Bernilai Fantastis, Berikut Kegunaan Muntahan Ikan Paus Sperma

Kompas.com - 02/12/2021, 14:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik
Rujukan artikel ini:
Seri Anatomi Hewan : Paus…
Pengarang: David West
|
Editor Novia Putri Anindhita

Apa yang ada di dalam benak kamu saat mendengar kata muntah? Pasti yang langsung terbersit dalam otak adalah suatu hal yang menjijikkan.

Namun, bagaimana jika harga dari sebuah muntahan ternyata bisa membuat kamu menjadi kaya raya?

Faktanya, memang terdapat muntahan yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi, yaitu muntahan ikan paus sperma atau yang dikenal dengan nama ambergris.

Bisa dibilang ambergris merupakan sesuatu yang amat berharga, sehingga mempunyai harga yang begitu fantastis di pasaran.

Karena selain langka dan sulit diperoleh, perlu waktu yang lama bagi paus sperma untuk menghasilkan ambergris.

Bentuk dan tekstur yang dihasilkan dari ambergris ini menyerupai bongkahan lilin yang dikeluarkan lewat saluran physeter macrocephalus.

Ketika ambergris ini keluar, akan tercium aroma bau busuk yang berwarna hitam, namun setelah dibiarkan cukup lama, bau busuk tersebut akan berubah harum seperti bau kasturi.

Kegunaan Muntahan Ikan Paus Sperma

1. Sebagai Penambah Rasa pada Makanan dan Minuman

Percaya atau tidak, ambergris ternyata bisa diolah dan dikonsumsi sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman, seperti cokelat dan es krim.

Hingga beberapa restoran elite menambahkan ambergris pada menu makanan dan minuman di restoran mereka, sehingga membuat harga yang menguras kantong bagi para pelanggan.

2. Sebagai Bahan Campuran Parfum

Salah satu penyebab mengapa ambergris bisa bernilai fantastis adalah karena dibutuhkan sebagai bahan baku dalam industri parfum yang peminatnya cukup tinggi.

Aroma lembut yang memanjakan indra penciuman dari ambergris bisa menjadi bahan baku berkualitas tinggi untuk campuran parfum yang dapat mengikat wangi parfum pada permukaan kulit lebih lama, sehingga tidak cepat menguap.

3. Digunakan untuk Bahan Pengobatan

Ambergris ternyata bisa dipakai untuk bahan pengobatan herbal yang bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti batuk, pilek, hingga jantung.

Alasan di Balik Tingginya Harga Ambergris

Selain memiliki segudang manfaat seperti yang telah disebutkan, alasan harganya yang tinggi karena amergris sulit didapatkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Faktanya, tidak semua paus bisa menghasilkan ambergris.

Hanya paus sperma jantan yang bisa menghasilkan ambergris dengan persentase 1% dari 350 ribu ekor paus, sehingga tidak aneh jika ambergris menjadi sesuatu yang amat langka dan berharga.

Ambergris sendiri merupakan isi perut paus sperma jantan yang di dalamnya terdapat benda-benda yang ditelan oleh paus sperma jantan, seperti tulang ikan, cangkang kepiting, hingga kepala cumi-cumi yang dicerna oleh enzim usus menjadi ambergris.

Menurut penelitian, ambergris mempunyai 546 jenis kolesterol dan salah satunya adalah amberine, alkohol yang tidak memiliki bau, sehingga dapat digunakan menjadi bahan dasar parfum agar aromanya bisa bertahan lama.

Fakta menarik lainnya dari ambergris adalah saat dikeluarkan dari tubuh paus, bentuknya keras seperti batu dan biasanya akan ditemukan di tepi pantai jika kamu beruntung bisa menemukannya.

Betapa luar biasa menakjubkannya makhluk ciptaan Tuhan dengan segala bentuk dan yang dihasilkannya.

Nah, untuk kamu yang mungkin ingin mengenalkan hewan paus kepada anak-anak beserta anatominya, ada satu rekomendasi buku yang dapat kamu baca.

Rekomendasi Buku Anatomi Hewan

Buku Seri Anatomi Hewan: Paus dan Mamalia Lainnya bisa menjadi bahan referensi untuk mengenalkan anak-anak pada paus dan mamalia lainnya.

Buku ini sangat tipis dan to the point karena langsung menampilkan gambar paus dan mamalia lainnya beserta dengan bagian anatomi pada tubuh mereka.

Gambar yang ditampilkan pun tampak memikat dengan warna terang yang mampu memperlihatkan berbagai organ tubuh pada setiap hewan.

Tidak hanya itu, terdapat juga sedikit penjelasan akan fungsi dari masing-masing organ, sehingga anak-anak tidak hanya mengenal bentuk anatominya, tapi juga fungsi dari masing-masing anatomi.

Hanya dengan sekali duduk, anak-anak akan mampu menyerap dan belajar banyak akan anatomi hewan, tanpa merasa takut ataupun jijik.

Terdapat pula buku Seri Anatomi Hewan lainnya dengan pembahasan yang beragam, seperti Buaya dan Reptilia Lainnya, Laba-laba dan Hewan Merayap Lainnya, Penguin dan Unggas Lainnya, Hiu dan Ikan Lainnya, serta Katak dan Amfibi Lainnya.

Seluruh buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.