Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Laki-laki Bisa Hamil? Baca Penjelasannya Berikut Ini

Kompas.com - 27/10/2022, 12:00 WIB
Apakah Laki-Laki Bisa Hamil Sumber Gambar: Pexels.com Apakah Laki-Laki Bisa Hamil
Rujukan artikel ini:
Menjalani Kehamilan & Persalinan Yang…
Pengarang: Dr. Irfan Rahmatullah, Sp.…
|
Editor Ratih Widiastuty

Mendengar pertanyaan “apakah laki-laki bisa hamil?” mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal, karena pada dasarnya hanya kaum wanita saja yang mampu mengandung dan melahirkan anak.

Namun, akhir-akhir ini sering kita dengar pula kabar tentang beberapa laki-laki di luar negeri yang mengaku tengah mengandung alias hamil.

Akan tetapi, apakah benar pengakuan mereka tersebut jika dilihat dari ilmu medis dan kesehatan? Jawabannya tentu saja laki-laki seutuhnya tidak bisa hamil karena tidak memiliki rahim sama sekali.

Namun, akan lain ceritanya jika laki-laki tersebut merupakan seorang transgender yang memungkinkan untuk dapat hamil jika rahim mereka masih ada di dalam tubuh.

Menurut kodratnya, kaum laki-laki memang ditakdirkan untuk tidak bisa mengandung anak karena diperlukan rahim dan ovarium yang hanya dimiliki oleh kaum perempuan.

Untuk lebih jelasnya baca penuturan berikut ini.

Apakah Laki-laki Bisa Hamil?

Perlu diketahui dahulu sebelumnya jika seseorang ingin bisa mengandung, maka mereka harus mempunyai rahim dan ovarium yang berperan penting dalam proses kehamilan.

Seperti yang kita ketahui selama ini laki-laki tidak memiliki organ reproduksi yang mendukung mereka untuk mampu mengandung atau hamil layaknya seorang perempuan.

Rahim merupakan organ reproduksi yang dibutuhkan sebagai tempat bagi janin untuk tumbuh dan berkembang selama proses kehamilan berlangsung.

Secara biologis, laki-laki hanya memiliki organ reproduksi berupa penis dan testis, tidak ada rahim sama sekali yang memampukan mereka untuk dapat hamil.

Hal ini pula yang membedakan antara laki-laki dan perempuan.

Karakteristik mereka yang sudah tercipta secara sosial melalui perbedaan jenis kelamin biner tradisional sebagai pria dan wanita.

Jenis kelamin sendiri dapat menentukan peran, baik secara sosial, norma, serta ekspektasi yang membedakan antara laki-laki dan perempuan.

Karakteristik ini sendiri bersifat subjektif tergantung budaya, masyarakat, dan kelas sosial di masing-masing negara.

Sehingga, bisa saja seseorang mengidentifikasi gendernya tidak sesuai dengan norma yang berlaku karena menganggap ada yang berbeda dalam diri mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jadi, bisa saja ada seseorang yang terlahir sebagai perempuan, tapi mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki yang disebut sebagai transgender.

Dan, laki-laki transgender inilah mungkin yang boleh dibilang dapat mengandung karena masih mempunyai rahim di dalam tubuhnya.

Sementara untuk laki-laki pada umumnya, sangat mustahil untuk dapat hamil karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketiadaan rahim dan ovarium pada organ reproduksi laki-laki tidak akan bisa membuat mereka hamil.

Jadi, jawaban dari pertanyaan “apakah laki-laki dapat hamil?”, yakni tergantung perspektif mana yang ingin digunakan.

Rekomendasi Buku Kehamilan

Daripada bingung, rekomendasi buku tentang kehamilan ini bisa kamu gunakan sebagai bahan persiapan sebelum dan sesudah melahirkan yang pastinya akan sangat bermanfaat.

Buku Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat akan memberikan segudang ilmu dan wawasan tentang kehamilan yang tentunya sangat dibutuhkan bagi pasangan yang tengah merencanakan untuk segera memiliki anak.

Tidak hanya membahas hal-hal saat kehamilan berlangsung saja, buku ini juga turut mengupas dari awal perencanaan kehamilan sampai bayi lahir dari kandungan.

Terdapat salah satu pembahasan yang menarik juga, seperti bayi tabung yang mungkin informasi atau edukasinya masih sangat minim serta sedikit di Indonesia.

Program medis yang membantu pasangan untuk segera memiliki momongan ini bisa dikatakan merupakan jalan pintas yang dapat dicoba jika sudah mengerahkan seluruh usaha, tapi tetap sulit untuk mendapatkan keturunan.

Seluruh informasi tentang bayi tabung akan dikupas secara lengkap, sehingga tidak ada lagi salah kaprah yang menyertainya.

Buku ini pun dikemas dengan cara yang ringan, ringkas, dan padat yang membuat siapa saja yang membacanya akan dengan mudah dan betah menyerap seluruh informasi tentang kehamilan yang dibahas.

Dilengkapi dengan ilustrasi semakin memudahkan pembaca untuk dapat memahami setiap materi yang dijelaskan.

Jadi, tunggu apa lagi, bagi kalian pasangan yang berencana ingin segera memiliki keturunan, maka segera pesan dan beli bukunya melalui situs Gramedia.com atau akses buku digitalnya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com