Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tugas Staf Gudang yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

Kompas.com - 06/12/2022, 18:00 WIB
Tugas Staff Gudang  Sumber Gambar: Pexels.com Tugas Staff Gudang 
Rujukan artikel ini:
Siasat Agar Karier Melesat (How…
Pengarang: Dale Carnegie
|
Editor Ratih Widiastuty

Tugas staf gudang pastinya ialah mengkoordinasikan masalah stok barang yang akan didistribusikan kepada konsumen, tapi masih banyak di antara kita semua yang bertanya-tanya, apa saja tugas mereka yang sesungguhnya.

Biasanya perusahaan industri atau penyedia jasa logistik tentunya akan mempunyai gudang yang membutuhkan pegawai untuk mengelolanya.

Salah satu pegawai yang diperlukan untuk mengelola gudang atau warehouse ialah staf gudang yang memiliki peranan penting di dalamnya.

Staf gudang biasanya mempunyai pekerjaan yang tidak terlalu sulit, tapi harus memiliki fisik yang sehat, prima, dan kuat ketika mengerjakannya.

Tidak hanya itu, untuk menjadi seorang staf gudang juga dibutuhkan loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi agar mampu bekerja keras selama bekerja pada perusahaan.

Staf gudang sendiri bisa menjadi pegawai kontrak, tetap, atau harian tergantung perusahaan tempat mereka bekerja.

Selain fisik dan karakter seperti yang disebutkan di atas, seorang staf gudang juga harus memiliki kriteria seperti memahami matematika dasar, paham mekanisme supply chain, dapat melakukan administrasi gudang, mampu bekerja sama dengan tim, teliti, dan bisa berkomunikasi.

Selain hard skill, soft skill pun mutlak dibutuhkan seorang staf gudang untuk membantu mereka memperlancar urusan pekerjaan yang tentunya akan melibatkan banyak orang di dalamnya.

Lalu, apa saja tugas seorang staf gudang yang masih jarang diketahui banyak orang? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Tugas Staf Gudang

1. Mencatat Keluar Masuknya Barang

Kegiatan distribusi barang tentunya tidak akan lepas dengan keluar masuknya barang ke gudang, sehingga diperlukan catatan yang mendata kegiatan ini agar semua distribusi bisa berjalan lancar.

Staf gudang akan melakukan pengawasan dan mendata setiap barang yang keluar dan masuk agar stok barang bisa terpantau dengan lebih jelas.

2. Menyusun Barang

Tugas selanjutnya dari staf gudang ialah menyusun barang atau produk sesuai dengan ketentuan, seperti tanggal masuk, kondisi, dan kategori lainnya.

Hal ini dilakukan supaya proses distribusi barang bisa berjalan secara jauh lebih praktis dan efisien.

3. Melakukan Pengecekan Barang Secara Berkala

Tugas rutin yang dilakukan staf gudang secara berkala adalah mengecek kondisi barang, apakah kuantitas dan kualitasnya masih dapat memenuhi standar distribusi pada konsumen.

Tugas ini harus dilakukan secara berkala sesuai dengan data yang ada agar semuanya dapat terkontrol dengan baik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Mempersiapkan Proses Penyimpanan dan Pengiriman Barang

Ketika ada produk atau barang yang dipesan dan dibeli oleh konsumen, maka staf gudang harus mempersiapkan proses pengiriman dan penyimpanan produk.

Staf gudang pun mesti mengecek kembali apakah pesanan sudah sesuai, mulai dari jumlah, packing, administrasi, dan pengiriman harus sesuai standar perusahaan.

5. Melakukan Koordinasi dengan Tim

Saking rumitnya pekerjaan yang berlangsung di gudang, maka staf gudang harus berkoordinasi dengan berbagai tim agar menjaga proses penataan, mengategorikan, dan pencatatan barang sesuai dengan standar perusahaan.

Jadi bisa dipastikan seluruh anggota staf gudang harus memahami dan mengerti tugas masing-masing agar proses distribusi barang tidak menjadi kacau.

6. Mengikuti SOP dan Prosedur Perusahaan

Agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kekacauan, maka staf gudang harus mematuhi dan mengikuti prosedur dan SOP perusahaan mengenai pendistribusian, penyediaan barang, hingga merawat produk dan warehouse itu sendiri.

Hal ini pun dilakukan untuk membentuk sinergi antara anggota staf gudang dengan perusahaan agar berjalan berkesinambungan.

Meskipun tampak mudah untuk dikerjakan, tapi pada kenyataannya menjadi seorang staf gudang tidaklah sesimpel itu.

Dibutuhkan dedikasi, keuletan, dan kerja keras untuk dapat menjalankan tugas staf gudang dengan baik dan benar.

Supaya jenjang karier bisa terus naik dan berkembang, maka diperlukan strategi dan usaha untuk mewujudkannya.

Buku Siasat Agar Karier Melesat yang ditulis oleh Dale Carnegie bisa dijadikan pedoman yang sangat tepat untuk memahami apa saja yang mesti dilakukan.

Di sini, Dale Carnegie memberikan tip mengenai keterampilan yang mesti dikembangkan supaya mencapai kemajuan dalam jenjang karier.

Kamu akan mendapatkan beberapa ilmu baru seperti mengembangkan personal branding, meningkatkan keterampilan manajemen, mengasah kemampuan public speaking, dan masih banyak lagi.

Kapan lagi bisa belajar sekaligus membantu membuka peluang meningkatkan karier.

Yuk, langsung order bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.