Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Gunung Jaya Wijaya Sebagai Gunung Tertinggi di Indonesia!

Kompas.com - 14/09/2022, 12:30 WIB
fakta tentang gunung tertinggi di Indonesia Sumber: katalogwisata fakta tentang gunung tertinggi di Indonesia
Rujukan artikel ini:
Mari Mendaki Gunung dari Leuser…
Pengarang: Hatib Abdul Kadir
|
Editor Rahmad

Gunung Jayawijaya adalah gunung yang membentang luas di tanah Papua, yang dinobatkan sebagai puncak tertinggi di Nusantara. Gunung ini juga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian sekitar 4.884 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung ini juga dinobatkan sebagai atap pelindung Indonesia.

Gunung Jaya Wijaya atau yang dikenal juga dengan sebutan Gunung Cartenz Pyramid terletak di Provinsi Papua yang membentang luas sampai Papua Nugini.

Terletak di pegunungan Barisan Sudirman Jayawijaya, wisata Puncak Jayawijaya mampu memberikan pesona keindahan alamnya yang spektakuler dan unik. Selain itu, yang menjadi salah satu keistimewaannya adalah salju yang tebal di puncak gunung tersebut.

Jayawijaya adalah satu-satunya gunung dengan puncak bersalju yang ada di Indonesia. Menjadi salah satu objek wisata, gunung ini memiliki jalur yang ekstrim sekaligus juga menantang untuk dilalui. Namun, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk para pendaki di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Selain itu, masih ada banyak lagi tentang fakta menarik dari gunung tertinggi di Indonesia ini. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui fakta-fakta tentang gunung tertinggi di Indonesia ini.

Fakta Menarik tentang Gunung Jaya Wijaya

Fakta Menarik tentang Gunung Jaya Wijaya Fakta Menarik tentang Gunung Jaya Wijaya

1. Orang pertama yang sampai ke puncak gunung Jaya Wijaya

Heinrich Harrer adalah orang pertama yang berhasil mencapai ke puncak gunung tertinggi di Indonesia ini. ia adalah seorang pria yang berkebangsaan Austria yang berhasil menjadi orang pertama yang mencapai puncak Jaya Wijaya di tahun 1962.

Pendakiannya dibantu oleh 3 anggota ekspedisi lainnya, yaitu Russell Kippax, Bertus Huizenga, serta Robert Philip Temple, akhirnya Heinrich berhasil menaklukan gunung Jaya Wijaya yang menjadi gunung tertinggi di Indonesia.

2. Memiliki Salju Abadi

Indonesia memiliki status sebagai negara yang beriklim tropis karena dilintasi oleh garis khatulistiwa atau garis lintang yang memanjang, yang membuat mustahil Indonesia dihiasi oleh salju.

Akan tetapi, uniknya, salju bisa ditemukan di puncak Jaya Wijaya. Hal ini juga yang menjadikan Gunung Jaya Wijaya sebagai satu-satunya tempat yang bersalju di Indonesia.

3. Gletser di Puncak Gunung

Selain dilapisi salju pada puncaknya, Gunung ini juga dilengkapi dengan gletser. Gletser adalah lapisan es yang terbentuk akibat dari adanya tumpukan salju yang selama puluhan tahun.

Kondisi ini juga memberikan keuntungan sebagai sumber persediaan air tawar untuk kawasan di sekelilingnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Dinamai Cartenz

Gunung Jaya Wijaya juga dinamai dengan Carstenz. Nama Carstenz sendiri diambil dari cerita sejarah di tahun 1623, ketika pelaut Belanda, Jan Carstenz melihat puncak gunung ini melalui teropong dalam pelayarannya saat melintasi pantai selatan Laut Arafura.

Saat itu, Jan Carstensz disebut sebagai pembohong, sampai dianggap gila pada saat ia mengaku telah menemukan Gunung Carstensz Pyramid yang dilapisi dengan salju di Indonesia.

Kemudian, setelah 300 tahun berlalu, Jan Carstensz akhirnya berhasil membuktikan omongannya tersebut. Gunung Jaya Wijaya yang dilapisi dengan salju pada bagian puncaknya sudah terkenal di seluruh dunia.

5. Gunung tertinggi di Indonesia dan Benua Australia

Ketinggian puncaknya yang mencapai 4.884 mdpl, menjadikan Jaya Wijaya sebagai gunung tertinggi di Indonesia, sekaligus sebagai gunung tertinggi di benua Australia. Selain itu, Jayawijaya juga menempati urutan kedua setelah gunung Hkakabo Razi yang memiliki ketinggian 5.881 mdpl yang terletak di Myanmar, dalam jajaran gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara.

6. Gunung dengan dua nama

Selain dikenal dengan nama Carstensz, Jayawijaya juga mempunyai nama lain, yaitu Puncak Soekarno.

Nama Puncak Soekarno ini diberikan pada gunung ini setelah masa pembebasan tanah Irian dari penjajahan. Hal itu dilakukan atas dasar menghormati presiden pertama di Indonesia.

7. Biaya mendaki termahal di dunia

Pendakian di puncak Jaya Wijaya ini disebut-sebut sebagai pendakian dengan biaya yang paling mahal. Bahkan, lebih mahal dari mendaki puncak tertinggi di dunia, yaitu gunung Everest.

Kelompok pendakian yang berisi lima orang di dalamnya, harus membayar sekitar Rp 55 juta per orangnya.

Itulah beberapa fakta menarik yang ada pada Gunung Jaya Wijaya yang sayang untuk kamu ketahui. Gimana, tertarik untuk mendaki gunung tertinggi di Indonesia ini? jika ingin mendaki Gunung Jayawijaya, kamu wajib membaca buku Mari Mendaki Gunung dari Leuser Sampai Cartenz. Buku ini berisikan beragam informasi tentang perjalanan dan gunung-gunung yang letaknya di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan juga Papua.

Selain informasi tentang mendaki pegunungan di Indonesia, buku ini juga berisikan daftar peta gunung yang ada di Indonesia. Buku ini cocok dibaca untuk kamu yang gemar mendaki atau ingin menambah wawasan mengenai pendakian gunung di Indonesia.

Buku tersebut bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com