Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Apa itu UTBK, Ketentuan, Persyaratan dan Perbedaannya dengan SBMPTN Berikut Ini

Kompas.com - 06/07/2022, 18:00 WIB
Apa itu UTBK Sumber Gambar: Freepik.com Apa itu UTBK
Rujukan artikel ini:
Wangsit (Pawang Soal Sulit) Hots…
Pengarang: Tim Tentor Master
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi kamu yang sedang menempuh jenjang pendidikan SMA atau sederajat mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah UTBK yang sering kali disebutkan di sekolah.

Namun, apakah kamu sudah benar-benar memahami apa sebenarnya UTBK itu dan apa perbedaannya dengan SBMPTN?

Jika kamu memiliki niat untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, maka penting bagi kamu untuk memahami pengertian dari UTBK, ketentuan, serta persyaratannya sehingga kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu UTBK, ketentuan, persyaratan, dan perbedaannya dengan SBMPTN yang bisa kamu simak.

Pengertian Apa itu UTBK dan Perbedaannya dengan SBMPTN

Ujian Tertulis Berbasis Komputer atau yang biasa disingkat UTBK merupakan sebuah tes yang dilaksanakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) yang bisa kamu ikuti untuk masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Pelaksanaan UTBK yang telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu ini memiliki keunggulan dibandingkan ujian secara manual, yaitu hasil tes yang lebih kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada para peserta.

Nilai yang diperoleh dari hasil UTBK inilah yang akan kamu gunakan untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Sehingga secara sederhana dapat dikatakan bahwa UTBK adalah nama tes atau ujian, sedangkan SBMPTN merupakan jalur atau proses seleksinya.

Maka dari itu, untuk bisa mengikuti proses seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN, kamu terlebih dahulu harus menjalani tes UTBK untuk mendapatkan nilai yang menjadi kriteria yang telah ditetapkan oleh PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia.

UTBK ini bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan 3 tahun terakhir dari pendidikan menengah (SMA/SMK/sederajat) serta lulusan Paket C 3 tahun terakhir dengan umur maksimal 25 tahun (per bulan Juli).

Terdapat 3 pilihan rumpun yang bisa kamu pilih berdasarkan jurusan kuliah yang ingin kamu masuki, yaitu meliputi Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), serta Campuran.

Masing-masing pilihan rumpun tentu memiliki materi ujian yang berbeda, namun secara umum materi tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Jika kamu memilih kelompok ujian Saintek, maka materi TKA yang akan diujikan diantaranya yaitu Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika, sedangkan untuk kelompok ujian Soshum, maka materi TKA yang diujikan meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Apabila kamu memilih rumpun Campuran, maka materi TKA yang harus kamu kerjakan adalah gabungan dari materi TKA Saintek dan juga TKA Soshum.

Untuk bisa mengikuti tes UTBK ini, terdapat ketentuan, persyaratan, serta biaya yang perlu kamu perhatikan.

Ketentuan UTBK

  1. Peserta hanya boleh mengikuti UTBK tiap tahunnya sebanyak satu kali.
  2. Hasil UTBK hanya berlaku untuk mengikuti SBMPTN atau penerimaan di PTN pada tahun yang sama.
  3. SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil atau nilai dari UTBK yang diperoleh dan bisa ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang telah ditetapkan oleh PTN, PTKIN, serta Politeknik Negeri yang bersangkutan.

Persyaratan UTBK

  1. Memiliki akun dalam laman LTMPT dan sudah permanen sebelum penutupan akun
  2. Merupakan siswa SMA atau sederajat dan wajib memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/SMK/sederajat Kelas 12, atau peserta didik Paket C dengan maksimal usia 25 tahun
  3. Lulusan SMA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 3 tahun terakhir dan harus memiliki ijazah dengan maksimal umur 25 tahun
  4. Bagi peserta yang mendaftar di jurusan Soshum akan mengikuti TPS dan TKA Soshum, sama halnya dengan jurusan Saintek, sedangkan untuk Campuran akan mengikuti TPS, TKA Soshum, serta TKA Saintek
  5. Membayar biaya pendaftaran

Baca juga: Rekomendasi Buku Latihan Soal UTBK


Biaya Pendaftaran UTBK

Ketentuan biaya pendaftaran bagi peserta UTBK, yaitu sebagai berikut:

  • Membayar sebesar Rp 200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum
  • Membayar sebesar Rp 300.000 apabila mengikuti ujian Campuran

Nah, itulah beberapa informasi mengenai pengertian dari UTBK, ketentuan, persyaratan dan biaya pendaftarannya yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar.

Setelah mengetahui seluk-beluk terkait UTBK, hal penting selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi tes nantinya.

Buku Wangsit (Pawang Soal Sulit) Hots SBMPTN Saintek 2022 dan Wangsit (Pawang Soal Sulit) Hots SBMPTN Soshum 2022 yang keduanya ditulis oleh Tim Tentor Master ini bisa membantu kamu dalam memahami materi UTBK yang akan diujikan, baik untuk kelompok ujian Saintek ataupun Soshum.

Kedua buku ini berisikan bank soal terlengkap beserta dengan pembahasannya yang akan memudahkan kamu dalam mengerjakan dan memahami soal-soal yang dirasa cukup sulit.

Selain menyediakan beragam latihan soal TPS dan TKA, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan, seperti akses untuk mengikuti try out online secara gratis melalui Leson.id, aplikasi Android gratis untuk mendapatkan ratusan e-book bank soal, serta video pembedahan soal bersama dengan Tim Tentor.

Buku setebal lebih dari 700 halaman ini bertujuan untuk membekali siswa-siswa SMA atau sederajat dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, oleh karena itu, tim penulis juga tak lupa menambahkan soal prediksi dan try out yang akurat terkait materi-materi yang akan diujikan.

Kamu bisa mendapatkan kedua buku Wangsit persiapan tes UTBK untuk Saintek dan Soshum ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com