Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Rangkaian Listrik, Termasuk Rangkaian Gabungan-nya

Kompas.com - 07/02/2023, 08:35 WIB
Jenis Rangkaian Listrik Photo by anncapictures on Pixabay Jenis Rangkaian Listrik
Rujukan artikel ini:
Rangkaian Listrik
Pengarang: Tri Arief Sardjono
|
Editor Rahmad

Secara umum, rangkaian listrik adalah suatu rangkaian yang terdiri dari berbagai elemen listrik pasif seperti kapasitor, resistor, trafo, induktor, sumber arus, sumber tegangan, dan saklar.

Selain itu, secara umum, jenis rangkaian listrik terdiri dari dua jenis yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel. Tetapi ada juga kombinasi dari dua jenis sirkuit, yang disebut sirkuit campuran.

Jenis Rangkaian Listrik

Berikut ini jenis rangkaian listrik utama dan rangkaian dan gabungannya:

1. Jenis Rangkaian Listrik Seri

Jenis rangkaian listrik pertama adalah rangkaian seri. Model ini mungkin merupakan bentuk yang paling sederhana dibandingkan model lainnya. Hal ini karena dalam rangkaian seri, semua komponennya tersusun berurutan dan dalam satu garis lurus.

Jadi, pada rangkaian ini anda tidak akan menemukan susunan cabang pada instalasinya. Beberapa ciri yang biasa terdapat pada rangkaian seri adalah seperti berikut ini:

  • Model penyusunan rangkaian tipe seri relatif lebih sederhana karena tidak ada cabang.
  • Karena tidak ada cabang, metode serialisasi ini biasanya tetap pada satu baris.
  • Arus pada rangkaian seri memiliki nilai yang sama, artinya tegangan input dan output memiliki besaran yang tetap.
  • Jika jalur terputus, seluruh jalur akan berhenti atau tidak dapat berfungsi.

2. Rangkaian Paralel

Model instalasi listrik berikutnya adalah rangkaian paralel. Dalam hal pemasangan paralel, metode pengaturan juga ditempatkan berdampingan. Perbedaannya, bagaimanapun, adalah bahwa seri ini memungkinkan untuk banyak titik percabangan.

Meski susunannya tidak sesederhana sambungan seri, tetapi sistem paralel ini memiliki keunggulan lebih dari versi sebelumnya. Oleh karena itu, penggunaannya lebih populer dan meluas. Ciri-ciri rangkaian paralel antara lain:

  • Rangkaian jenis ini disusun secara paralel dan memiliki beberapa titik cabang
  • Konstruksi rangkaian listrik semacam itu secara teknis lebih rumit dibandingkan dengan rangkaian seri
  • Karena memiliki beberapa titik cabang, besar arus pada masing-masing cabang tidak sama
  • Instalasi paralel menghasilkan arus yang berbanding terbalik dengan resistansi
  • Resistansi total yang dihasilkan pada rangkaian jenis ini biasanya lebih rendah. Terutama dibandingkan dengan hambatan cabang instalasi paralel

3. Rangkaian Listrik Campuran

Rangkaian campuran dapat digambarkan sebagai kombinasi inovatif dari dua jenis sirkuit sebelumnya. Jadi, versi ini adalah kombinasi dari koneksi seri dan paralel.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang rangkaian jenis ini, pertimbangkan beberapa sifat dari rangkaian campuran berikut:

  • Model tata letak instalasi campuran adalah gabungan sambungan paralel dan seri
  • Rangkaian jenis ini memiliki susunan yang paling rumit dibandingkan dengan rangkaian seri atau paralel
  • Unggul dan fleksibel. Karena itulah jenis sirkuit ini paling banyak digunakan, sehingga dapat menyesuaikan dengan jenis medan yang Anda miliki
  • Hukum yang mengatur rangkaian seri dan paralel. Hal ini juga dipengaruhi oleh bahan-bahannya

4. Arus Searah atau DC

Sumber listrik arus searah (DC) adalah sumber energi listrik yang mampu menghasilkan arus listrik yang arahnya selalu tetap (konstan) dari muatan listrik potensial tinggi rendah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Arus searah ini biasanya ditemukan pada aplikasi tegangan rendah seperti baterai dan sebagian besar rangkaian elektronik yang juga memerlukan sumber daya atau arus searah (DC).

5. Rangkaian Alternating Current (AC)

Dalam rangkaian arus searah (DC), tegangan dan arus biasanya konstan. Namun, dengan rangkaian AC, nilai sesaat dari tegangan arus, dan karenanya daya, terus berubah karena dipengaruhi oleh input.

Dapat disimpulkan bahwa ketika terjadi reaktansi pada rangkaian AC, maka terdapat komponen daya akibat medan magnet/listrik yang ditimbulkan oleh komponen tersebut.

Hasilnya adalah daya ini, berbeda dengan komponen resistif murni, disimpan dan dikembalikan ke suplai saat bentuk gelombang sinus menyelesaikan siklus periodik.

Jadi, penarikan arus rata-rata dari suatu rangkaian adalah jumlah arus yang disimpan dan dikembalikan selama satu siklus penuh.

6. Rangkaian 1 Phase dan 3 Phase

Sistem tenaga rangkaian 1 phase dan 3 phase mengacu pada unit yang menggunakan arus bolak-balik (AC). Adapun yang membedakan keduanya adalah kontinuitas catu daya AC.

Nilai maksimum sistem AC fase tunggal adalah 90⁰ dan 270⁰, dengan putaran penuh 360⁰. Dengan lonjakan dan penurunan ini, daya tidak disalurkan dengan laju yang konstan.

7. Rangkaian Listrik Sederhana

Dibutuhkan 2 kabel agar lampu menyala, satu kabel netral dan yang lainnya kabel hidup. Dua kabel terhubung dari lampu ke papan suplai utama.

Kabel merah digunakan untuk tegangan dan kabel hitam digunakan untuk netral. Saklar, digunakan untuk mengontrol rangkaian listrik dengan menghidupkan dan mematikannya, ditempatkan pada kabel langsung antara suplai dan beban utama.

Buku Rangkaian Listrik yang ditulis Tri Arief Sardjono ini bisa kamu jadikan referensi mempelajari berbagai jenis rangkaian listrik.

Buku ini membahas rangkaian listrik dc termasuk rangkaian RLC dengan segala karakteristiknya dengan penjelasan yang jelas dan ringkas. Apakah kamu tertarik untuk membeli buku ini? Kamu bisa pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com