Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa Tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Kecepatan dan Percepatan?

Kompas.com - 29/08/2022, 10:21 WIB
Perbedaan Kecepatan dan Percepatan Sumber Gambar: unsplash.com Perbedaan Kecepatan dan Percepatan
Rujukan artikel ini:
Rumus Pocket Fisika SMP/MTs Kelas…
Pengarang: Tim Kompas Ilmu
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setiap kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari memiliki keterkaitan dengan fisika.

Mulai dari bangun tidur, berjalan, naik kendaraan hingga saat berpergian, hampir seluruh kegiatan tersebut berhubungan dengan fisika.

Pada dasarnya, ilmu fisika berasal dari peristiwa yang terjadi di sekitar kita, baik itu kegiatan sederhana hingga rumit.

Tak heran bila kita juga kerap menemukan contoh soal fisika yang diambil dari keseharian dalam beraktivitas, salah satunya tentang kecepatan dan percepatan.

Meski sama-sama berasal dari dasar kata ‘cepat’, kecepatan dan percepatan merupakan dua istilah yang berbeda.

Lalu, apa saja perbedaan kecepatan dan percepatan?

Pengertian Kecepatan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, secara umum kecepatan adalah waktu yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu.

Sementara dalam ilmu fisika, kecepatan dipahami sebagai suatu besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat suatu benda berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Besaran vektor dalam kecepatan juga disebut dengan kelajuan dan dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s) atau ms-1.

Sebagai contoh, acuan dari kecepatan dapat dilihat dari perubahan posisi benda dari titik A ke titik B dan seberapa cepat perpindahan tersebut dinyatakan dalam besaran vektor.

Besaran vektor merupakan istilah yang ditujukan untuk suatu besaran yang mempunyai nilai maupun arah, artinya penentuan nilai pada besaran tersebut didasarkan oleh arah.

Contoh dari besaran vektor diantaranya adalah kecepatan, medan listrik, perpindahan, momentum, dan lain sebagainya.

Pengertian Percepatan

Berbeda dengan kecepatan, percepatan adalah tingkat pertambahan kecepatan dalam suatu waktu tertentu yang dinyatakan dalam satuan meter per sekon kuadrat (m/s2).

Dalam bahasa Inggris, percepatan disebut dengan acceleration atau akselerasi, yaitu perubahan kecepatan pada suatu benda yang terjadi dalam satuan waktu tertentu.

Adanya percepatan pada suatu benda atau objek tertentu dapat terjadi karena adanya gaya yang bekerja.

Secara sederhana, suatu objek atau benda yang terkena gaya maka akan terjadi percepatan.

Perbedaan Kecepatan dan Percepatan

Setelah memahami tentang pengertian kecepatan dan percepatan, kita bisa mengetahui bahwa kedua istilah tersebut berbeda meski masih dalam satu kesatuan.

Selain pada pengertian, perbedaan kecepatan dan percepatan dapat dilihat dari fungsinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Fungsi dari kecepatan adalah menentukan seberapa cepat sebuah benda melaju pada jarak tertentu dan diukur berdasarkan besaran vektor.

Sebaliknya, percepatan berfungsi untuk mengubah kecepatan pada suatu objek yang sedang bergerak.

Untuk menghitung kecepatan dapat dilakukan menggunakan rumus Kecepatan (V) = Jarak (S) / Waktu (V).

Sementara rumus percepatan dihitung berdasarkan rumus Percepatan (A) = Perubahan kecepatan (ΔV) / Perubahan waktu (ΔT).

Nah, itulah perbedaan kecepatan dan percepatan yang dapat dipahami sebagai salah satu bagian dari pembelajaran ilmu fisika.

Rekomendasi Buku Fisika untuk Pelajar & Mahasiswa

Jika kamu saat ini duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tertarik untuk mempelajari ilmu fisika lebih mendalam dengan berbagai rumus perhitungannya dapat membaca buku Rumus Pocket Fisika SMP/MTs Kelas 7,8,9.

Buku yang disusun oleh Tim Kompas Ilmu ini akan membantumu mahir dalam mata pelajaran Fisika, terutama untuk menghadapi Ujian Nasional.

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan bonus Aplikasi UN yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel Android memantau waktu ketika menyelesaikan latihan soal serta dapat melihat nilai rata-rata secara keseluruhan dari soal yang telah dikerjakan.

Sedangkan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), kamu bisa mempelajari Fisika dengan mudah lewat Buku Saku Pintar Fisika: Kumpulan Rumus dan Aplikasi SMA/MA Kelas 10, 11, 12.

Disusun oleh Tim Mitra Cendekia, buku ini menyajikan pemaparan materi fisika dengan sederhana sehingga memudahkan siswa memahami materi dan soal secara mendalam.

Terdapat rangkuman materi dan contoh soal serta pembahasan yang berguna untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) maupun ujian masuk perguruan tinggi atau sederajat.

Buku Saku Pintar Fisika: Kumpulan Rumus dan Aplikasi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 juga menyajikan pembahasan soal fisika secara praktis sehingga mempermudah pemahaman.

Tak hanya bagi pelajar, ada pula buku fisika yang dapat jadi referensi belajar untuk mahasiswa khususnya mereka yang mengambil jurusan Ilmu Fisika dan Teknik.

Buku Matematika Lanjut Untuk Ilmu Fisika dan Teknik menyajikan sejumlah materi beragam, diantaranya Analisa Vektor, Kalkulus Kompleks, Fungsi-fungsi Khusus, Transformasi Integral, dan Persamaan Diferensial Parsial.

Ditulis oleh Bambang Murdaka Eka Jati, setiap materi dalam buku ini ditulis secara ringkas dengan bahasa yang mudah dipahami.

Ada pula contoh soal dan jawaban serta soal-soal evaluasi untuk berlatih dalam mendukung pemahaman materi perkuliahan.

Kamu bisa mendapatkan rekomendasi buku fisika yang telah dijelaskan sebelumnya di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com