Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Tes SBMPTN? Catat dan Pelajari Beberapa Materinya Berikut Ini

Kompas.com - 22/06/2022, 12:00 WIB
Apa Saja Tes SBMPTN Sumber Gambar: Pexels.com Apa Saja Tes SBMPTN
Rujukan artikel ini:
Wangsit (Pawang Soal Sulit) Hots…
Pengarang: Tim Tentor Master
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi kamu yang sudah lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke universitas negeri, pastinya harus mempersiapkan diri karena banyak sekali calon mahasiswa yang turut mengincar kuliah di perguruan tinggi negeri.

Tidak hanya itu, proses pendaftaran dan penerimaannya pun harus melalui seleksi dan tes yang memerlukan persiapan yang tidak mudah dan singkat, sehingga dibutuhkan waktu untuk belajar agar mampu lolos dari tes tersebut.

Penting sekali untuk mengetahui apa yang harus dipelajari dan dipahami agar bisa lolos dan lulus tes SBMPTN.

Jumlah peserta yang akan mengikuti tes SBMPTN akan jauh lebih banyak, oleh karena itu persiapan sebelum ujian SBMPTN sangatlah penting, karena jumlah kuota yang terbatas.

Di sini akan dibahas secara lebih mendalam tentang materi apa sajakah yang terdapat dalam tes SBMPTN yang dapat kamu jadikan acuan, untuk proses belajar sebelum mengikuti tes yang sesungguhnya.

Apa Saja Materi Tes SBMPTN?

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik (TPS) dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap sangat penting untuk kesuksesan di sekolah formal, khususnya perguruan tinggi.

Dalam Tes Potensi Skolastik (TPS) terdapat beberapa materi yang akan diujikan, seperti Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, serta Kemampuan Kuantitatif (pengetahuan dan matematika dasar).

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Sesuai dengan namanya, tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris yang pastinya akan sangat dibutuhkan selama proses belajar di perguruan tinggi nanti.

Penting sekali untuk mulai mengasah dan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, agar saat menghadapi tes ini kamu akan merasa siap dan mampu untuk bisa lulus.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Tes Kemampuan Akademik (TKA) diperlukan untuk mengukur pengetahuan serta pemahaman pelajaran yang diajarkan saat masih di sekolah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Terdapat tiga kelompok materi dalam tes ini, yaitu:

  • Materi UTBK Saintek: Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi
  • Materi UTBK Soshum: Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi
  • Materi UTBK Campuran: TKA Saintek dan Soshum.

Bagaimana? Kini, setelah mengetahui materi apa saja yang terdapat dalam tes SBMPTN kamu bisa lebih siap untuk menghadapinya sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Jangan lupa juga untuk terus belajar agar bisa melewati setiap tes dengan baik.

Selain dapat mengikuti berbagai jenis bimbingan belajar khusus untuk mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi, kamu juga bisa belajar secara mandiri melalui buku latihan soal SBMPTN.

Salah satu buku latihan yang dapat kamu coba sebagai solusi untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes SBMPTN ialah buku Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS SBMPTN Saintek 2022 dan Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS SBMPTN Soshum 2022.

Kedua buku ini hadir untuk membekali siswa dalam mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi negeri, dengan materi yang dibahas secara lebih mendalam dan ditambah juga dengan drilling soal per topik pembahasan, yang pastinya akan sangat mudah untuk dipahami.

Tidak ketinggalan, kedua buku ini pun dilengkapi dengan soal prediksi dan try out SBMPTN yang akurat, dan akan memberikan gambaran kepada siswa sebelum mengikuti ujian yang sesungguhnya.

Kedua buku ini sudah bisa kamu pesan dan beli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com