Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel Dari Berbagai Faktor

Kompas.com - 07/02/2023, 09:30 WIB
Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel Photo by anncapictures on Pixabay Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel
Rujukan artikel ini:
Rangkaian Listrik
Pengarang: Cekmas Cekdin
|
Editor Rahmad

Rangkaian listrik seri dan paralel memiliki fungsi yang berbeda-beda. Contohnya jika salah satu lampu di dalam rumah padam, maka lampu yang lain juga tidak padam, tetapi tetap menyala.

Namun, pada rangkaian seri, ketika salah satu lampu padam, maka lampu lainnya juga padam. Rangkaian seri dan paralel digunakan dalam kondisi dan pertimbangan yang berbeda.

Misalnya, proyek penerangan besar di gedung, penerangan rumah, baterai dan banyak lagi. Dalam praktiknya, ada banyak perbedaan rangkaian seri dan paralel dalam instalasi listrik. Ini juga berkaitan dengan karakternya yang sesuai dengan fungsi rangkaian listrik tersebut.

Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel

Perbedaan rangkaian seri dan paralel dapat dikenali dari beberapa faktor. Dimulai dengan pengorganisasian komponen elektronik atau elektrik, penggunaan kabel dan sakelar, konsistensi batasan umum dan komponen elektrik.

Berikut ini perbedaan rangkaian seri dan paralel yang bisa kamu pahami dari berbagai faktor:

1. Bagian-bagian atau Komponen Listriknya

Perbedaan pertama antara rangkaian listrik seri dan paralel adalah susunan komponen kelistrikannya. Identifikasi sirkuit dapat dilakukan dengan mudah, yakni hanya melihat bagaimana komponen listrik dipasang.

Seperti yang dibahas di atas, komponen rangkaian secara paralel biasanya ditempatkan secara seri dari sumber daya listriknya. Dalam hal ini, rangkaian seri biasanya disusun bertumpuk dengan catu daya. Perbedaan rangkaian seri dan paralel tidak terbatas pada itu.

Ada perbedaan lain pada kabel koneksi. Pada rangkaian paralel, semua komponen dihubungkan dengan percabangan, tetapi tetap terhubung dengan arus yaitu kutub negatif dan kutub positif.

Oleh karena itu, setiap cabang dialiri listrik dengan arus listrik yang berbeda. Namun, jenis rangkaian ini memiliki tegangan yang sama di setiap cabang.

Meskipun merupakan rangkaian seri, tetapi tidak semua komponennya bercabang, sehingga arah arus listriknya sama. Dengan cara ini, jumlah arus listrik yang mengalir dalam rangkaian adalah sama.

Namun, mereka memiliki level tegangan yang berbeda. Rangkaian seri memiliki tegangan yang merupakan jumlah dari semua hambatan. Kendala besar, bagaimanapun, berasal dari hasil bagi antara tegangan dan kekuatan arus listrik.

2. Penggunaan Kabel dan Saklar

Perbedaan antara rangkaian seri dan paralel terletak pada penggunaan kabel dan sakelar. Pemasangan atau rangkaian rangkaian komponen kelistrikan memerlukan sejumlah kecil kabel dan sakelar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karena itu, sering disebut sebagai seri dengan harga yang terjangkau. Jenis rangkaian ini sering digunakan untuk memasang listrik di rumah-rumah, misalnya pada baterai untuk remote control TV atau senter.

Sementara itu, pemasangan komponen listrik dengan rangkaian paralel membutuhkan banyak kabel dan sakelar. Misalnya, pada suatu kabupaten ini dikatakan memiliki beberapa cabang. Oleh karena itu, rangkaian paralel sering disebut sebagai rangkaian mahal.

Dari perspektif biaya, rangkaian seri untuk penerangan rumah tangga lebih disukai daripada rangkaian paralel.

3. Kontinuitas Komponen Listrik

Kontinuitas komponen kelistrikan merupakan salah satu faktor yang memisahkan rangkaian seri dan paralel. Dalam hal kesinambungan rangkaian seri, idenya adalah ketika saklar mati, semua komponen mati atau mati.

Hal ini dapat terjadi karena aliran listrik yang menghubungkan semua komponen mengalir dengan arah yang sama. Kemudian, menurut rangkaian rangkaian paralel, idenya adalah jika salah satu lampu padam, maka lampu yang lain juga tidak padam.

Hal ini bisa terjadi karena semua cabang rangkaian terhubung dengan listrik yang ada di kutub positif dan negatif.

4. Resistansi atau Hambatan Total

Perbedaan selanjutnya adalah pada resistansi keseluruhan. Besarnya resistansi total yang ada dalam rangkaian seri dapat ditentukan dengan menjumlahkan semua resistansi yang ada atau hanya resistansi.

Alasannya adalah aliran arus listrik melalui resistansi yang ada di rangkaian. Artinya, hambatan total dihasilkan dari jumlah rintangan 1, 2, dan seterusnya. Pada saat yang sama, koneksi paralel memiliki resistansi yang lebih rendah.

Alasannya adalah arus yang berbeda mengalir melalui masing-masing resistor di salah satu rangkaian. Ini berarti bahwa semua resistansi yang terhubung secara paralel dihasilkan dari jumlah satu resistansi per resistansi, satu resistansi per dua, dan seterusnya.

Buku Rangkaian Listrik yang ditulis Cekmas Cekdin bisa kamu jadikan referensi belajar tentang berbagai jenis rangkaian listrik. Termasuk bagaimana perbedaan rangkaian seri dan paralel yang memiliki karakteristiknya dalam instalasi listrik.

Buku ini juga berisi penjelasan teori yang singkat, padat, dan dilengkapi dengan contoh.

Kamu bisa pesan dan beli buku ini di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com