Ini 4 Jenis Sujud dan Doanya Menurut Ajaran Islam

Kompas.com - 19/09/2022, 14:30 WIB
jenis-jenis sujud Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash jenis-jenis sujud
Rujukan artikel ini:
Pelita Sang Ahli Sujud
Pengarang: Royhan Firdausy
|
Editor Rahmad

Selain jadi salah satu gerakan shalat, sujud juga jadi bentuk memasrahkan diri pada Allah SWT. Itulah sebabnya sebagai umat muslim, sebaiknya kita mengetahui apa saja jenis-jenis sujud dan Do'anya.

Dalam praktiknya, ada beberapa jenis sujud selain sujud dalam sholat. Antara lain adalah jenis sujud sahwi, sujud tilawah, dan sujud syukur. Apa perbedaanya dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Sujud

Sujud adalah bagian dari gerakan shalat. Gerakan sujud ini juga merupakan salah satu gerakan favorit Nabi Muhammad SAW dan merupakan gerakan yang mulia. Sujud ini menunjukan kelemahan kita sebagai manusia dan juga merupakan bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT.

Hal ini karena kita hanyalah hamba kecil yang tak berdaya tanpa pertolongan Allah SWT. Sujud adalah bagian dari gerakan shalat, tetapi bisa juga sujud dalam kondisi tertentu. Makna sujud juga tergantung dari sujud yang kita lakukan.

Cara sujud yang baik menurut aturan shalat adalah dengan meletakkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan ujung jari kaki di atas sajadah yang digunakan untuk shalat. Untuk menunjukkan jarak antara gerakan ini diulang beberapa kali selama shalat.

Indahnya sujud adalah ketika kita menyadari bahwa kita lemah dan tidak berdaya serta tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin dan kuasa Tuhan.

Jenis-jenis Sujud dan Do'anya

Berikut ini jenis-jenis sujud dan doanya yang perlu kamu ketahui berdasarkan ajaran islam:

1. Sujud Dalam Shalat

Dalam hadist Rasulullah Saw juga beliau mengajarkan bagaimana cara melakukan sujud yang baik dan benar. Tetapi beliau tidak mengajarkan harus membaca sesuatu saat bersujud.

Jika membaca sesuatu saat sujud adalah hal yang wajib, Rasulullah SAW pasti akan mengajarkan hal tersebut pada umatnya. Berdasarkan pandangan lain dari mazhab Al-Hanabilah menunjukan bahwa membaca doa saat sujud hukumnya wajib.

Jika seseorang sengaja tidak membaca doa ketika bersujud maka shalatnya batal. Tetapi, jika seseorang lupa membaca doa sujud dalam shalatnya maka tetap sah. Kemudian disunahkan untuk melakukan jenis sujud sahwi dalam shalatnya.

Ada tujuh jenis doa sujud dalam shalat yang diajarkan oleh Rasulullah Saw untuk dilakukan seperti berikut ini:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى

Artinya: “Maha Suci Rabbku yang Maha Tinggi.”

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Artinya: “Maha Suci Rabbku yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepadaNya.”

سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ، رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ

Artinya: “Maha Suci, Maha Mulia, Rabbnya para Malaikat dan Ruh.” (H.R. Muslim No. 487).

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي

Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah, wahai Rabb kamu, dan dengan memuji-Mu, ya Allah, berilah ampunan untukku.”

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ، وَجُلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّه

Artinya: “Ya Allah ampunilah seluruh dosaku, yang sekecil-kecilnya dan sebesar-besarnya, yang pertama dan terakhir, yang terang-terangan dan yang tersembunyi.”

اللهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ، سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ، وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Artinya: “Ya Allah, kepadaMulah aku bersujud, kepada-Mu aku beriman dan kepada-Mulah aku menyerahkan diriku. Dan Engkau Rabb-ku. Wajahku bersujud kepada Zat yang telah menciptakan dan membentuknya maka baikkanlah untukku. Dan yang telah menjadikan diriku mendengar dan melihat maka Maha Suci Allah, sebaik-baiknya pencipta.”

سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

Artinya: “Maha Suci pemilik Keperkasaan, dan Kekuasaan, dan Keangkuhan, dan Keagungan.”

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Sujud Sahwi

Jenis sujud sahwi dilakukan saat kamu lalai atau lupa melakukan gerakan maupun bacaan dalam shalat. Jika kamu merasa ragu dengan rakaat yang telah dilakukan saat shalat, maka kamu dapat melakukan sujud sahwi agar shalat tetap sah.

Berikut ini doa sujud sahwi menurut ajaran islam:

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Artinya

"Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa"

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَسْهُو وَلَا يَنَامُ

Artinya

“Maha Suci Dzat yang tidak lupa dan tidak tidur”

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَسْهُو وَلَا يَغْفُلُ

Artinya

“Maha suci Zat yang tidak lupa dan tidak lalai”

3. Sujud Tilawah

Sujud Tilawah Dilakukan jika kamu membaca dan mendengar ayat sajdah. Maka kita harus sujud dan membaca doa sujud tilawah seperti berikut ini:

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Artinya

“Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta,” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi, dan Nasa'i)

4. Sujud Syukur

Sujud syukur biasanya dilakukan saat sedang mendapatkan nikmat dari Allah. Maka sebagai hambanya, kita berterimakasih dengan cara bersujud dan berdoa seperti berikut ini:

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Artinya

“Wajahku bersujud kepada Zat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan memberi pendengaran dan penglihatan, Maha Berkah Allah sebaik-baiknya pencipta”

Buku Pelita Sang Ahli Sujud yang ditulis Royhan Firdaus bisa kamu jadikan referensi untuk memahami berbagai makna sujud dalam kehidupan kita, termasuk melakukan sujud sahwi. Buku ini mengajak pembaca memahami dan meneladani Sayyidina Ali Zainal Abidin yang bergelar sang ahli sujud (as-Sajjad).

Ia adalah sosok yang patut dijadikan teladan. Selain nasabnya yang mulia sebagai cucu Rasulullah saw., iman dan taqwanya juga luar biasa. Ibadahnya rajin dan istiqomah, sujud menjadi kebiasaannya, akhlak dan kepribadiannya sangat baik dan nasihat-nasihatnya sejuk penuh dengan hikmah.

Itulah sebabnya buku ini cocok untuk kamu baca yang haus akan pengetahuan tentang cara memperbaiki diri. Terutama di jalan Allah SWT sebagai pilihan yang tepat sebagai umat muslim.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.