Ini 6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Bermain Teka-Teki Sulit

Kompas.com - 19/09/2022, 13:30 WIB
manfaat mengisi teka teki saat waktu luang Sumber: idntimes manfaat mengisi teka teki saat waktu luang
Rujukan artikel ini:
Teka-teki Milenium
Pengarang: Ninik Yap
|
Editor Rahmad

Tidak hanya kesehatan tubuh yang harus dijaga sampai kita menginjak usia tua, kondisi otak pun tidak boleh luput dari perhatian kita. Kamu tentu tidak ingin punya badan yang tetap bugar, tetapi mudah lupa atau pikun.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mengasah kemampuan otak supaya tetap cemerlang hingga usia tua. Salah satu cara mudahnya adalah bisa dengan mengisi atau bermain teka-teki sulit.

Bermain teka-teki sulit yang sering menjebak ini ternyata dapat membantu melatih otak untuk terus berpikir. Tidak hanya itu, permainan ini juga bisa memicu otak untuk menganalisis, melatih kecerdasan emosional, serta menguji daya ingat kita. Maka dari itu, permainan ini juga sekaligus membantu kembali menyegarkan otak kita supaya bisa bekerja lebih optimal.

Manfaat Bermain Teka-Teki

manfaat mengisi teka teki saat waktu luang manfaat mengisi teka teki saat waktu luang

1. Melatih kerja otak

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka semakin terbatas pula kegiatan yang bisa dilakukan. Namun, hal ini seharusnya tidak menghalangi kita untuk mencari kegiatan yang berfungsi untuk melatih kinerja otak. Salah satunya melalui aktivitas bermain teka-teki.

Permainan ini melibatkan kedua sisi otak, baik itu otak kanan maupun otak kiri, sehingga mampu melatih kerja otak secara menyeluruh. Otak kanan akan memproses kreativitasnya, sedangkan otak kiri akan memproses logika.

Dengan begitu, bermain teka-teki ini bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang secara menyeluruh.

2. Mempertahankan keterampilan kognitif

Jika kamu setidaknya bermain teka-teki selama 90 menit dalam satu minggu, maka ini bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam berpikir sekaligus juga meningkatkan kadar kecerdasannya. Dengan begitu, akan ada banyak kemampuan kognitif yang terlatih saat bermain teka-teki.

3. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

Bermain teka-teki sulit, membutuhkan sebuah pemikiran yang kritis dan juga solusi yang kreatif. Jika kamu memainkan permainan teka-teki sulit ini secara rutin, maka kemampuan dalam menyelesaikan masalah bisa akan meningkat. Pasalnya, seiring dengan berjalannya waktu, kita akan melihat bahwa permainan ini sebagai suatu masalah yang harus diselesaikan.

Setiap teka-teki sulit pastinya memiliki pendekatan atau cara yang berbeda hingga akhirnya berhasil untuk diselesaikan. Jadi, kita harus memikirkan cara yang berbeda-beda pula saat hendak menyelesaikannya. Proses berpikir inilah yang bisa membantu kita dalam memiliki kemampuan perhitungan yang kuat.

4. Mendisiplinkan diri

Bermain teka-teki sulit dapat membantumu dalam mendisiplinkan diri. pasalnya, kebanyakan teka-teki membutuhkan waktu sekitar satu jam sampai kita berhasil menyelesaikan seluruh teka-teki tersebut. Ketika kamu mulai untuk mengisi teka-teki ini, tanpa sadar kamu akan melakukan komitmen mental.

5. Mempertajam ingatan

Bermain teka-teki sulit bisa meningkatkan kemampuan otak secara umum. Mengisi teka-teki mengharuskan kamu untuk terus berpikir dan melakukan analisis. Selain itu, bermain teka-teki juga bisa membantu kamu dalam mempertajam ingatan, khususnya ingatan dalam jangka pendek.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pasalnya, seringkali pertanyaan di dalam teka-teki sulit menuntut kamu untuk membongkar ingatan tentang nama tokoh, tempat, peristiwa, maupun istilah tertentu, dan sebagainya. Hal itulah yang akan kembali menyegarkan ingatan kamu.

Secara tidak langsung, teka-teki pun bisa meningkatkan kecerdasan verbal atau bahasa, karena kosakata kamu akan semakin diperkaya dengan seringnya kamu mengerjakan teka-teki.

6. Mencegah demensia dan alzheimer

Tidak berhenti di situ, teka-teki juga bisa mencegah kamu mengalami demensia dan juga alzheimer. Demensia atau pikun merupakan sebuah kondisi di mana sel otak mengalami penurunan fungsi yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan dalam mengingat, sulit untuk beraktivitas, dan lupa akan kejadian sebelumnya.

Meski seringkali dianggap sebagai sebuah fenomena yang wajar, demensia ternyata memiliki dampak yang serius karena bisa menimbulkan sejumlah komplikasi termasuk depresi. Demensia juga bisa dicegah dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas yang mampu menstimulasi kemampuan otak, seperti permainan teka-teki.

Berbagai penelitian juga sudah membuktikan hal tersebut. Kaum usia lanjut yang rutin bermain teka-teki atau permainan yang mengasah otak lainnya, lebih rendah terkena risiko mengalami kerusakan otak atau gangguan memori.

Dari segi kesehatan mental, bermain teka-teki memiliki dampak positif bagi emosi seseorang, harus diakui, jika teka-teki adalah permainan yang cukup seru. Bermain permainan ini saat waktu luang, di tengah tekanan pekerjaan, bisa membantumu dalam mengurangi stres.

Mengisi teka-teki sulit bukanlah suatu permainan yang tak layak untuk dilirik. Permainan yang sederhana ini justru bisa mendatangkan banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan otak, mental, dan juga sosial.

Pasalnya, di era milenium ini, hidup memang terasa begitu cepat yang mampu menyebabkan orang mengalami berbagai tekanan yang bisa berujung stres dan depresi. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan teka-teki sebagai pilihan mengisi waktu kosong.

Buku Teka Teki Milenium misalnya. Buku ini sangatlah ringan, sehingga tidak memerlukan pemikiran yang terlalu kuat dan dalam untuk menyelesaikannya. Kamu hanya cukup membacanya dan silahkan kamu tersenyum kalau kamu menemukan hal yang lucu di dalamnya. Buku ini bisa menjadi hiburan buat kamu yang sedang suntuk.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.