Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Passing Grade SBMPTN? Simak Penjelasan dan Cara Menghitungnya Berikut Ini

Kompas.com - 28/06/2022, 09:53 WIB
Apa itu Passing Grade SBMPTN Sumber Gambar: Freepik.com Apa itu Passing Grade SBMPTN
Rujukan artikel ini:
Mega Bank UTBK SBMPTN Soshum…
Pengarang: THE KING EDUKA &…
|
Editor Ratih Widiastuty

Untuk kamu yang sudah lulus SMA, pasti tengah memikirkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, untuk bisa masuk dan kuliah di perguruan tinggi negeri, biasanya kamu harus melalui tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Banyaknya peminat menyebabkan kuota yang disediakan menjadi terbatas, sehingga peluang kamu untuk lolos SBMPTN pun semakin kecil.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang untuk bisa menghadapi tes SBMPTN.

Setelah mengikuti tes SBMPTN, nilai yang kamu peroleh dari tes tersebut juga harus sesuai standar “passing grade” yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri, sebagai nilai standar untuk bisa berkuliah di kampus mereka.

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk mulai mencari tahu berapa nilai passing grade yang dibutuhkan jika ingin kuliah di jurusan dan perguruan tinggi negeri yang kamu inginkan.

Ketika telah mengetahui nilai passing grade yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan target dan rencana untuk bisa mencapai nilai UTBK SBMPTN yang diinginkan, sehingga target belajar yang kamu susun dan rencanakan bisa sesuai.


Baca juga: Rekomendasi Buku SBMPTN


Apa Itu Passing Grade?

Passing grade adalah sebuah patokan nilai yang harus dicapai oleh peserta untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri.

Apabila peserta tidak bisa mencapai atau memenuhi presentase minimal nilai yang telah ditentukan, maka secara otomatis mereka gagal untuk lolos di kampus dan jurusan tersebut.

Biasanya, nilai minimal ini akan berganti-ganti setiap tahunnya saat penerimaan mahasiswa baru, yang diukur berdasarkan tingginya jumlah peserta yang berminat untuk kuliah di kampus dan jurusan tersebut.

Semakin banyak peserta yang ingin kuliah di kampus dan jurusan tersebut, semakin tinggi pula nilai minimal yang harus diperoleh agar bisa lolos.

Passing grade pun dapat diartikan sebagai batas nilai minimal yang harus diraih oleh peserta saat memilih jurusan di kampus tertentu.

Maka dari itu, tiap kampus dan jurusan memiliki passing grade masing-masing sesuai dengan jumlah peserta yang berminat untuk kuliah di program studi tertentu. Baca selengkapnya terkait Tips Lolos SBMPTN.

Cara Menghitung Passing Grade

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara untuk menghitung presentase nilai UTBK yang didapatkan, maka cara menghitung passing grade merupakan solusinya.

Presentase nilai tersebut dapat kamu jadikan referensi untuk mengetahui seberapa besar peluang untuk lolos di jurusan yang kamu pilih.

Cara ini adalah cara untuk menghitung nilai UTBK dalam bentuk persen menggunakan soal UTBK SBMPTN yang sudah kamu kerjakan.

Namun, patut diingat, hasil dari perhitungan passing grade sendiri tidak bisa dikatakan 100% akurat, sehingga lebih terkesan seperti prediksi saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Daripada penasaran, berikut cara untuk menghitung passing grade:

Passing Grade = (B × 4 – S × 1) × 100% : JS × 4

B: Jumlah jawaban benar

S: Jumlah jawaban salah

JS: Jumlah Soal

Sebagai contoh terdapat jumlah soal sebanyak 120 soal.

Dari 120 soal, kamu berhasil menjawab 62 soal yang benar dan sisanya salah.

Maka, hasil passing grade yang kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

= ((62 × 4) – (58 × 1)) × 100% : 120 × 4

= (248 – 58) × 100% : 480

= 19.000% : 480

= 39.58%

Oleh karena itu, agar kamu bisa mendapatkan passing grade yang tinggi, persiapan menjadi kunci utamanya, salah satunya ialah dengan belajar melalui buku latihan soal UTBK SBMPTN.

Buku Mega Bank UTBK SBMPTN Soshum 2022 Edisi Superlengkap dan Mega Bank UTBK SBMPTN Saintek 2022 Edisi Superlengkap dapat dijadikan buku latihan soal yang membantu kamu memahami berbagai soal yang diujikan.

Kedua buku ini memiliki info resmi seputar SBMPTN 2022, ringkasan materi UTBK super lengkap, paket soal UTBK terkini beserta pembahasannya, paket prediksi UTBK beserta pembahasannya, dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan buku ini juga disertai dengan bonus CD yang berisi software dan app android UTBK SBMPTN yang semakin memantapkan persiapan kamu dalam menghadapi tes SBMPTN yang sesungguhnya.

Kedua buku ini bisa langsung dipesan dan dibeli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com