

Bersama dengan klub Ajax, Cruyff berhasil membawa timnya meraih beberapa gelar liga dan 3 kejuaraan Eropa.

Sepanjang perjalanan karirnya, Cruyff dianggap sebagai legenda sepak bola sejati setelah berhasil bertahan di level atas selama 20 tahun sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 1984.

7. Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario juga dikenal sebagai ‘O Fenomeno’ sering disebut sebagai striker terhebat yang pernah lahir di dunia sepak bola.

Sejak pertama kali muncul di usia 17 tahun, Ronaldo telah dikenal sebagai anak muda berbakat yang memang ditakdirkan untuk mencapai hal-hal hebat dalam karirnya.

Ronaldo menjalani musim paling luar biasanya bersama dengan Barcelona, ia memenangi trofi Ballon D’Or pada tahun 1997 dan 2002.

Pada Piala Dunia 1998, Ronaldo berhasil mencetak 4 gol sebelum akhirnya mengalami kejang beberapa jam sebelum final, hal ini membuat Brazil menyerah pada tuan rumah Perancis.

Pada Piala Dunia 2002, Ronaldo menggemparkan publik karena berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dan memenangkan Sepatu Emas, ia juga berhasil membawa Brazil memenangkan Piala Dunia di tahun tersebut.

8. Michel Platini

Selain Zidane, Perancis juga masih memiliki pemain sepak bola terhebat sepanjang masa, yakni Michel Platini yang dikenal sebagai playmaker andal.

Pemain dengan nomor punggung 10 ini sering tampil hebat di setiap pertandingan dan mencetak beberapa gol penting di sepanjang karirnya.

Peraih trofi Ballon D’Or selama 3 tahun berturut-turut ini mencapai puncak karirnya saat mengantarkan Perancis meraih gelar Kejuaraan Eropa pada tahun 1984, setelah mencetak total 9 gol dalam 5 kali pertandingan.

Setelah meraih trofi internasional bersama Perancis dan memenangkan liga bersama Juventus dan St Etienne, Platini memutuskan untuk pensiun saat masih berada di puncak karir, tepatnya pada tahun 1987.

9. Cristiano Ronaldo

Pemain yang juga dipanggil dengan sebutan CR7 ini ditemukan oleh Sir Alex Ferguson dan kini berhasil mengukuhkan namanya sebagai salah satu pemain terhebat di generasi sekarang.

Selama karirnya di dalam lapangan, Ronaldo sudah memenangkan gelar Ballon D’Or sebanyak 5 kali dan terus menyumbangkan gol untuk Manchester United setelah pindah dari Juventus.

Tidak hanya itu, Cristiano Ronaldo juga berhasil mencatatkan namanya sebagai pemenang Liga Champions, UEFA Nations League, dan gelar pemain terbaik FIFA.

10. Lionel Messi

Superstar Barcelona yang kini telah pindah ke Argentina ini juga disebut sebagai salah satu pemain sepak bola terhebat di generasi ini, bersanding dengan Cristiano Ronaldo.

Messi pertama kali muncul ke panggung sepak bola sebagai anak La Masia FC pada tahun 2005, tepatnya saat ia masih berusia 18 tahun.

Messi terkenal dengan kemampuan free kick-nya yang mengagumkan, tapi di sisi lain ia juga seorang playmaker yang sering memberikan umpan indah dalam setiap pertandingan.

Selama karirnya, Messi telah memenangkan trofi Ballon D’Or sebanyak 6 kali, gelar Liga Champions, pemain terbaik FIFA, dan yang terbaru, Piala Dunia 2022.

Itu dia nama-nama pemain bola terhebat di dunia yang kiprah dan talentanya masih terus dikenang sampai hari ini.

Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti jejak mereka dan ingin tahu lebih banyak informasi seputar dunia sepak bola, kamu bisa membaca Buku Jago Sepak Bola untuk Pemula.

Buku ini akan membahas secara lengkap mengenai sejarah sepak bola, bagaimana peraturan permainan dalam pertandingan sepak bola, dan masih banyak lagi.

Untuk meningkatkan kemampuanmu, buku ini juga memberikan beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola, contoh pola formasi, dan beberapa variasi latihan yang bisa kamu ikuti.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan buku ini di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com