Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bacaan Doa Keluar Rumah Serta Tata Caranya yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 15/11/2022, 08:30 WIB
doa masuk dan keluar rumah Sumber: islampos doa masuk dan keluar rumah
Rujukan artikel ini:
Panduan Salat, Zikir, Dan Doa…
Pengarang: M. FADHIL RAHMI, LC.
|
Editor Rahmad

Islam mengatur dengan sangat terperinci segala aspek kehidupan setiap umatnya, termasuk dalam adab bepergian yang di antaranya adalah membaca doa keluar rumah.

Berdoa artinya adalah memohon atau meminta pertolongan kepada Allah SWT dalam kondisi apapun. Baik dalam kondisi senang maupun kondisi sulit. Doa juga merupakan sebuah unsur yang paling esensial dalam beribadah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa ‘Doa itu adalah ibadah” dan “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain berdoa kepada-Nya, sedangkan kita berada dalam keadaan lapang.”

Supaya doa yang kita panjatkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT, maka pada saat berdoa kita perlu memperhatikan hal-hal pokoknya. Adapun hal yang perlu untuk kita perhatikan sebelum berdoa yaitu tata cara berdoanya, waktu, serta tempat berdoa.

Berikut ini akan diulas mengenai doa keluar rumah beserta dengan tata cara doa keluar rumah yang perlu untuk kamu ketahui. Supaya bisa kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Keluar Rumah

doa masuk dan keluar rumah doa masuk dan keluar rumah

Sejak kecil, pasti kamu sudah diajarkan hafalan dari kumpulan doa sehari-hari. Mulai dari doa makan, doa mau tidur, bangun tidur, doa masuk kamar mandi, sampai doa masuk rumah dan doa keluar rumah.

Doa keluar rumah juga sangat singkat, bahkan rasanya dapat dihafalkan dalam hitungan detik saja, sehingga, sudah sepantasnya selalu membiasakan diri untuk membaca doa keluar rumah Ketika kita hendak bepergian, baik dalam waktu yang lama ataupun sebentar.

Bagi umat muslim, doa keluar rumah ini memiliki tujuan supaya mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari segala marabahaya.

Doa Keluar Rumah Pertama

Terdapat dua doa keluar rumah yang bisa kamu hafalkan, yaitu:

Doa keluar rumah yang pertama adalah:

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Doa Keluar Rumah Kedua

Sementara itu, doa keluar rumah yang kedua adalah:

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Tata Cara Doa Keluar Rumah

Tidak hanya pada saat masuk ke dalam rumah saja, saat keluar rumah juga umat muslim hendaknya dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Apalagi, jika rumahnya adalah rumah baru yang memerlukan banyak energi positif dari berdoa.

Doa keluar rumah tepat dibaca saat hendak bepergian, seusai mengunci pintu serta sebelum menaiki kendaraan yang akan digunakan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa doa keluar rumah memiliki keutamaan yaitu meminta perlindungan kepada Allah SWT selama kita berada di luar rumah.

Jika tata cara berdoa secara umum sudah disebutkan di atas, maka khusus tata cara doa keluar rumah adalah sebagai berikut:

  • Dalam keadaan suci.
  • Dianjurkan menghadap kearah kiblat.
  • Mengangkat kedua tangannya dengan telapak tangan yang terbuka di depan dada, tepatnya adalah berada di pertengahan dada.
  • Memuji Allah SWT dan bershalawat kepada Rasulullah SAW.
  • Membaca doa-doa.
  • Keluar rumah dengan mendahulukan kaki kiri.

Itulah tadi doa keluar rumah yang perlu kamu baca ketika kamu hendak keluar rumah dan tata cara doa keluar rumah yang perlu untuk kamu ketahui. Untuk mengetahui doa sehari-hari lainnya selain doa keluar rumah, kamu bisa membaca serta menghafal doa dengan membaca buku kumpulan doa.

Salah satunya adalah buku yang berjudul Panduan Salat, Zikir, Dan Doa Praktis Sehari-Hari. Buku ini berisikan kumpulan zikir serta doa yang dapat diamalkan setelah menunaikan shalat, baik itu salat fardu ataupun shalat sunnah.

Zikir dan doa merupakan dua hal yang saling berkaitan, dengan begitu semua umat muslim dapat mengingat Allah. Sebab, zikir merupakan rangkaian pendahuluan dari doa. Zikir dan doa mampu menjauhkan diri daripada perkara yang dimurkai oleh Allah dan dijauhkan dari ancaman siksa neraka.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com